Cara Mengatasi Burung Cendet Takut Dengan Benda Atau Suara

CARA MENGATASI CENDET TAKUT DENGAN BENDA ATAU SUARA

Cara Mengatasi Cendet Takut Dengan Benda Atau Suara - Burung cendet atau yang biasa dikenal dengan burung pentet merupakah salah satu burung kicau yang mempunyai suara kicauan yang merdu. Suara kicauan burung cendet memang sangat indah, selain itu juga bervariasi. Burung cendet adalah burung petarung yang sangat agresif.

Burung yang satu ini sering dijadikan gacoan oleh para pecinta kicau mania. Selain memiliki suara merdu, keahliannya dalam bertarung membuat burung tersebut terlihat sangat menarik. Tampilan fisik yang cantik dan menawan juga menambah daya tarik semua orang pada burung cendet tersebut. Tapi, pernahkah kalian mengetahui burung cendet yang mengalami phobia?

Phopia adalah suatu ketakutan atau trauma pada suatu hal atau suatu kejadian. Phobia ini memang sering terjadi pada burung kicau salah satunya adalah burung cendet. Jadi, tidak hanya manusia saja yang mempunyai phobia. Phobia ini bisa disebabkan karena ketakutan pada manusia, benda atau bahkan suatu tempat.

Jika burung cendet sudah mengalami hal semacam itu, dapat dipastikan hal ini terjadi karena perawatan yang diberikan pada burung cendet kurang maksimal. Rasa ketakutan yang di alami burung cendet itu biasanya muncul ketika melihat benda asing yang tidak pernah mereka lihat biasanya. Pada saat itu juga burung cendet akan sangat ketakutan ( grabakan) dan sangat rentan mengalami cedera akibat kerusakan pada bulu-bulunya.

Trauma yang dialami burung cendet tersebut, sering terjadi pada burung cendet yang baru saja dipelihara. Selain itu burung cendet tersebut biasanya berasal dari hutan karena hasil tangkapan. Sehingga mereka akan sangat asing dengan benda-benda yang ada dirumah. Benda-benda yang ada dirumah yang biasanya ditakuti burung cendet adalah topi, payung, atau pakaian yang berwarna mencolok seperti merah dan orange.

Selain benda, mungkin burung cendet juga belum terbiasa berada di tengah keramaian yaitu pada saat banyak orang mendekati sangkarnya , mereka akan merasa ketakutan. Dan juga suara yang dianggapnya aneh atau yang dapat mengancam nyawanya seperti suara kendaraan, suara mesin dan suara geraman.

Baca Juga: Cara Bikin Cendet Buka Paruh

Hal ini disebabkan karena burung cendet memang belum beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi trauma pada burung cendet.

Cara Mengatasi Cendet Phobia

Cendet takut dengan keramaian

Burung cendet yang sering merasakan ketakutan saat berada di tengah keramaian justru akan membuat pemiliknya kebingungan dalam melatihnya di arena latberan. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memandikan burung cendet di pagi hari, lalu masukkan ke dalam sangkarnya kemudian dijemur dilokasi yang sering dilalui manusia.

Cara tersebut harus kalian lakukan dengan rutin supaya burung cendet terbiasa dengan suasana ramai. Untuk cara alternatif cendet kurang fighter, kalian bisa berganti lokasi penjemuran yang terpenting lokasi tersebut dekat dengan keramaian manusia.

Cendet takut dengan benda asing

Ketakutan yang dialami burung cendet terhadap benda memang sudah menjadi hal wajar bagi burung yang baru mengenal sangkar dan lingkungan manusia. Namun, ternyata hal ini tidak hanya terjadi pada burung cendet yang baru dipelihara, cendet yang telah lama dipelihara juga dapat merasakan ketakutan dengan benda asing.

Untuk menghilangkan ketakutannya terhadap benda-benda asing, maka diperlukan latihan atau pengenalan agar burung cendet terbiasa dengan benda tersebut. Cara melatihnya sangat mudah, jika burung cendet ketakutan dengan benda seperti topi, payung, sapu dan sebagainya kalian cukup mendekatkanya ke sangkar burung cendet.

Hal ini bertujuan agar burung cendet dapat melihat benda tersebut dengan jelas dan membuktikan bahwa yang ditakutinya bukanlah suatu ancaman bagi burung lain ataupun dirinya sendiri. Jika burung cendet takut dengan semprotan mandi atau sprayer, untuk kelancaran perawatan burung cendet maka gantilah sprayer tersebut dengan botol minuman atau botol bekas.

Cendet takut dengan kendaraan

Takut dengan suara tertentu seperti kendaraan, mesin dan sebagainya juga dapat dialami oleh hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan burung. Untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah, kalian harus mencari rekaman suara-suara tersebut. Selanjutnya, putar suara rekaman kendaran, mesin atau suara lainnya di dekat sangkar burung cendet.

Cara ini bisa kalian lakukan setiap satu jam setiap harinya. Dengan begitu kalian sudah dapat mengurangi suara ketakutannya. Lakukanlah cara diatas secara rutin selama beberapa hari kedepan, dapat dipastikan cendet tipe dingin akan mulai terbiasa dengan suara-suara tersebut.

Alangkah baiknya jika kalian memutarkan suara tersebut saat burung cendet sedang istirahat di sore atau malah hari supaya mereka lebih fokus mendengarkannya. Saat rekaman diputar, sebaiknya burung cendet sudah dalam keadaan full kerodong dengan cara membuat cendet buka krodong langsung bunyi.

Jika menurut kalian cara tersebut cukup rumit, cara alternatif lainnya adalah dengan menggantang burung cendet di dekat jalan yang sering dilalui montor atau suara mesin. Dengan begitu, mereka dapat mendengarkannya secara langsung.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi burung cendet takut dengan benda atau suara disekitarnya. Lakukanlah cara-cara diatas untuk mengatasi trauma yang di alami burung cendet. Meskipun tidak instan, namun jika dilakukan secara konsisten dapat dipastikan hasilnya akan memuaskan dan burung cendet tidak akan mudah takut dengan suara atau benda asing lagi.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama