Cara Merawat Burung Cendet Tanpa Jangkrik Tetap Gacor

CARA MERAWAT CENDET TANPA JANGKRIK

Cara Merawat Cendet Tanpa Jangkrik - Halo sobat kicau mania! Pernahkah anda berfikir bahwa merawat burung cendet dengan setingan yang sederhana? Mungkin bagi sebagian orang atau pemilik burung cendet tidak berfikir demikian, sebab dengan memberikan perawatan yang baik dapat membuat burung cendet memiliki performa yang lebih berkualitas.

Memang benar, ketika merawat burung kicau dirumah anda harus bisa memenuhi kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan makanan dan perawatan lainnya. Merawat burung cendet atau burung kicau jenis lainnya memang tidak semudah yang dibayangkan. Tetapi jika anda sudah konsisten dan terbiasa memberikan yang terbaik maka semua itu akan sangat mudah dilakukan.

Burung cendet merupakan salah satu burung kicau yang sangat terkenal dikalangan kicau mania. Ketenaran yang dimiliki burung cendet membuatnya dicari banyak orang. Banyak sekali kicau mania yang ingin memeliharanya, sebab suara kicauan yang merdu dapat menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini sudah banyak sekali metode perawatan terbaik untuk burung kicau.

Dari mulai produk makanan, sangkar dan perawatan lainnya. Kebutuhan nutrisi burung cendet memang harus terpenuhi, namun apakah tidak bisa jika menggunakan setingan yang sederhana? Tentu saja bisa, burung cendet memang sangat menyukai serangga. Seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, dan lain sebagainya.

Semua serangga tersebut sering dijadikan sebagai ekstra fooding oleh pemiliknya, sebab memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung didalamnya dan yang paling sering diberikan yaitu jangkrik. Jangkrik tidak memiliki efek samping apapun, sehingga sangat aman jika diberikan dengan porsi yang lebih banyak.

Baca Juga: Cara Merawat Cendet Ombyokan Agar Cepat Bunyi

Namun semua itu kembali pada kebutuhan cendet masing-masing ya. Perlu diketahui, bahwa makanan burung cendet seperti jangkrik, kroto dan serangga lainnya merupakan makanan mahal. Jika anda menggunakan pola perawatan yang sederhana, makanan ekstra fooding diatas tidak akan digunakan.

Jadi dalam perawatan sederhana tidak memerlukan jangkrik pada burung cendet. Lalu bagaimana cara merawat cendet tanpa jangkrik? Apakah burung cendet tidak stres? Saya akan membahasnya dibawah ini, maka dari itu simak terus pembahasannya.

Rawatan Burung Cendet Tanpa Jangkrik

Jika anda tertarik untuk menggunakan cara perawatan cendet rumahan, sebaiknya dilakukan saat burung cendet masih trotol atau bakalan. Dengan begitu penyesuaian atau adaptasi akan berjalan dengan lancar. Mengapa burung cendet perlu diseting menggunakan perawatan sederhana tanpa jangkrik? Sebab, hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa burung cendet tidak hanya dipelihara oleh kicau mania yang hobi lomba burung saja.

Namun burung cendet juga dapat dipelihara oleh para kicau mania untuk gacoran teras rumahan. Karena banyaknya minat memelihara burung cendet dirumah, maka memelihara burung cendet dengan setingan sederhana sepertinya lebih menarik. Selain lebih menarik, perawatan sederhana dapat menghemat biaya perawatan.

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa setelan sederhana ini hanya dapat dilakukan saat cendet masih muda. Jadi, bukan untuk burung cendet yang sudah siap atau sudah bisa dilombakan. Hal ini dikarenakan, burung cendet yang sudah terlanjur terbiasa makan enak seperti ekstra fooding serangga tersebut akan menjadi stres atau membisu apabila tidak diberikan makanan yang mahal tersebut.

Masalah ini sudah banyak terjadi yang dialami oleh kicau mania dari hasil membeli dipasar atau di arena perlombaan. Namun, untuk burung cendet bakalan masih bisa dirawat tanpa diberi ekstra fooding. Meskipun tidak diberi ekstra fooding, burung cendte trotol tetap harus diberi voer dalam jumlah yang cukup.

Usahakan setiap waktu burung cendet trotol di loloh dengan voer hingga merasa kenyang dan puas. Jika burung cendet sudah terbiasa seperti itu, lama kelamaan akan lebih sering berkicau atau ngoceh. Anda harus mengutamakan kenyamanan dan harus rajin dimandikan agar burung lebih tenang dan lebih manusiawi.

Jadi bagaimana? Apakah anda masih bingung dengan setingan sederhana untuk burung cendet? Pasti masih bingung kan, apabila yang dipelihara adalah burung cendet tua dengan cara bikin cendet buka paruh atau burung yang didapatkan dari perlombaan pasti tidak mengetahui setelan yang digunakan sebelumnya.

Tenang, cara mengatasinya ketika anda akan membeli burung cendet yang sudah mapan tersebut tanyakan tentang model perawatan sebelumnya agar nanti cendet tidak ngedrop. Lebih baik lagi jika anda memelihara burung cendet yang masih anakan dan diberikan setelan ef untuk cendet muda.

Karena burung cendet dihabitat aslinya tidak pernah makan kroto, tidak diberikan setingan jangkrik harian cendet berdasarkan takaran jangkrik untuk cendet dan tidak makan ulat hongkong dalam jumlah besar dalam satu hari.

Penutup

Itulah penjelasan tentang cara merawat cendet tanpa jangkrik. Sebenarnya perawatan sederhana ini juga akan lebih baik jika menggunakan jangkrik. Sebab jangkrik berperan penting untuk menstabilkan birahi tanpa menaikkan birahinya dan menambah stamina burung cendet.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url