Dijamin Nagen! Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeruji

CARA MENGATASI CENDET NGERUJI

Cara Mengatasi Cendet Ngeruji - Halo sobat kicau! Seperti yang kalian tahu, bahwa burung cendet merupakan salah satu burung kicau yang sangat aktif. Kemampuannya dalam berkicau telah menjadi daya tarik tersendiri. Karena kemampuan berkicaunya sangat bagus, burung cendet sangat disukai oleh kicau mania. Bahkan sering dicari kicau mania untuk dijadikan gacoan untuk perlombaan.

Selain menang suara, burung cendet juga dikenal sebagai burung agresif. Burung yang pandai sekali dalam bertarung mempunyai ciri bulatan htam dibagian bawa mata. Ciri fisik tersebut menambah kesan galak pada burung cendte yang satu ini.

Meskipun galak dan agresif sebenarnya burung cendet juga bisa miyik dan salto tidak jelas. Ternyata merawat burung kicau itu tidak semudah yang dibayangkan. Banyak sekali hal yang harus di perhatikan dan perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Belum lagi masalah lainnya seperti burung cendet terserang penyakit yang berbahaya, pasti sebagai pemilik harus rajin merawatnya hingga sembuh total.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Takut Sama Pemiliknya

Ada lagi masalah lain yang mengganggu mentalnya, seperti ngeruji dan cara mengatasi cendet kelabakan. Padahal masalah cendet dikerodong kelabakan, tidak semua datang dari kesalahan burung cendet itu sendiri. Namun bisa juga disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan atau faktor usia burung cendet itu sendiri.

Cara Mengatasi Cendet Loncat-loncat

Masalah seperti ini yang seringkali terjadi dan membuat pemilik kebingungan karena merasa jengkel dan khawatir. Tetapi, sebagai pemilik harusnya kalian menyadari kesalahan tersebut. Perawatan yang dilakukan kurang tepat, bisa berpengaruh terhadadap perilaku burung cendet.

Perilaku seperti ini jangan dianggap sepele. Harus segera ditangani supaya tidak semakin parah dan burung cendet bisa normal kembali. Lalu, bagaimana cara mengatasi cendet ngeruji? Tenang, dibawah ini akan saya jelaskan beberapa tips perawatan untuk mengatasi cendet ngeruji:

Mengurangi takaran ekstra fooding

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi burung cendet ngeruji yaitu dengan mengurangi takaran ekstra fooding. Sebaiknya, kalian menyetel ulang porsi makanan untuk cendet. Sesuaikan porsinya hingga pas dan cukup membuat cendet menjadi kenyang.

Menghentikan pemberian ekstra fooding yang tidak cocok

Jika kalian menemukan ekstra fooding yang tidak cocok sebaiknya segera singkirkan. Biasanya kroto dan ulat hongkong sering tidak cocok dengan burung cendet. Hal ini disebabkan, dari kedua ekstra fooding tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi.

Sehingga cara membuat cendet berdiri tegak, ekstra fooding ini sering meningkatkan birahi burung cendet, selain itu sangat beresiko apalagi untuk cendet yang mempunyai sensitivitas tinggi.

Cendet main setengah basah

Cara selanjutnya yaitu mengatur burung cendte untuk bermain setengah basah. Sebelum digantang dua atau tiga sesi sebaiknya dimandikan terlebih dahulu. Jadi, saat sesi burung cendet naik cendet masih dalam kedaaan lembab. Cara seperti ini sangat manjur untuk mengurangi emosi burung cendet dan emosinya. Sehingga burung cendet dapat bergerak dengan normal dan tidak brutal.

Mengurangi tingkat penjemuran

Kalian bisa mengurangi ngeruji pada burung cendet dalam setingan harian yaitu dengan mengurangi durasi penjemuran. Hal ini bertujuan untuk mengurangi birahi burung cendet, khususnya saat digantang di lapangan agar cara mengatasi cendet kurus.

Menambah frekuensi mandi

Ketika kalian sudah mengurangi durasi penjemuran, jangan lupa untuk meningkatkan durasi mandi. Jika biasanya cendet dimandikan dua kali sehari, sekarang mandikan setiap hari. Mandikanlah burung cendet hingga mereka puas dan basah kuyup. Jangan lupa setelah itu di didiskan, selama burung didis. Kalian bisa menyemprot burung hingga didisnya selesai.

Menempatkan burung cendet ditempat yang dingin

Jika dalam sehari burung cendet ngeruji, sebaiknya anda menggantangnya di tempat yang dingin dengan cara mengatasi burung cendet takut kerodong. Letakkan burung cendet pada suatu ruangan yang mempunyai suhu stabil, sehingga tidak akan kepanasan. Alangkah baiknya pilihlah ruangan yang sama sekali tidak terkena sinar matahari.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai cara mengatasi cendet ngeruji. Ketika kalian menyadari adanya masalah pada burung cendet peliharaan, sebaiknya segera ditelusuri apa saja penyebabnya. Jangan menunggu lebih lama, setiap masalah yang muncul usahakan secepat mungkin ditangani dengan cara menambah durasi kerja cendet agar tidak semakin parah.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url