Manfaat dan Efek Samping Udang Untuk Burung Cendet

MANFAAT DAN EFEK SAMPING UDANG UNTUK CENDET

Manfaat Udang Untuk Cendet - Halo sobat kicau mania! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar burung cendet yaitu manfaat dan efek samping udang untuk burung cendet. Jika kalian penasaran dengan pembahasan kali ini simak terus sampai selesai ya. Burung cendet merupakan burung predator yang selalu memakan serangga di habitat aslinya.

Burung cendet sangat menyukai serangga berupa jangkrik, belalang, kroto, ulat bambu dan voer untuk cendet. Biasanya, kicau mania memberikan burung cendet serangga sebagai pakan tambahan yang biasanya di sebut ekstra fooding. Burung cendet memang salah satu burung kicau yang sangat menyukai makanan apapun.

Bahkan pakan tambahan burung cendet tidak melulu soal serangga, ternyata sayuran serta buah-buahan juga dapat menjadi pilihan untuk pakan tambahan. Sayuran dan buah-buahan segar sangat bagus untuk kesehatan burung cendet. Makanan pentet biar rajin bunyi seperti sayuran dan buah-buahan seharusnya wajib diberikan untuk selingan, dengan begitu nutrisinya dapat terpenuhi dengan seimbang.

Namun, banyak sekali kicau mania yang bertanya jika burung cendet diberikan udang kupas mentah apakah boleh? Jawabannya adalah boleh. Memberikan udang mentah pada burung cendet sangat diperbolehkan. Namun, sebelum memberikan makanan udang mentah, sebaiknya pastikan bahwa udang tersebut benar-benar dalam kondisi fresh dan segar.

Jangan sesekali memberikan udang atau voer leopard untuk cendet yang sudah basi pada burung cendet. Selain mendatangkan penyakit untuk burung cendet, udang basi juga sudah tidak layak makan. Jika memang berniat memberikan makanan udang segar untuk cendet, simpanlah di dalam freezer terlebih dahulu untuk membuatnya tetap segar.

Lalu, apa manfaat udang segar untuk burung cendet? Apakah udang segar dapat memberikan efek samping untuk burung cendet ? Baiklah, sebelum berencana untuk memberikan udang segar untuk cendet. Kali ini saya akan memberikan penjelasan manfaat dan efek samping udang segar untuk burug cendet, semoga dapat membantu kalian semua.

Manfaat Udang Segar Untuk Burung Cendet

Udang segar sangat bagus untuk burung cendet, pemberian udang segar biasanya dilakukan saat kondisi burung dalam keadaan mabung. Udang mengandung protein yang tinggi, selain itu kandungan kalori pada buah makanan burung cendet dan udang juga cukup rendah jadi tidak perlu khawatir jika burung cendet mengalami kegemukan.

Pada satu ekor udang mengandung 84% kalori, sekitar 90% kalori tersebut berasal dari protein dan sisanya lemak. Udang juga mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Mineral dan selenium pada udang dapat meningkatkan manfaat pisang kepok untuk burung cendet kesehatan jantung dan peradangan.


Jika kalian penasaran dengan berbagai macam kandungan protein pada udang, berikut ini adalah kandungan yang terdapat pada udang.
  • Magnesium 7% dari RDI
  • Niacin 11% dari RDI
  • Seng 9% dari RDI
  • Vitamin B12 21% dari RDI
  • Besi 15% dari RDI
  • Protein 18 gram
  • Kalori 84 kal
Udang juga mengandung yodium dan mineral yang penting untuk burung cendet. Yodium pada udang sangat penting untuk tubuh karena dapat bermanfaat untuk kesehatan otak, selain itu udang juga mengandung asam lemak yaitu omega 3 dan omega 6.

Efek Samping Udang Segar Untuk Burung Cendet

Meskipun memiliki banyak sekali keunggulan vitamin pada udang segar, ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan pada burung cendet. Dan hal ini juga tidak baik untuk kesehatannya nanti. Jika ketergantungan udang, burung cendet biasanya tidak akan mau makan jangkrik dan menjadi macet bunyi.

Apalagi jika udang yang dikonsumsi adalah udang mentah, jadi pemberian udang diperbolehkan apabila porsinya teratur dan tidak berlebihan. Supaya tidak menyebabkan efek udang untuk cendet peliharaan. Karena dalam pemberian udang ini yang diharapkan burung cendet dapat terpenuhi kebutuhan nutrisinya dengan voer untuk cendet muda, bukan mencari efek samping yang tidak berguna.

Akhir Kata

Itulah manfaat dan efek samping udang untuk burung cendet, sudah beberapa kali dijelaskan sebelumnya bahwa pemberian pakan tambahan apapun jangan terlalu berlebihan ya. Karena tujuan pemberian pakan tambahan hanya untuk membuat burung cendet gacor nagen. Namun apabila kalian memberikan makanan tambahan yang berlebihan yang didapatkan malah efek samping yang negatif untuk cendet.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url