Cara Mencari Settingan Burung Kacer yang Tepat

CARA MENCARI SETTINGAN KACER

Cara Mencari Settingan Kacer - Merawat burung kacer memang sangat menyenangkan, semua kicau mania pasti tahu bahwa burung kacer mempunyai suara kicauan yang menarik dan merdu. Oleh sebab itu burung kacer hingga saat ini masih menjadi incaran para kicau mania. Kicauan yang menarik dan bervariasi dapat membawa burung kacer ke ajang perlombaan kicau dan menjadi jawara.

Kemampuannya dalam berkicau memang tidak perlu diragukan lagi, sebab burung kacer tersebut sangat pandai menirukan suara burung lain dengan gaya dan irama khasnya. Suara kicauan burung lain yang biasa saja menjadi sangat enak didengarkan ketika sudah dibawa oleh burung kacer. Menjadikan burung kacer sebagai jawara di kontes perlombaan burung kicau memang tidak mudah.

Banyak sekali perawatan dan pelatihan yang tepat untuk membuat burung kacer menjadi burung kicau yang berkualitas. Perawatan dan pelatihan yang diberikan memang membutuhkan waktu yang lama. Jadi dalam melakukannya anda harus benar-benar konsisten dan teratur. Dengan begitu bukan mustahil lagi untuk mendapatkan burung kacer yang berkualitas.

Menginginkan burung kacer yang memiliki performa baik dan kinerja yang bagus di perlombaan. Tentunya membutuhkan settingan yang tepat. Setiap pemilik burung kacer sudah pasti mempunyai settingan atau setelannya masing-masing. Untuk settingan yang diberikan burung kacer ini tidak bisa disamakan dengan burung kacer lain.

Hal ini dikarenakan karakter dan sifatnya berbeda, jika anda ingin memberikan settingan juga untuk burung kacer cobalah untuk melakukan riset agar menemukan settingan yang tepat. Memang bukan waktu yang singkat untuk menemukan settingan yang pas, tapi jika anda melakukannya dengan sabar suatu saat pasti akan mendapat setingan yang pas dan cocok untuk kacer.

Baca Juga: Cara Mengkrodong Burung Kacer yang Benar

Lalu bagaimana cara mencari settingan burung kacer? Tenang saja, simak penjelasannya dibawah ini dengan benar agar mendapatkan burung kacer yang sesuai keinginan anda. Simak penjelasan setingan kacer lambat panas dibawah ini.

Cara Mencari Settingan Untuk Burung Kacer

1. Tentukan ekstra fooding yang disukai

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mencari settingan yang tepat yaitu dengan mengetahui ekstra fooding yang disukai burung kacer. Pada waktu pagi hari cobalah untuk menyediakan 3 jenis ekstra fooding di setiap cepuk yang berbeda. Contohnya seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto lalu berikan pada burung kacer peliharaan anda.

Kemudian anda bisa mengamatinya manakah ekstra fooding yang dihabiskan terlebih dahulu seperti kacer di bom jangkrik. Jika burung kacer telah menyantap habis ekstra fooding kroto tanpa tersisa, berarti pakan tambahan yang disukainya adalah kroto. Berikanlah kroto setiap hari sebagai pakan tambahan burung kacer.

2. Harus mengetahui porsi harian jangkrik

Pemberian ekstra fooding sebagai pakan tambahan memang sangat diperlukan. Oleh sebab itu selain memberikan ekstra fooding kesukaannya, anda harus tetap memberi jangkrik dengan porsi yang benar. Untuk mengetahui porsi harian jangkriknya, anda bisa melakukan riset di pagi hari dengan memberikan mengembunkan burung kacer sambil diberikan jangkrik.

Sambil melakukan pengembunan anda bisa mencoba memberikan 10 ekor jangkrik terlebih dahulu. Sebelum jangkrik diberikan, jangan lupa untuk membuang bulu sayap dan kaki yang tajam. Namun, apabila jangkrik yang anda berikan cukup besar bisa juga kepalanya dibuang. Jadi cukup diberikan badannya saja juga tidak masalah, yang penting jangkrik tersebut masih fresh dan aman untuk kacer.

Jika jangkrik sudah diberikan, tunggulah sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu amatilah ada berapa jangkrik yang sudah termakan. Contohnya seperti burung kacer hanya makan jangkrik 5 ekor. Maka porsi harian jangkrik yang diberikan yaitu 3 ekor dipagi hari dan 2 ekor di sore hari. Tapi jika burung kacer hanya makan 4 saja, porsi harian yang diberikan yaitu 2 ekor pagi dan 2 ekor sore hari.

Dalam memberikan setingan kacer full jangkrik, usahakan harus pas tidak boleh asal-asalan. Namun tidak boleh berlebihan juga memberikannya harus sesuai porsi yang ditetapkan. Pastikan juga ekstra fooding dalam keadaan fresh.

3. Mengetahui jadwal mandi kacer

Sebagai pemilik burung kacer memang sudah sepatutnya mengetahui jadwal mandi burung kacer anda. Untuk itu yang harus anda lakukan adalah dengan mempersiapkan keramba mandi saat pagi hari. Melakukan uji coba dengan pemandian keramba untuk kacer. Masukkan burung kacer ke dalam kandang keramba dan biarkan mandi sendiri.

Sambil menunggu burung kacer mandi. Anda harus menganalisa waktu mandi burung kacer tersebut. Lanjut, pengamatan mandi dengan keramba esoknya di siang hari atau sore hari. Lakukanlah cara yang sama seperti diatas. Setelah melakukan uji coba, anda sudah pasti memiliki catatan waktu dan mengamati burung kacer. Itulah jadwal mandi yang disukai oleh burung kacer kalian.

4. Perhatikan dan ketahui durasi penjemuran

Kemudian cara mengetahui keinginan kacer dalam durasi penjemuran burung kacer. Misalnya saat pagi hari setelah pemandian burung kacer dijemur langsung. Lalu anda bisa mengamatinya dan berikanlah waktu hingga burung kacer buka paruh.

Tetapi jika tidak kunjung buka paruh dengan waktu yang sudah dicatat atau ditentukan. Namun burung kacer sudah terlihat gelisah atau grabakan. Jadi itulah kemampuan kuatnya burung kacer dengan durasi penjemurannya.

5. Mengetahui jenis pemasteran yang tepat

Cara yang terakhir yaitu mengetahui jenis masteran yang tepat. Untuk mengetahui jenis masterannya anda harus mengamati terlebih dahulu untuk suara isian yang dikeluarkan burung kacer ketika bunyi atau diadu.

Jika karakter suara kicauan burung kacer anda cenderung ngerol, mengeluarkan suara tembakan atau yang lainnya. Anda bisa memberikan suara masteran yang sesuai dengan karakter burung kacer dan perawatan kacer full jangkrik tersebut.

Akhir Kata

Itulah cara mencari setingan harian kacer yang bisa saya bahas kali ini. Untuk mencari settingan yang pas memang membutuhkan uji coba pada burung kacer peliharaan. Setingan kacer di lapangan atau rumahan, tetap dilakukan uji coba jangan menyontek milik teman sesama kicau mania.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url