Cara Mengkrodong Burung Kacer yang Benar

CARA MENGKRODONG BURUNG KACER

Cara Mengkrodong Burung Kacer - Merawat burung kicau termasuk burung kacer memang tidak lepas dari yang namanya kerodong. Sebab, metode pengrodongan telah menjadi bagian dari rangkaian perawatan sehari-hari untuk burung kacer dirumah. Pengorodongan memang sangat penting untuk burung kacer peliharaan.

Sebab, burung kacer membutuhkan waktu istirahat yang cukup dan nyaman. Dengan melakukan pengrodongan dapat dipastikan stamina burung tetap terjaga sebaik mungkin. Meskipun kerodong memberikan banyak manfaat untuk burung kicau. Terkadang masih ada saja kicau mania yang menyepelekannya.

Mereka menganggap bahwa kain kerodong hanyalah sebatas kain penutup yang digunakan untuk menutupi sangkar burung. Sehingga tidak begitu dibutuhkan oleh mereka. Padahal dengan melakukan memberikan makanan kacer bahan secara rutin dapat berpengaruh pada karakter, mental dan performanya ketika dilapangan.

Oleh sebab itu, pengrodongan sangat penting untuk menunjang kinerja nya ketika di perlombaan. Kain kerodong tidak hanya dibutuhkan oleh kicau mania yang memiliki burung kacer lomba. Tetapi, kain kerodong juga penting untuk kicau mania yang hanya menjadikan burung kacer peliharaannya menjadi burung kicau rumahan.

Baca Juga: Cara Merawat Kacer Bahan Biar Rajin Bunyi

Jadi, tetap sama pentingnya meskipun hanya kacer rumahan juga membutuhkan perawatan yang tepat. Kain kerodong akan selalu dibutuhkan oleh kicau mania, baik dirumah ataupun di luar rumah. Dengan melakukan pengrodongan dapat menjaga burung kacer dari gangguan hewan predator lain yang dapat menyebabkan burung kacer menjadi stres dan tidak mau berbunyi.

Kalian pasti tidak ingin kan burung kacernya menjadi macet bunyi? Jika tidak menginginkannya, kalian harus melakukan pengrodongan pada burung kacer. Dibawah ini akan saya bahas beberapa cara untuk mengrodong burung kacer. Saya harap dengan adanya pembahasan ini dapat membangkitkan semangat kalian dalam memberikan perawatan pengrodongan. Jadi, simak terus cara merawat kacer body kecil sampai selesai.

Cara Mengrodong Burung Kacer Dengan Benar

Saat ini sudah banyak sekali jenis kain kerodong untuk burung kacer. Bahkan kalian bisa menyesuaikan dengan keinginan kalian sendiri. Sebab, kain kerodong ada yang tipis dan ada yang tebal. Untuk kain kerodong yang tipis biasa digunakan untuk burung kacer liar yang baru melakukan penyesuaian dengan perawatan kerodong.

Sedangkan kain kerodong yang tebal digunakan untuk burung kacer yang sudah terbiasa dengan perawatan kerodong, selain itu kerodong juga akan selalu digunakan setiap rangkaian perawatan pagi dan malam hari. Selain memiliki jenis kain, sekarang ini kain kerodong semakin berkembang dengan berbagai corak dan motif yang sangat cantik.

Tidak hanya berwarna hitam, kain kerodong ada banyak macam warna. Jika tidak suka dengan warna bercorak, ada juga kain kerodong polosan dengan warna yang cerah dan cantik. Motif kain kerodong sangat banyak ada yang batik, polkadot, garis-garis atau kotak.

Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian agar burung kacer bisa nyaman di dalam sangkar. Berikut ini cara melakukan pengrodongan dan cara menyeting burung kacer dengan baik dan benar untuk burung kacer lomba.

Jangan melakukan pengrodongan pada pagi dan sore hari

Pada hal ini kalian hanya perlu menggantang burung kacer di tempat yang selalu dilewati orang banyak. Tujuannya yakni untuk membiasakan burung kacer beraktifitas dengan makan dan minum setiap pagi dan sore hari sambil berkicau lancar. Seperti yang kalian ketahui, bahwa perlombaan burung kicau akan dilakukan setiap pagi hingga sore hari.

Dengan begitu burung kacer akan terbiasa berkicau pada waktu-waktu tersebut. Selain itu, burung yang sudah terbasa dengan keramaian akan semakin berani saat dilombakan. Sehingga burung kacer tidak akan demam panggung dan ketakutan dengan cara merawat kacer biar ngeplong.

Melakukan pengrodongan saat malam hari dan pilih tempat yang gelap

Melakukan pengrodongan di malam hari bertujuan untuk menjaga burung kacer dari udara yang dingin. Kain kerodong dapat menghangatkan suhu dalmn sangkar burung kacer supaya merasa nyaman dan aman saat beristirahat. Dengan pengrodongan burung dapat menghemat energi, sehingga saat pagi bisa lebih bersemangat untuk berkicau.

Jangan melakukan metode full kerodong, kecuali saat burung sakit atau mabung

Kalian perlu menghindari hal tersebut karena biasanya burung kacer nyaman beraktifitas dalam kondisi di kerodong dan saat dibuka burung tidak mau berkaktifitas bahkan hanya terdiam serta tidak mau berkicau. Burung akan cenderung merasa asing dan tidak terbiasa dengan lingkungan sekitar. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan sesitifitasnya terhadap lingkungan sekitar.

Namun saat kerodong dibuka burung akan cenderung galak dan agresif terhadap pemiliknya. Ataupun saat dipertemukan dengan burung kicau lain. Jika dikerodong terus menerus, burung akan lebih banyak beristirahat daripada beraktifitas. Sehingga efeknya burung kacer jadi malas berkicau.

Gunakan kain kerodong yang tipis saat pemasteran

Tujuan menggunakan kain kerodong tipis untuk pemasteran yakni agar burung dapat melihat sekitar dan bisa makan serta minum dengan baik. Selain itu untuk cara merawat burung kacer mabung, burung kacer akan lebih tenang dan nyaman sehingga dapat belajar merekam serta menirukan suara isian burung kicau tersebut.

Penutup

Itulah sedikit ulasan atau pembahasan tentang cara mengkrodong burung kacer dan cara merawat kacer bakalan yang baru beli. Sekarang kalian sudah mengerti kan cara merawat kacer bahan agar tidak mati, bahwa pengrodongan sangat penting untuk burung kacer. Pengrodongan dapat menambah kinerja dan performa burung semakin berkualitas di perlombaan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url