Cara Mengatasi Burung Kacer Giras dan Macet Bunyi

CARA MENGATASI KACER GIRAS DAN MACET BUNYI

Cara Mengatasi Kacer Giras dan Macet Bunyi - Halo sobat kacer mania! Menurut penghobi burung kicau, merawat burung kicau merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Betul sekali, memang sangat menyenangkan. Apalagi burung kacer yang kita pelihara mampu memberikan performa terbaik saat diperlombaan.

Perlu diketahui, bahwa burung kacer sampai saat ini masih menjadi incaran para kicau mania. Sebab burung manis yang satu ini memiliki banyak kemampuan, apalagi saat ini banyak event yang diadakan oleh kicau mania. Karena itulah pemilik burung kicau berlomba-lomba untuk menciptakan burung yang berkualitas dalam performa dan kinerjanya dilapangan.

Meskipun banyak jenis burung kicau di indonesia, burung kacer masih naik daun hingga saat ini. Bahkan karena adanya penangkaran diberbagai daerah, membuat popularitas burung kacer semakin meningkat setiap tahunnya. Merawat burung kicau termasuk burung kacer memang tidak lepas dari kendala yang terjadi.

Banyak sekali masalah yang sering menimpa burung kacer. Salah satu masalah yang sering terjadi pada burung kacer yaitu giras dan macet bunyi. Burung kacer yang mendadak giras padahal sebelumnya jinak memang sering terjadi di kalangan kicau mania.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kacer Takut Orang

Kasus seperti ini membuat sebagian kicau mania merasa kebingungan. Burung kacer memiliki tipe dan karakternya masing-masing. Banyak pemilik yang belum menyadarinya, bahkan karena tidak mau belajar ada yang menganggap semua burung kacer itu sama sehingga menyebabkan kacer tidak pernah bunyi.

Kesalahan seperti inilah yang membuat burung kacer menjadi giras. Sebab setiap jenis burung kacer itu memiliki metode perawatannya masing-masing. Karena tipe burung kacer ada dua yaitu tipe panas dan dingin, tidak mungkin perawatan burung kacer tipe panas digunakan untuk yang dingin atau bahkan sebaliknya.

Dalam hal ini memang harus diluruskan, agar kedepannya tidak ada kesalahan perawatan lagi. Bagaimana cara mengatasi kacer macet bunyi? Banyak cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Namun cara tersebut tidak dapat terwujud dengan instan. Memerlukan waktu yang panjang dan butuh kesabaran ekstra dalam merawatnya. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa cara untuk mengatasi burung kacer giras dan macet bunyi.

Cara Mengatasi Burung Kacer Giras dan Macet Bunyi

1. Berikan pakan bervitamin tinggi

Memberikan makanan yang mengandung vitamin tinggi merupakan hal penting yang harus kita lakukan untuk burung kacer peliharaan. Memberikan makanan yang mengandung vitamin dapat membuat burung kacer menjadi lebih sehat dan kebutuhan nutrisinya dapat tercukupi dengan baik.

Apalagi kita menginginkan burung kacer menjadi gacor, dengan memberikan pakan yang kaya akan vitamin merupakan langkah awal yang paling tepat. Namun, memberikan makanan dan obat untuk kacer macet bunyi tidak boleh sembarangan.

Kita harus bisa memberikan pakan dengan porsi yang tepat dan tentunya tidak terlalu berlebihan. Selain makanan utama, kita harus memberikan ekstra fooding juga seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong dan juga serangga lainnya.

Pemberian ekstra fooding ini sangat penting untuk menstabilkan birahi dan meningkatkan emosi burung kacer. Agar burung kacer dapat berkicau dengan maksimal. Takaran pemberian ekstra fooding serangga yaitu berikan jangkrik 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Jadi sekitar 6 ekor jangkrik yang dikonsumsi setiap harinya.

Boleh juga menambahkan voer yang khusus untuk tipe burung tersebut cukup dua kali sehari saja. Untuk air minumnya, sebaiknya menggunakan air matang yang sudah direbus. Tujuannya agar burung kacer lebih sehat. Karena air tempat perkembangbiakan kuman, tidaka ada salahnya jika dimasak terlebih dahulu.

2. Menjaga kebersihan sangkar burung

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan sangkar burung kacer. Membersihkan sangkar memang harus dilakukan secara rutin dan teratur. Sangat rugi apabila kita sudah fokus memberikan perawatan terbaik untuk burung kacer tetapi mereka malah stres akibat sangkar yang kotor.

Maka dari itu, menjaga kebersihan sangkar dan peralatan lainnya merupakan hal yang wajib dilakukan. Sebaiknya dilakukan secara rutin minimal 2 kali dalam sehari sudah cukup. Tentu saja dengan menjaga kebersihan sangkar, kesehatan burung kacer akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai bakteri penyebab penyakit.

3. Rutin memandikan burung kacer

Selain menjaga kebersihan sangkar, kita juga harus memandikan burung kacer. Metode pemandian ini harus dilakukan karena sudah menjadi rangkaian perawatan untuk burung kacer dan terbukti manfaatnya.

Dengan mandi malam untuk kacer giras, burung kacer akan menjadi fresh dan lebih semangat untuk menjalani aktivitasnya. Untuk memandikan burung kacer biasanya dilakukan pada jam 07.00 hinga 09.00 pagi.

4. Berikan masteran

Tahap selanjutnya masuk pada metode pemasteran. Setelah burung kacer melakukan berbagai aktifitasnya seharian penuh, langkah selanjutnya adalah melakukan pemasteran pada burung kacer. Pemasteran ini bertujuan untuk memberikan isian pada burung kacer dan dapat menggacorkan burung kacer dengan mudah dan cepat.

Ketika memilih burung kicau untuk masteran jangan sembarangan, pilihlah burung kicau dengan kualitas terbaiknya. Namun kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak, selain menggunakan burung asli kita bisa juga menggunakan suara burung dari youtube atau mp3.

5. Trek burung kacer

Melatih burung kacer bertanding dengan burung sejenis dapat melatihnya untuk tampil berani didepan banyak orang dan dapat mengasah kemampuanya. Sehingga burung kacer akan semakin berani dan tampil dengan performa yang terbaik.

Dengan melakukan sparring pada burung sejenis atau dengan cara memancing burung kacer biar bunyi, kacer akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang ramai dan dapat mengatasi kacer kadang bunyi kadang tidak.

Akhir Kata

Demikian adalah ulasan bagaimana cara mengatasi burung kacer yang giras dan macet bunyi. Metode perawatan yang diberikan memang tidak begitu rumit, tapi efeknya sangat bagus untuk burung kacer yang giras dan macet bunyi.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url