Cara Mudah Mengatasi Burung Kacer Takut Orang

CARA MENGATASI KACER TAKUT ORANG

Cara Mengatasi Kacer Takut Orang - Spesies fauna yang di Indonesia sangat banyak sekali. Seperti spesies burung kicau, salah satu burung kicau yang paling terkenal di indonesia adalah burung kacer. Burung kacer hingga saat ini masih menduduki peringat tertinggi di kalangan komunitas kacer.

Untuk harga burung kacer sendiri saat ini cukup mahal, apabila anda memilih burung kacer yang mempunyai kualitas unggul atau sudah siap tempur. Sedangkan untuk harga bibit burung kacer di penangkaran yang prospek harganya masih cukup mahal.

Karena banyaknya minat untuk memelihara burung kacer, banyak kicau mania yang berinisiatif untuk melakukan cara merawat kacer biar jinak dan gacor dan menangkarnya menjadi bisnis wirausaha yaitu membuat penangkaran untuk burung kacer.

Dengan adanya penangkaran ini diharapkan dapat memenuhi perminataan pasar yang membutuhkan banyak sekali burung kacer dari bibit hingga kacer dewasa yang siap lomba. Namun sebelum melakukan penangkaran, kacer perlu dijinakkan dengan cara agar kacer jinak total.

Menghobikan burung kicau sebenarnya sangat menguntungkan bagi kicau mania itu sendiri. Selain membuka peluang untuk berbisnis, hobinya dalam dunia burung juga dapat tersalurkan dengan baik. Apalagi memiliki banyak teman sekomunitas, pastinya dapat menambah jaringan dan relasi sehingga bisnis anda semakin berkembang.

Baca Juga: Cara Menaikkan Birahi Kacer Giras

Merawat burung kacer memang membutuhkan ilmu dan pengalaman, tapi tidak ada asalahnya jika pemula ikut memelihara burung kacer. Untuk menciptakan burung kacer yang berkualitas dalam performa dan kicauannya, memang membutuhkan kesabaran ekstra.

Karena burung kacer yang berkualitas dalam kinerjanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena hal ini tidak bisa terwujud dengan cara instan. Banyak kicau mania yang memilih merawat burung kacer dari sejak trotol hingga dewasa dan memberikan setingannya sendiri, sehingga menjadi cara menjinakan kacer dengan cara kering.

Tapi ada banyak juga burung kacer yang sudah jinak justru takut dengan orang. Apakah ada penyebab tertentu burung kacer takut dengan orang sekitar? Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan burung kacer takut orang, salah satunya adalah burung belum beradaptasi secara total dengan lingkungannya. Namun dibawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi burung takut sama pemiliknya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Takut Orang

1. Mencari tempat yang tenang

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi burung kacer yang penakut yaitu dengan menempatkannya pada tempat yang tenang. Hal ini memang sangat penting, apalagi burung kacer anda baru saja dibeli atau hasil tangkapan dari hutan.

Pada malam hari bisa dikerodong terlebih dahulu, selain dikerodong boleh juga ditutup sangkarnya menggunakan kain hitam. Dengan memberikan kerodong pada burung kacer, maka diharapkan burung kacer akan nyaman dan dapat beristirahat dengan tenang.

Apabila burung kacer sudah terlihat tenang dan rileks, bisa anda pindahkan ke lokasi yang lebih ramai seperti teras depan rumah. Meskipun ramai, pastikan lokasinya tidak terkena sinar matahari secara langsung agar burung kacer merasa nyaman. Tapi jika burung kacer masih belum nyaman berikanlah kerodongnya kembali.

2. Memberi makanan yang cukup

Memberikan pakan untuk burung kacer memang sangat penting, apalagi burung kacer baru saja dipelihara. Setelah itu, dalam beberapa hari berikutnya cobalah untuk menaruh sangkar burung ditempat yang ramai dan berikan makanan ekstra.

Cara seperti ini tidak hanya bertujuan untuk membuatnya nyaman tetapi juga dapat memancing burung kacer dapat berkicau lebih lantang. Apabila burung kacer mau berkicau, dapat dipastikan burung kacer sudah beradaptasi dengan baik jadi kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak.

3. Rutin memandikan kacer

Dengan memandikan burung kacer hingga tubuhnya basah kuyup, dapat menjadi cara untuk membuat burung kacer menjadi jinak total. Namun, cara yang satu ini tidak dapat anda lakukan dengan sembarangan. Biasanya memandikan burung kacer dipagi hari dilakukan pada jam 08.00 hingga jam 09.30.

Sebab pada waktu itu udaranya masih sejuk dan cahaya matahari belum begitu terik. Namun, sebelumnya bisa anda angin-anginkan terlebih dahulu sekitar 15 hingga 20 menitan. Jika sudah, mandikan burung dengan menggunakan semprotan air yang bertekanan rendah hingga basah kuyup.

Setelah itu anda bisa jemur di teras depan rumah dan pastikan lokasi yang anda pilih cukup ramai orang dan sering dilewati. Apabila cara tersebut dilakukan selama seminggu, maka burung kacer tidak akan takut orang lagi selain itu dapat mengatasi kacer giras tidak mau bunyi.

4. Memberikan suplemen

Selanjutnya anda bisa memberikan supleman untuk burung kacer. Supleman yang diberikan biasanya seperti BFA (BIRD FIRST AID). Dengan memberikan BFA dapat membuat burung merasa tenang lebih cepat. Sehingga burung kacer yang tenang bisa anda tangani dengan mudah.

Meskipun dapat menenangkan lebih cepat, alangkah baiknya jika anda menggunakan cara alami agar burung dapat terbiasa dengan lingkungan barunya. Mungkin saja pada jenis burung kacer lain cara tersebut tidak memberikan dampak yang sama.

5. Rutin membersihkan sangkar kacer

Dengan menerapkan cara diatas secara beraturan dan konsisten, maka burung kacer anda kan cepat jinak dan menjadi lebih tenang. Namun tidak berhenti sampai disini karena anda juga harus membersihkan sangkarnya.

Jika sangkar burung kacer tidak bersih, maka dikhawatirkan burung kacer tersebut akan stres dan malas berbunyi. Bersihkanlah sangkar burung kacer secara rutin, apalagi saat burung kacer sudah mulai terbiasa dan nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

Penutup

Jadi, itulah cara untuk mengatasi burung kacer yang takut orang. Memang sangat penting untuk membuat burung kacer menjadi jinak, sebab suatu saat nanti burung kacer akan lebih sering bertemu dengan banyak orang bahkan lebih saat diperlombakan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url