Cara Mengatasi Burung Kacer Kadang Bunyi Kadang Tidak (Datnyeng)

KACER KADANG BUNYI KADANG TIDAK

Kacer Kadang Bunyi Kadang Tidak - Halo kicau mania indonesia! Burung kacer adalah burung kicau yang paling terkenal di Indonesia. Dari sekian banyak jenis burung kicau ternyata burung kacer menjadi salah satu yang paling diminati oleh kicau mania hingga saat ini. Bahkan tahun 2022 ini masih banyak kicau mania yang membutuhkan burung kacer sebagai burung gacoan di perlombaan.

Karena peminatnya sangat banyak sekali, beberaoa orang dari kicau mania yang berinisiatif untuk membuat penangkaran burung kacer. Maksud dari penangkaran ini adalah melakukan ternak pada burung kacer dari sejak trotol hingga dewasa.

Dalam penangkaran tersebut tersedia juga burung kacer yang siap lomba, jika anda tidak mau merawatnya dari ombyokan bisa membeli burung yang sudah jadi. Sebelum melakukan cara merawat kacer biar gacor, hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibitnya terlebih dahulu.

Pilihlah bibit burung kacer yang sudah prospek dan berjenis kelamin jantan. Apabila memilih bibit yang prospek, dapat dipastikan anda akan merawatnya dengan mudah dan menciptakan burung kacer yang berkualitas kedepannya. Karena merawat burung kacer susah-susah gampang, jadi harus membutuhkan kesabaran.

Apabila anda salah dalam pemilihan bibit burung kacer, dapat dipastikan perawatan yang anda lakukan tidak akan diterima sepenuhnya. Sebab burung kacer tersebut belum siap melakukan berbagai perawatan. Burung kacer yang belum prospek lalu dipaksa untuk dipelihara, maka saat dewasa hasilnya tidak akan memuaskan.

Baca Juga: Cara Merawat Kacer Macet Bunyi

Banyak burung kacer dipelihara sejak trotol, namun saat dewasa mereka jarang sekali berbunyi bahkan seperti malas berbunyi. Kadang berbunyi dan kadang tidak. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Apakah burung kacer seperti ini dianggap wajar? Tidak, sangat tidak wajar.

Burung kacer harus bisa gacor sepanjang hari dengan perawatan harian kacer, untuk itu anda harus bisa mengetahui ciri ciri kacer macet bunyi. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa cara mengatasi kacer diam saja saat di trek dengan jamu kacer macet bunyi.

Terapi Burung Kacer yang Malas Bunyi

1. Menggantung burung di pohon rindang

Burung kacer merupakan salah satu burung kicau liar yang hidupnya dialam. Habitat asli burung kacer ada di pohon rindang dan pohon yang besar. Karena kesukaan mereka ada di bawah pohon rindang, maka saat malas berbunyi gantung saja di bawah pohon tersebut.

Anda bisa mencari pohon-pohon tersebut di sawah, taman, kebun atau hutan. Tetapi jika anda tinggal di perkotaan bisa menggantung burung dibawah pohon taman sembari memberikan obat kacer biar gacor.

2. Menggunakan terapi suara air mengalir

Burung kacer yang mendadak macet bunyi biasanya disebabkan karena stres. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan terapi dengan suara air yang mengalir. Dengan mendengarkan suara gemricik air dapat membuat burung kacer menjadi tenang dan rileks.

Sehingga burung kacer akan semakin ingin untuk berkicau lagi. Terapi suara air bisa anda lakukan di kamar mandi, aquarium, kolam atau sungai yang asli.

3. Menggunakan terapi suara alam

Selanjutnya adalah terapi suara alam. Biasanya untuk kicau mania yang rumahnya berada di pegunungan sangat tepat sekali menggunakan terapi ini. Namun, jika rumah anda berada jauh dari hutan, bisa menggunakan suara alam melalui youtube.

Suara alam yang dimaksudkan disini adalah suara hujan, suara angin, air mengalir, suara ombak, suara air terjun dan masih banyak lagi. Ketika memutar terapi suara ala mini, pastikan anda memilih tepat yang sejuk dan tenang.

Pastikan burung kacer sedang dalam keadaan istirahat dan tidak aktif. Apabila burung masih aktif, mereka tidak akan berkonsentrasi dengan suara terapo tersebut. Baiknya terapi ini dilakukan saat malam hari saja.

4. Menggunakan terapi untulan

Banyak penyebab burung kacer menjadi malas bunyi, salah satunya adalah kurang birahi dan mental sedang drop. Jadi untuk mengatasinya anda bisa mencoba terapi menggunakan untulan. Burung untulan dapat mengembalikan birahi burung kacer, sehingga burung akan tertarik untuk gacor dan berbunyi lagi.

Burung kicau yang sedang birahi biasanya akan berbunyi untuk memancing pasangan. Sehingga burung kacer akan semangat untuk gacor lagi, namun jika tidak ada burung untulan disekitar rumah anda boleh juga menggunakan burung kicauan lainnya.

5. Melakukan perawatan ekstra dengan rutin

Penyebab burung kacer malas bunyi biasanya karena perawatan anda yang kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah seperti ini, anda bisa melakukan pengembunan untuk burung kacer, dimandikan dan dijemur. Selain itu anda juga harus memberikan ekstra fooding yang cukup banyak seperti kroto, jangkri, cacing, ulat kandang dan lain sebagainya.

Apabila sudah diberikan beberapa ekstra fooding yang segar dan berkualitas, pastikan juga anda memberikan supleman dan vitamin supaya stamina burung semakin meningkat. Karena burung kacer juga membutuhkan asupan gizi dan nutrisi, maka pemberian vitamin dan supleman sangat direkomendasikan.

Akhir Kata

Demikian itulah pembahasan tentang kacer kadang bunyi dan kadang tidak. Sebenarnya burung datnyeng maksudnya sama saja seperti malas bunyi, beberapa rangkaian perawatan diatas bisa anda terapkan dengan konsisten dan rutin dirumah. Pastikan juga mental burung kacer dalam keadaan stabil dan normal, serta jangan lupa memberikan perawatan yang terbaik setiap harinya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url