Pengikut

Cara Mengatasi Burung Kacer Stres dan Giras Dengan Mudah

CARA MENGATASI KACER STRES DAN GIRAS

Cara Mengatasi Kacer Stres dan Giras - Halo kicau mania indonesia! Setiap orang pasti memiliki pengalamannya sendiri dalam merawat burung kacernya. Karena memang benar bahwa merawat burung kicau tidak semudah yang dibayangkan, termasuk burung kacer. Memberikan perawatan terbaik untuk burung kicau peliharaan memang sudah menjadi kewajiban anda sebagai pemilik.

Hal ini harus dilakukan sebaik mungkin agar burung kacer dapat bertumbuh dengan baik kedepannya. Merawat burung kacer memang tidak bisa lepas dari suatu masalah. Pasti ada saja kendala yang harus dihadapi seperti kacer macet bunyi dan giras.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada burung kacer adalah giras dan stres dengan cara mengatasi kacer takut orang. Burung kacer memang sering mengalami stres dan giras, hal ini bukan terjadi begitu saja. Pasti ada faktor yang mendasarinya, terkadang masalah seperti ini yang membuat pemilik merasa kebingungan.

Burung kacer peliharaannya mendadak jadi giras dan stres. Setiap pemilik pastinya tidak ingin burung kacer peliharaannya mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Namun ada beberapa faktor yang kemungkinan dapat menjadi penyebab burung kacer giras dan stres.

Seperti faktor pemberian pakan, faktor tempat, dan waktu penjemuran. Kesalahan perawatan ini jarang disadari oleh pemiliknya. Jika anda mengalami masalah kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak, jangan khawatir dulu. Karena setiap masalah pasti ada solusinya, daripada kebingungan seperti itu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Akibat Jatuh

Lebih baik jika anda mencari tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya agar masalah seperti ini tidak semakin parah. Di pembahasan kali ini saya akan membahas cara mengatasi kacer stres dan giras. Semoga saja dapat membantu anda yang burung kacernya sedang dalam masalah. Oleh karena itu, simak baik-baik ya pembahasannya.

Cara Mengatasi Kacer Giras dan Stres

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa burung kacer memang sering drop. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memulihkan burung kacer menjadi normal kembali dan mengatasi kacer gelisah, sebagai berikut:
  1. Memberikan jangkrik pada pagi dan sore hari dengan takaran 5 ekor di pagi dan 5 sore hari.
  2. Untuk pemberian kroto sebaiknya diberikan setiap hari.
  3. Berikanlah 2 ekor kelang setiap seminggu sekali.
  4. Berikan vitamin kacer stres.
  5. Memandikan burung kacer dalam dua hari sekali.
  6. Jauhkan burung kacer dengan burung sejenis atau dengan burung kicau lainnya juga.
  7. Menambah waktu penjemuran sekitar satu atau dua jam.
  8. Boleh juga menambahkan vitamin dan juga mineral secukupnya agar burung kacer cepat pulih kembali dan kondisinya menjadi stabil.
Selain perawatan diatas, makanan dan vitamin harus yang paling utama diperhatikan. Memang sama pentingnya, namun beberapa orang kadang kurang memeperhatikan kualitas pakan yang akan diberikan. Maka dari itu anda harus benar-benar selektif ketika memberikan pakan, seperti berikut:

  • Pilihlah kroto yang masih benar-benar segar sebanyak satu sendok makan, dan maksimal berikanlah empat kali dalam satu minggu.
  • Berikanlah satu ekor cacing seminggu dua kali.
  • Ketika melakukan pengumbaran harus dilakukan 4 jam setiap harinya, dan berikan 4 kali dalam seminggu.
  • Boleh juga memberikan vitamin dan mineral yang dicampur dengan air minum dan berikan satu seminggu sekali.

Akhir Kata

Demikianlah cara untuk mengatasi burung kacer yang giras dan stres. Anda harus benar-benar memperhatikan perawatan lainnya dan yang paling utama adalah memperhatikan pakan yang diberikan. Karena pakan tersebut juga dapat mempengaruhi kualitas burung kacer selanjutnya. Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat dipahami bagi pembaca.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga