Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Akibat Sangkar Jatuh

CARA MENGATASI KACER STRES AKIBAT SANGKAR JATUH

Cara Mengatasi Kacer Stres Akibat Sangkar Jatuh - Dalam merawat burung kicau memang membutuhkan ilmu dan pengetahuan yang cukup. Bukan berarti harus asal-asalan, meskipun pemula harus banyak menggali informasi dan belajar dengan teman atau saudara yang sudah berpengalaman dalam dunia burung kicau.

Mengapa harus banyak belajar? Hal ini dikarenakan dalam merawat burung kicau dibutuhkan skill yang bagus untuk menciptakan sebuah burung kicau yang berkualitas. Apabila sebagai pemilik anda mengerti dan memahami setiap perawatan mengatasi kacer stres pindah tempat yang diberikan pasti akan dengan mudah diterima oleh burung kicau peliharaan anda.

Setiap jenis burung kicau terutama burung kacer pasti memiliki karakter dan tipenya masing-masing. Dan jika anda mampu memahami setiap karakternya, maka anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangannya dengan mudah. Bukan perkara sulit sebenarnya dalam memelihara burung kicau, tetapi banyak belajar itu juga sangat penting untuk kedepannya.

Tanpa anda sadari burung kacer juga dapat mengalami stres. Jadi, stres itu tidak hanya dialami manusia saja. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi burung kacer stres. Salah satu faktor penyebab burung kacer stres adalah karena jatuh dari sangkar. Mungkin dalam hal ini memang bukan sepenuhnya kesalahan pemilik.

Baca Juga: Tips Memilih Sangkar Untuk Burung Kacer

Tapi sebagai pemilik harusnya mengetahui tempat yang tepat untuk menggantung burung kacer peliharaan. Dalam hal ini wajar saja burung kacer mengalami stres, sebab saat terjatuh pasti sangkar terguncang hebat dan menyebabkan burung kacer menjadi kaget. Ditambah lagi, saat sangkar terjatuh bisa jadi burung kacer mengalami benturan yang mengakibatkan badannya merasa kesakitan.

Belum lagi setelah kejadian mental burung kacer akan ngedrop dan membuatnya stres karena trauma. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengatasinya. Karena stres yang terjadi pada burung kacer dapat membuat kinerja nya menurun dan membuatnya macet bunyi, simak cara mengatasi burung stres akibat sangkar jatuh dibawah ini.

Efek Trauma yang Dialami Burung Kacer Akibat Sangkar Jatuh

Sebelum membahas cara mengatasinya, sebaiknya anda menganalisa terlebih dahulu apa yang dirasakan burung kacer saat terjatuh dari sangkar. Dengan melakukan analisa ini dapat dipastikan anda akan lebih memahami keadaan burung kacer dan dapat mengatasinya dengan mudah. Pada saat mengalami insiden semacam itu, dapat dipastikan burung kacer merasa terkejut.

Belum lagi ditambah saat terjatuh burung kacer akan terbentur sangkar sendiri.Selain itu burung kacer akan merasa kesakitan, apalagi jika terdapat bagian tubuh yang patah. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi mentalnya. Saat burung kacer terjatuh dari sangkar yang dikhawatirkan adalah drop mental.

Hal ini sangat mempengaruhi kinerja dan performanya nanti di lapangan perlombaan. Tentunya masalah seperti ini jangan disepelekan dan segera diatasi dengan cara mengatasi kacer stres dan giras, sebab kasus seperti ini dapat menyebabkan trauma yang mendalam dalam diri burung kacer tersebut.

Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Jatuh Dari Sangkar

Melakukan isolasi ditempat yang aman

Tentunya anda sudah tahu yang dirasakan burung kacer setelah sangkar terjatuh. Trauma yang dialami burung kacer jangan disepelekan. Untuk mengatasinya anda harus menenangkan burung kacer ditempat yang sepi dan nyaman. Istilahnya seperti mengisolasi burung kacer tersebut.

Setelah mengalami hal tersebut, tentu saja burung kacer akan diam seribu bahasa atau macet bunyi. Selanjutnya anda bisa memandikan burung kacer, lalu kemudian diberikan ekstra fooding yang disukai seperti jangkrik, kroto, atau ulat kandang.

Setelah itu, sangkarnya bisa anda kerodong full hingga besok harinya. Intinya berikanlah perawatan sebaik mungkin hingga traumanya sedikit berkurang dan burung kacer dapat berkicau. Jangan lupa setelah melakukan pemandian, burung kacer harus dijemur.

Penjemuran ini biasanya dilakukan minimal 15 menit atau 10 menitan, jika masih dalam proses pemulihan sebaiknya burung kacer jangan dibawa ke tempat perlombaan atau gantangan. Jauhkan juga dari burung yang sejenis dan pastikan terhindar dari gangguan hewan predator lainnya. Buatlah burung kacer senyaman mungkin dan tenang.

Terapi mandi hujan

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan terapi mandi hujan. Cara seperti ini sudah menjadi andalan para kicau mania sejak dahulu. Pada saat hujan turun, burung kacer harus dihujan-hujankan. Tapi hujan yang dimaksudkan bukan saat hujan petir, hujan lebat, dan berangin, melainkan pada saat hujan kecil yang rintik-rintik dan tidak terlalu deras.

Orang zaman dahulu menganggap dengan menghujankan burung kacer dapat mengatasi masalah seperti kalah mental, trauma dan macet bunyi. Dan car aini dikatakan seperti terapi. Saat melakukan cara seperti ini, pastikan dulu kondisi burung kacer anda.

Jadi jangan sampai burung kacer dalam keadaan sakit. Saya sangat merekomendasikan cara ini, sebab manfaat yang didapatkan sangat banyak dan sudah terbukti pada burung kacer saya sendiri. Tetapi, terapi hujan ini hanya dapat dilakukan ketika musim hujan saja.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi burung kacer stres akibat sangkar jatuh. Jangan pernah anda menyepelakan stres yang dialami burung kacer, anda harus bisa mengatasinya dengan segera. Sebab masalah seperti ini dapat menyebabkan trauma yang mendalam. Setelah mengalami kejadian tersebut, sebaiknya anda harus menjadi tempat yang aman untuk menggantung sangkar burung kacer.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama