Tips Memilih Sangkar Yang Tepat Untuk Burung Kacer

Tips Memilih Sangkar Yang Tepat Untuk Burung Kacer - Halo sobat kacer mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips tentang bagaimana cara memilih sangkar yang bagus dan tepat untuk burung kacer. Kenapa saya mengulas artikel ini? Karena banyak sekali para kacer mania pemula yang bingung dalam menentukan sangkar yang pas untuk burung gacoannya. Oleh karena itu saya tertarik untuk mengulas permasalahan tersebut.

Pada dasarnya burung kacer merupakan tipe burung berkicau yang memiliki postur tubuh yang bisa dikatakan tergolong cukup besar. Kenapa saya berkata demikian? Karena burung kacer membutuhkan sangkar yang cukup besar untuk bergerak dan berkicau dengan nyaman. Selain memiliki postur tubuh yang cukup besar, kacer juga memiliki bulu yang indah dan mengkilap.

Bulu yang indah itulah yang perlu anda jaga, jangan sampai karena sangkar yang terlalu kecil dapat merusak bulunya. Untuk itu dibutuhkan sangkar kacer yang pas dan tepat, mungkin bagi para kacer mania yang sudah lama bermain di dunia kacer akan mengetahui sangkar seperti apa yang pas untuk burung gacoannya. Namun bagi anda yang masih pemula, bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Memilih Sangkar Yang Pas Untuk Kacer

Memilih Sangkar Harian

Untuk pemilihan sangkar harian burung kacer, anda harus bisa memilih sangkar yang sesuai dengan postur tubuh kacer. Jangan terlalu sempit dan jangan terlalu lebar, tujuan utama pemilihan sangkar pada burung yaitu agar burung merasa nyaman di sangkar tersebut. Apabila burung kacer sudah nyaman di sangkar barunya, tentu akan membuat burung kacer cepat gacor.

Jika anda ingin memilih sangkar harian kacer berbentuk persegi atau kosan, anda bisa memilih sangkar tersebut dengan ukuran 40x40 cm. Jika burung kacer anda berpostur lebih besar dibandingkan jenis burung kacer lainnya, anda bisa memilih sangkar kosan dengan ukuran 43x43 cm.

Namun jika anda kurang tertarik dengan model sangkar kosan, anda juga bisa memilih sangkar dengan model gepengan atau persegi panjang dengan ukuran 35x40 cm atau 37x43 cm.


Memilih Sangkar Lomba

Jika anda ingin melombakan burung kacer, biasanya para kacer mania akan menggunakan sangkar yang lebih bagus dan khusus untuk lomba. Jika anda setuju dengan hal itu, anda bisa membeli sangkar yang bagus dan sesuai dengan ukuran sangkar hariannya. Jangan sekalipun merubah ukuran sangkar harian saat dilombakan.

Atur Tangkringan Senyaman Mungkin

Hal ini juga penting dan jangan sampai anda lewatkan, karena pada dasarnya tangkringan merupakan arah penentu pergerakan burung kacer. Oleh karena itu anda jangan sampai salah menemparkan tangkringan di sangkar burung kacer anda. Pada umumnya ada 3 model penempatan tangkringan yang aman dan sering digunakan oleh para pecinta burung kacer, antara lain:
  1. Tangkringan model sejajar: Model tangkringan ini sangat tepat dan cocok untuk tipe burung kacer yang sering bergerak naik turun sambil ngobra. Anda bisa menempatkan 2 tangkringan diatas dan ditengah dengan memberi jarak yang pas antara kedua tangkringan tersebut.
  2. Tangkringan model palang: Biasanya tangkringan model ini digunakan untuk burung kacer yang berada di sangkar kosan. Namun jika burung kacer anda sudah nyaman di sangkar gepengan dan tidak terlalu senang bergerak dengan agresif, anda bisa menempatkan kedua tangkringan tersebut diatas dan ditengah dengan membentuk palang.
  3. Tangkringan model 3 tangkringan: Tangkringan model ini memang jarang sekali ditemui pada kontes burung kacer. Namun tangkringan model ini sangat tepat untuk burung kacer yang selalu main kebawah atau nebok. Untuk mencegah burung kacer nebok saat tarung, anda bisa menggunakan model 3 tangkringan ini. Dengan menempatkan 2 tangkringan di tengah dan memberi jarak pada bagian tengahnya, serta 1 tangkringan lagi anda tempatkan di atas pada posisi tengah.

Akhir Kata

Mungkin cukup itu saja tips yang bisa saya bagikan kali ini, mengenai cara memilih sangkar yang pas untuk burung kacer berserta penempatan tangkringannya. Nantikan tips dan cara seputar perawatan seputar burung kacer dan burung berkicau lainnya hanya di bangparid.com. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url