Cara & Manfaat Terapi Sauna Yang Ampuh Untuk Burung Kacer

Cara & Manfaat Terapi Sauna Yang Ampuh Untuk Burung Kacer - Terapi sauna merupakan sebutan untuk terapi burung berkicau yang sangat berpengaruh dan bermanfaat untuk burung tersebut. Memang banyak para kicau mania yang sudah menerapkan terapi ini, namun tentunya berbeda jenis burung juga akan berbeda pula caranya. Kali ini saya akan memberikan cara melakukan terapi sauna pada burung kacer, bagi kalian yang ingin tahu caranya simak terus ulasan pada artikel ini.

Jika kalian memiliki burung kacer yang yang lama panas atau biasa disebut dengan kacer kurang emosi, apabila burung sudah mengalami hal tersebut tentu burung kacer tidak akan bisa berkicau dengan ngotot ketika di perlombaan. Nah, untuk itu kalian perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara untuk mingkatkan emosi burung kacer agar bisa ngotot dan ngeplay.

Inilah fungsi dari terapi sauna, yakni dapat membuat emosi kacer meningkat. Ingat! Kalian tidak boleh asal-asalan dalam melakukan terapi ini, karena jika hal itu terjadi akan mengakibatkan burung kacer menjadi macet. Gunakan terapi sauna hanya untuk meningkatkan emosi burung kacer saja, biasanya terapi ini cocok untuk burung kacer tipe dingin yang lambat panas atau emosi.

Perlu kalian ketahui, ketika burung kacer diberikan rawatan berupa terapi sauna yang terjadi yaitu suhu udara yang ada di dalam sangkar burung kacer akan lebih panas. Bahkan panas yang ada di dalam sangkar tersebut bisa 2x lipat lebih panas dari biasanya, oleh karena itu suhu panas pada burung kacer akan lebih cepat naik secara drastis.

Cara Melakukan Terapi Sauna Pada Kacer

1. Pastikan Kondisi Burung Sehat

Sebelum kalian melakukan terapi sauna pada burung kacer, kalian perlu memastikan terlebih dahulu bahwa burung kacer dalam keadaan sehat dan fit. Jangan sekalipun memaksakan kacer yang kurang fit untuk terapi sauna, karena kemungkinan terburuk kacer kalian akan mati.

2. Bersihkan Kotoran Pada Sangkar

Sebelum melakukan terapi sauna, jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang ada pada sangkar kacer terlebih dahulu. Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan, agar burung kacer tetap nyaman di dalam sangkar walaupun dilakukan terapi sauna. Karena jika sangkar burung kacer dalam keadaan kotor, maka bau kotoran tersebut akan menyengat di dalam sangkar dan menganggu saluran pernapasan pada burung kacer.

3. Mulai Lakukan Terapi Sauna

Jika sangkar burung sudah dalam keadaan bersih, langkah berikutnya yang perlu kalian lakukan yaitu memulai melakukanterapi sauna. Yaitu dengan cara menkerodong sangkar burung kacer lalu semprot kerodong dengan air menggunakan spray sampai seluruh bagian kerodong basah terkena air. Setelah itu kalian bisa menjemurnya di halaman terbuka dan aman.

4. Waktu Pelaksanaan Terapi Sauna

Kalian bisa melakukan terapu sauna pada kacer selama 30 menit sampai 1 jam saja, jangan terlalu lama agar burung tidak terlalu kepanasan dan menyebebkan kacer over emosi. Lalu untuk waktu memulai terapi sauna, bisa anda lakukan dari jam 7 sampai jam 10 saja. Jangan lebih dari itu, karena sinar matahari akan sangat terik dan sangat panas.

5. Selalu Melihat Kondisi Burung

Jika burung kacer kalian baru pertama melakukan terapi ini, kalian harus selalu memastikan kondisi burung kacer. Jangan sampai burung kacer anda tewas di dalam sangkar karena tidak terbiasa dengan suhu yang panas di dalam kerodong. Agar hal iitu tidak terjadi, selalu cek burung kacer kalian setiap 10 menit sekali untuk memastikan kondisinya.

Penutup

Demikian ulasan kali ini, mengenai cara dan manfaat terapi sauna yang ampuh untuk meningkatkan emosi burung kacer. Kalian bisa melakukan cara tersebut sebagai panduan agar kalian tidak salah dalam melakukan terapi sauna. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian semua. Salam Kacer Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url