Cara Menjemur Burung Kacer yang Baik dan Tepat

CARA MENJEMUR BURUNG KACER YANG BAIK

Cara Menjemur Kacer yang Baik - Halo sahabat kacer mania! Membahas tentang perawatan burung kacer memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah perawatan penjemuran. Penjemuran untuk burung kacer memang sangat penting dilakukan, sebab hal ini sudah menjadi bagian dari rangkaian perawatan harian.

Perawatan harian memang harus dilakukan sebaik mungkin dan tidak boleh terlewatkan. Merawat burung kacer harus melakukan penjemuran. Tidak hanya burung kacer saja, tetapi juga berlaku untuk burung kicau lainnya. Tentu saja anda semua sudah mengetahui manfaat yang diberikan. Manfaat yang didapatkan sangat berpengaruh sekali dengan performa dan kualitasnya di perlombaan nanti.

Dengan begitu jangan pernah melewatkan perawatan penjemuran tersebut. Namun, meskipun sudah berulang kali menjelaskan bahwa penjemuran sangatlah penting. Tetap ada saja yang menyepelekan cara memandikan kacer malam hari. Banyak yang menganggap bahwa penjemuran tidaklah penting untuk burung kicau.

Padahal burung kacer sangat membutuhkan penjemuran untuk mengembalikan stamina dan tenaganya. Dengan melakukan penjemuran untuk burung kacer, anda dapat melatih pernafasan burung kacer. Sehingga burung kacer akan dapat berkicau dengan durasi yang panjang dan pecah rekor di perlombaan.

Baca Juga: Cara Menaikan Emosi Kacer Giras

Pastinya anda merasa senang kan jika burung kacer peliharaan menjadi jawara. Untuk mewujudkannya memang tidak instan, butuh perawatan teratur dan konsisten. Untuk melakukan penjemuran pada burung kacer, anda harus mengenali karakter dan tipenya terlebih dahulu. Sebab setiap jenis dan tipe burung kacer memiliki metode perawatan yang berbeda.

Jadi dalam hal ini memang benar-benar tidak dapat disamakan, oleh karena itu jangan sampai salah dalam memberikan perawatannya. Burung kacer memiliki dua tipe yaitu tipe panas dan tipe dingin. Setiap tipe burung kacer mempunyai aturan dalam perawatan penjemurannya.

Selain itu sebagai pemilik anda harus memahami metode penjemuran yang tepat untuk masing-masing tipe burung kacer. Dibawah ini akan saya jelaskan metode perawatan penjemuran burung kacer tipe dingin dan tipe panas. Lalu, berapa kali kacer mandi dalam seminggu? Perhatikan ulasan di bawah ini baik-baik agar dapat dipahami.

Metode Penjemuran Kacer Tipe Dingin

Burung kacer yang mempunyai tipe dingin saat emosi membutuhkan waktu lama. Maksudnya burung kacer tidak dapat emosi dengan cepat. Sehingga metode penjemuran untuk burung kacer tipe dingin memang berdurasi agak lama daripada kacer tipe panas. Caranya sebelum melakukan penjemuran, burung kacer harus di berikan ekstra fooding jangkrik.

Cukup berikan 2 ekor jangkrik di pagi dan sore hari. Setelah diberikan 2 ekor jangkrik burung kacer tipe dingin boleh dijemur dengan durasi 1 sampai 2 jam. Saat burung kacer sudah tahap penjemuran, lihatlah reaksinya apakah sudah ada gelagat kepanasan. Durasi penjemuran dapat ditambahkan hingga burung kacer siap dijemur selama 3 jam tanpa mangap dan gelisah.

Untuk melakukan perawatan burung kacer harus dilakukan dalam kondisi fit. Agar anda dapat menerapkannya dengan mudah, saya akan memberikan rawatan standar saja. Dengan menganalisa terlebih dahulu apa saja kekurangan dan kelebihannya, maka anda akan tahu letak kesalahannya.

Perawatan standar itu seperti memandikan burung kacer 2 kali dalam seminggu setiap pagi hari. Perlu diingat bahwa sebelum dijemur harus dimandikan terlebih dahulu seperti kacer iblis. Selanjutnya berikan jangkrik dan bisa dijemur dengan durasi yang telah ditentukan tadi. Perhatikan apakah burung kacer sudah ngos-ngosan dan gelisah.

Jika burung kacer sudah terlihat grabakan jangan menunggu lama. Jika sudah terdapat tanda tersebut harus segera ditentukan. Karena sudah banyak yang mengira burung kacer panas dengan manfaat jemur kacer siang hari, namun padahal belum. Jadi, sudah mengerti kan sekarang bagaimana cara mandi malam untuk kacer giras.

Metode Penjemuran Kacer Tipe Panas

Selanjutnya perawatan penjemuran burung kacer tipe panas dengan kacer mandi setiap hari. Sama halnya seperti burung kacer tipe dingin bahwa burung kacer sebelum dijemur harus dimandikan terlebih dahulu. Memandikan burung kacer tipe panas bisa dengan keramba atau semprot. Jadi sesuaikan saja dengan kebiasaan anda mandi sore untuk kacer.

Untuk pemandiannya bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari, yang paling penting burung kacer harus dimandikan supaya birahi dan emosinya tetap stabil. Namun untuk metode penjemuran jangan dilakukan terlalu lama. Apalagi untuk burung kacer yang memiliki tipe panas, penjemuran cukup dilakukan sekitar 15 sampai 30 menit saja.

Jika burung kacer tipe panas sudah ngap-ngap dan ngos-ngosan, maka harus segera diangkat dan di angin-anginkan. Itulah batas kemampuan dari burung kacer anda dengan manfaat jemur sore untuk kacer. Waktu penjemurannya harus dilakukan pada jam 07.30 sampai pukul 08.00.

Jadi intinya saat matahari pagi sudah mulai bersinar burung kacer harus di jemur dalam kandang keramba umbaran untuk melatih stamina dan pernafasannya agar tidak bosan. Sebab burung kacer tipe panas saat bertemu dengan musuh akan langsung keluar isian. Sehingga membutuhkan tampilan fisik yang lebih rutin agar staminanya tidak kendor.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang cara menjemur burung kacer yang baik. Tentukan terlebih dahulu tipe burung kacer anda, dengan begitu anda akan lebih mudah memberikan perawatan yang terbaik. Penjemuran setiap tipe burung kacer memang berbeda, jadi tidak dapat disamakan metode penjemurannya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url