Perawatan Burung Kacer Giras Untuk Lomba, Dijamin Koncer!

PERAWATAN KACER GIRAS UNTUK LOMBA

Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba - Setelah terbebas dari pandemi covid-19, banyak kicau mania yang mengadakan event perlombaan burung kicau. Dan yang paling banyak diikuti adalah perlombaan burung kacer. Burung kacer memang memiliki kelebihan dalam berkicau yaitu suaranya yang merdu dan bervariasi menjadi daya tarik tersendiir bagi kicau mania.

Burung kacer sangat cocok dijadikan burung gacoan lomba, karena hasilnya tidak pernah mengecewakan. Namun, terkadang burung kacer juga mengalami giras mendadak. Apa yang dimaksud giras? Karakter kacer giras adalah tingkah dimana burung kacer tersebut tidak mau didekati pemiliknya atau orang lain, istilahnya seperti bersikap liar.

Burung kacer yang sudah jinak dan mendadak giras memang harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Mungkin saja hal ini dianggap sepele bagi sebagian orang dengan tidak mengetahui ciri kacer giras kurang birahi. Tetapi efek dari giras tersebut sangat berbahaya untuk perkembangannya nanti. Memberikan perawatan dan tangkringan kacer giras memang memerlukan kesabaran.

Sebab dalam hal ini kita dituntut untuk memperlakukan burung kacer dengan baik. Burung yang giras biasanya akan memberontak saat didekati pemiliknya. Padahal burung kacer akan segera mengikuti lomba. Jika tidak mau didekati pemiliknya lantas bagaimana cara memberikan perawatan agar gacor saat lomba?

Tenang, meskipun burung kacer sedang giras jangan khawatir. Setiap masalah pasti ada solusinya, jadi yang kita harus berusaha untuk mengembalikan burung kacer menjadi jinak dan normal kembali seperti semula dengan perawatan kacer tipe panas giras.

Dibawah ini ada beberapa perawatan untuk burung kacer giras untuk lomba. Perawatan kacer giras biar gacor mungkin bisa kita lakukan untuk memulihkan burung kacer menjadi semula. Jadi, simak baik-baik penjelasannya ya.

Tips Perawatan Burung Kacer Giras Untuk Lomba

Perawatan yang akan saya jelaskan kali ini khusus untuk burung kacer yang sudah familiar dan terbiasa dengan keramaian. Perlu kita ketahui bahwa burung kacer yang sedang giras biasanya sedang minim birahi atau kurang emosinya.

Sebelum memberinya perawatan, kita harus mengetahui masalah yang dialami burung kacer dari salah satu diatas kurnag emosi atau minim birahi. Sebab setiap masing-masing memiliki metode perawatan yang berbeda untuk merawat kacer giras jadi jinak.


Jadi sangat penting untuk mengetahui masalah utamanya terlebih dahulu. Dengan begitu kitab isa memberikan perawatan yang tepat dan sesuai kebutuhannya. Berikut ini perawatan burung kacer giras karena kurang birahi dan kurang emosi.

Perawatan kacer giras kurang emosi

Perawatan pertama yaitu burung kacer giras karena kurang emosi. Burung kacer yang giras karena kurang emosi biasanya disebabkan oleh tingginya birahi pada burung kacer tersebut. Untuk meningkatkan emosi burung kacer tersebut, kita harus melakukan penjemuran secara rutin pada burung kacer.

Penjemuran tersebut berfungsi untuk meningkatkan emosi burung kacer itu sendiri menjadi lebih stabil dan terkontrol. Contohnya seperti ini, apabila burung kacer kita mandikan secara rutin namun jarang dimandikan. Tetapi juga diberikan kroto hampir setiap hari, namun saat digantangkan burung kacer tidak ngotot.

Pada saat sebelum digantang burung kacer menjadi gacor enak, setelah digantangkan burung kacer langsung mbagong padahal tidak ada hambatan apapun. Jika sudah seperti itu berarti jelas burung kacer mengalami kurang emosi.

Lalu, untuk mengatasinya bagaimana? Solusi yang tepat untuk mengatasinya yaitu dengan mengurangi perawatan mandi menjadi seminggu sekali atau seminggu dua kali. Tujuan mengurangi pemandian pada burung kacer ini untuk menekan birahinya dan selanjutnya penjemuran ditingkatkan menjadi seminggu tiga kali.

Meningkatkan penjemuran dapat memaksimalkan emosi pada burung kacer tersebut. Jangan lupa berikan jangkrik 3 ekor setiap pagi dan sore dan tunda pemberian kroto. Seharian penuh burung kacer harus dikerodong full selain hari perawatan. Ketika hari H perlombaan burung kacer boleh dimandikan saat cuacanya panas.

Tetapi jika cuaca sekitar mendung dan gerimis sebaiknya jangan dimandikan dahulu. Selanjutnya berikan jangkrik yang telah dicampur dengan ulat hongkong dan lihatlah hasilnya positif apa tidak. Apabila hasilnya positif, lanjutkan perawatan tersebut.

Namun jika hasilnya negatif, dalam perawatannya tambahkan metode pengumbaran seminggu dua kali dengan durasi 2 jam saja. Jadi, seperti itulah gambaran tahapan perawatannya. Lakukan perawatan tersebut hingga menemukan perawatan yang tepat dan cocok untuk burung kacer kita.

Tetapi dari hal tersebut yang paling penting pahami dahulu respon burung kacer tersebut. Jika ada perkembangan yang positif, berarti perawatan yang kita berikan dapat membuahkan hasil.

Perawatan kacer giras kurang birahi

Selanjutnya adalah perawatan burung kacer giras karena minim birahi. Burung kacer yang minim birahi biasanya disebabkan oleh metode penjemuran yang terlalu lama. Penjemuran yang berlangsung terlalu lama akan memberikan dampak negatif untuk burung kacer kita. Salah satunya adalah membuat burung kacer semakin giras dan lincah.

Suara burung kacer pun juga menjadi lebih mengecil, rawatan seperti itu memberikan dampak negatif untuk kacer. Apalagi saat digantangkan burung kacer menjadi kurang bergariah dan hanya diam saja saat burung kacer digantangkan. Cara mengatasinya bagaimana? Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan mengurangi metode penjemuran dan meningkatkan pemandian pada burung kacer kita.

Dengan menambah pemandian birahi burung kacer akan stabil dan naik dengan normal. Usahakan jangan melakukan penjemuran terlebih dahulu. Berikanlah jangkrik 3 pagi dan 3 sore dan berikan kroto seminggu sekali pada waktu sore seteah burung kacer mandi.

Dengan adanya pemberian kroto ini diharapkan birahi burung kacer akan meningkat dan untuk hariannya sangkar tetap dikerodong longgar. Tempatkan burung kacer di ruangan yang sejuk dan nyaman. Sebelum lomba dimulai berikanlah jangkrik 1 ekor dan kroto sedikit saja. Cobalah untuk meihat hasilnya positif atau negatif.

Apabila perkembangannya kurang maksimal kita harus mengotak-atik pada pengkondisiannya dulu jangan merubah perawatannya agar tidak bingung. Jadi, seperti itu pola perawatannya jangan sampai menaikkan emosinya kembali. Lakukanlah riset setingan dengan cara menaikan birahi kacer giras hingga menemukan titik terang yang jelas dan cocok untuk kacer.

Penutup.

Demikian ulasan dan tips dari saya tentang perawatan burung kacer giras untuk lomba. Sekarang sudah paham kan bahwa penyebab burung kacer giras itu ada dua yaitu giras kurang emosi dan giras minim birahi. Baiklah, itu saja yang dapat saya jelaskan pada artikel kali ini terima kasih.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url