Rawatan Burung Kacer Tipe Dingin Agar Gacor Stabil

Rawatan Burung Kacer Tipe Dingin Agar Gacor Stabil - Sekarang ini burung kacer sangat banyak peminatnya, meskipun harganya melambung tinggi tapi banyak sekali orang yang mencarinya untuk dipelihara di rumah ataupun untuk di gantang. Hal itu dikarenakan burung kacer tersebut memiliki karakter yang menarik dan suara kicauan yang merdu serta bervariasi. Pasti kebanyakan dari sobat menginginkan burung kacer gacoan menjadi juara di gantangan bukan?

Namun sebelum itu sobat harus mengetahui terlebih dahulu jenis burung kacer sobat, apakah bertipe dingin atau panas. Jika sobat seorang pemula dalam memelihara kacer, pastinya masih bingung bagaimana cara membedakan kacer tipe panas dan tipe dingin. Maka dari itu sobat harus bisa mempelajari ciri-ciri burung kacer bertipe panas dan juga dingin agar tidak salah dalam perawatannya.

Karena setiap tipe pada kacer memiliki karakter yang berbeda-beda. Mengetahui karakter burung kacer peliharaan memang sangat penting, karena untuk menentukan proses perawatan yang akan diberikan. Baik untuk perawatan harian atau perawatan settingan untuk perlombaan. Karena sebelumnya saya sudah membahas perawatan burung kacer tipe panas, kali ini saya akan membahas perawatan burung kacer tipe dingin supaya gacor stabil.

Jika sobat merasa kesusahan dalam membedakan kedua tipe burung kacer tersebut, saya telah menyiapkannya pada artikel kali ini. Dibawah ini ada beberapa karakteristik burung kacer tipe dingin dan juga ciri-cirinya. Untuk penjelasan lebih detailnya mengenai burung kacer tipe dingin, simak ulasan berikut ini.


Karakteristik Burung Kacer Tipe Dingin

Burung kacer yang bertipe dingin biasanya memiliki karakter yang lebih tenang dalam kesehariannya atau bisa dikatakan anti over birahi. Pada kesehariannya mereka hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja atau hanya berkicau dengan santai. Karena itulah sobat harus memberikan perawatan yang cocok untuk membuat burung kacer tersebut supaya bisa agresif, gacor, dan ngotot saat bertempur di gantangan.

Ciri-ciri Burung Kacer Tipe Dingin Dilihat Secara Kasat Mata

  1. Burung kacer yang bertipe dingin ketika dijemur di paparan sinar matahari, mereka akan kuat dan tahan meskipun durasinya lama.
  2. Selain itu ketika proses penjemuran, burung juga terlihat sangat anteng tidak membuka paruhnya atau mangap. Saat proses pemandian dan di masukkan ke keramba, burung akan menolak apalagi pemandiannya dilakukan saat pagi hari.
  3. Burung kacer tipe dingin saat dilombakan ataupun latber, burung akan lama panas, mereka membutuhkan waktu sekitar 30 menit sebagai pemanasan. Maka janganlah heran jika burung baru bongkar isian padahal gantangan telah usai, hal itu diakibatkan burung telat panas.

Rawatan Burung Kacer Tipe Dingin Agar Gacor Ngotot

1. Pengembunan

Perawatan burung kacer jenis dan tipe apapun, proses pengembunan sangatlah penting untuk burung dan memberikan banyak manfaat salah satunya dapat membuat burung kacer gacor dengan cepat. Apalagi pengembunan di lakukan secara rutin di pagi hari, pasti burung akan mendapatkan udara segar yang sangat bermanfaat untuk pernafasannya.

Jadi pada saat tersebut sobat juga bisa memancing burung kacer tersebut untuk mengeluarkan suaranya yang lantang. Lakukan pengembunan secara rutin agar burung semakin rajin untuk berkicau dan segera bongkar isian.

2. Penjemuran sampai buka paruh

Selanjutnya yaitu proses penjemuran. Jika burung kacer sudah di embunkan bisa sobat berikan ekstra fooding berupa jangkrik 5 ekor atau lebih sampai burung kacer buka paruh. Namun sobat jangan terlalu mendadak memperpanjang durasi penjemuran, karena bisa membuat kacer stres.

Jika sobat ingin menambahkan durasi penjemuran bisa dilakukan secara bertahap. Untuk burung kacer yang bertipe dingin durasi penjemurannya bisa sobat lakukan selama 1 jam. Namun jika burung kacer sobat belum panas juga, durasi bisa ditambah 15 menit setiap harinya sampai burung mangap-mangap kepanasan.

3. Berikan pakan yang bernutrisi

Untuk memberikan pakan yang bernutrisi, berikanlah voer yang memiliki kadar protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Namun sobat juga harus memperhatikan produk voer tersebut apakah cocok dikonsumsi burung kacer sobat ataupun tidak.

Untuk mengetahuinya sobat bisa melihat dari kotoran burung kacer, cair atau keras. Sobat juga bisa memberikan kroto setiap 3 kali dalam seminggu, serta 2 sampai 4 ekor ulat hongkong setiap hari untuk menambah birahinya.

4. Pengumbaran

Karena memang pada dasarnya burung kacer hidup di alam bebas dan terbang kesana kemari untuk mencari makanan dan mencari pasangan. Maka untuk membuatnya tetap nyaman saat di sangkar sobat harus mengumbarnya di kandang umbaran secara rutin.

Sobat bisa mengumbar burung kacer dengan kandang yang lebih besar dengan panjang sekitar 2 meter, supaya burung tetap senang dan tidak mudah stres. Selain itu dengan mengumbarnya di kandang umbaran akan membuat pernafasan burung lebih panjang dan staminanya tetap terjaga.

5. Pengrodongan sangkar

Apakah sobat tahu mengapa burung yang dilombakan selalu di kerodong full siang dan malam? Alasannya yaitu agar buurng tetap tenang, jadi ketika nanti kerodongnya di buka burung sedang dalam kondisi onfire apalagi saat akan diturunkan di area gantangan. Oleh karena itu, sobat harus menkerodong burung kacer siang dan malam kecuali saat menjalankan perawatan.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips perawatan burung kacer tipe dingin agar bisa gacor dengan stabil. Sekian dulu artikel pada hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk sobat kacer semua. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam Kicau Nusantara!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url