Cara Burung Pleci Gacor Buka Paruh Ngerol

CARA BURUNG PLECI GACOR BUKA PARUH

Cara Burung Pleci Gacor Buka Paruh - Burung pleci dikenal sebagai burung kicau yang memiliki suara merdu dan indah. Suara kicauannya yang bervariasi dan sedikit berbeda dari burung kicau lainnya. Apabila burung pleci sudah berkicau dengan lancar, suara kicauannya sangat menenangkan. Itulah yang membuat para kicau mania sangat menyukai burung kicau yang satu ini.

Keindahannya suara kicauannya sudah tidak diragukan lagi, seringkali mengikuti berbagai event perlombaan dan selalu menang. Oleh sebab itu, banyak kicau mania yang ingin merawatnya dan memeliharanya dengan cara agar pleci gacor siang malam. Banyak juga yang menjadikannya burung gacoan diperlombaan. Namun adapula yang hanya dijadikan peliharaan rumahan.

Setiap kicau mania pasti memiliki caranya masing-masing untuk membuat burung peliharaannya menjadi gacor. Biasanya pemilik yang cerdas, akan bereksperimen menciptakan setingan atau setelannya sendiri. Untuk mendapatkan setingan yang tepat, kalian harus bisa memahami karakter burung pleci peliharaan.

Seringkali saya bahas buah yang bagus untuk pleci agar buka paruh, bahwa pengenalan atau pemahaman tentang karakter burung peliharaan sangat penting dilakukan. Selain untuk menentukan setingan yang tepat, kalian bisa mengenal dengan baik burung pleci peliharaan kalian. Dengan begitu burung pleci akan semakin mudah jinak dan dekat dengan pemiliknya.

Burung pleci yang dipelihara dari trotol hingga dewasa saja terkadang belum bisa menunjukkan kemampuannya. Padahal segala rangkaian pelatihan sudah dilakukan dengan baik dan rutin, masalah seperti ini yang sering ditakuti pemilik burung pleci. Hal tersebut tentunya tidak terjadi pada burung pelci saja, bisa juga terjadi pada burung kicau lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Pleci Ngeriwik Jadi Ngeplong

Maka dari itu kalian harus pandai mengatur strategi dan cara agar burung pleci peliharaan bisa gacor dan buka paruh dengan ramuan agar pleci bersuara keras. Disini akan saya jelaskan rahasia pleci supaya mudah gacor dan buka paruh. Simak penjelasan setingan pleci biar gacor dibawah ini agar kalian lebih paham dan mengerti.

Cara Agar Pleci Gacor Buka Paruh

1. Hentikan sejenak pemberian buah-buahan

Apabila kalian sedang memelihara burung pleci dan sering diberikan buah-buahan, maka sebaiknya hentikan terlebih dahulu. Ganti saja makanannya dengan ekstra fooding ulat kandang dengan porsi satu mangkok kecil saja. Memang benar, buah-buahan memberikan manfaat banyak dan pastinya termasuk ekstra fooding juga.

Tetapi burung pleci juga perlu ekstra fooding dari serangga agar birahinya menjadi stabil. Apabila birahinya stabil dan terkontrol dengan baik, maka burung akan gacor dan buka paruh dengan cepat. Perlu diingat juga, yang diberikan bukan ulat hongkong atau bambu ya tetapi ulat kandang.

2. Rutin melakukan pengembunan di pagi hari

Seperti yang saya bahas diartikel sebelumnya, bahwa pengembunan harus ada disetiap rangkaian perawatan burung kicau termasuk burung pleci. Pengembunan ini harus dilakukan setiap pagi setelah shubuh atau sebelum matahari terbit, usahakan pengembunan dilakukan pada tempat yang terbuka.

Waktu pengembunan yang biasanya dilakukan para pleci mania yaitu jam 5 shubuh hingga 7 pagi. Tujuan pengembunan ini untuk menyehatkan burung pleci dan merangsang burung pleci agar cepat buka paruh. Karena pengembunan dapat meningkatkan stamina dan membuat burung lebih bugar serta sehat.

3. Metode pemandian pleci

Metode pemandian ini sudah masuk dalam rangkaian perawatan burung kicau sehari-hari. Jadi, tidak boleh dilewatkan begitu saja. Burung pleci memang harus dimandikan untuk membuatnya semakin fresh dan segar. Sehingga bisa semangat lagu melakukan aktivitas lainnya. Pemandian pleci biasanya dibagi menjadi dua metode yaitu metode semprot dan mandi keramba.

Pemandian dalam keramba juga sering dilakukan kicau mania untuk memandikan burung pleci hingga mereka merasa puas. Namun, adapula yang memandikannya dengan metode semprot. Cara ini biasanya dilakukan pada burung pleci dalam sangkar dan penyemprotan sebaiknya dilakukan secara perlahan agar burung tidak kesakitan, cukup semprot burung pleci hingga basah kuyup.

Selain itu untuk menghindari adanya kuman pada bulu pleci, kalian bisa memberikan shampoo jati jajar agar membunuh kuman pada bulu burung pleci. Memandikan burung pleci sangat berpengaruh pada kinerja dan perfomanya di lapangan.

4. Melakukan metode penjemuran

Setelah pemandian perawatan tidak berhenti, kalian bisa menjemurnya dari mulai jam 7 pagi hingga jam 9 siang. Pada saat menjemur burung pleci, semua minuman dalam wadah harus dikosongkan. Penjemuran jangan melebihi jam 9 siang, karena matahari sangat panas dan menyengat. Mengapa menghentikan minuman dan makanan? Hal ini bertujuan untuk mengatur nafas burung pleci.

5. Memberikan multivitamin

Jika penjemuran telah selesai, saatnya burung pleci diberikan minuman yang dicampurkan susu kental manis serta vitamin. Vitamin yang sering digunakan kicau mania yaitu merek vitamin Ebod vit. Dan untuk takarannya yaitu perbandingan 5 tetes ebod vit : 50 ml air putih.

Jangan lupa setelah dipenjemuran, burung pleci diangin-anginkan sambil diberi ekstra fooding seperti jangkrik dan kroto. Setelah itu, bisa juga kalian lakukan pemasteran saat jam istirahat siang yaitu pada pukul 10 siang hingga 3 sore.

Kesimpulan

Jadi dari kesimpulan diatas dapat saya jelaskan bahwa perawatan pada burung pleci harus disesuaikan dengan karakternya. Apalagi dalam pemberian ekstra fooding, jangan sampai memberikan hanya satu menu saja. Karena setiap jenis ekstra fooding mempunyai manfaat dan kelebihannya masing-masing, oleh sebab itu berikanlah ekstra fooding secara bergantian agar bisa mendapatkan berbagai manfaat.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama