Pengikut

Cara Membuat Burung Pleci Ngeriwik Jadi Ngeplong

CARA MEMBUAT PLECI NGERIWIK JADI NGEPLONG

Cara Membuat Pleci Ngeriwik Jadi Ngeplong - Sebagai pemilik burung kicau pasti menginginkan burung peliharaannya menjadi gacor dan ngeplong. Namun semua itu tidak bisa terjadi secara instan, memang membutuhkan perawatan yang ekstra dan kesabaran penuh. Burung pleci juga sama seperti burung kicau lainnya, memiliki suara kicauan yang merdu dan juga bervariasi.

Apabila burung pleci sudah sangat gacor, pasti suaranya sangat indah sekali. Jika kalian pernah mendengarnya pasti merasa senang dan tenang. Rasanya seperti berada ditempat yang sejuk dan pemandangan hijau. Banyak sekali para kicau mania pemula yang ingin merawat burung kicau tersebut, ada juga yang ingin menjadikannya gacoan di perlombaan.

Selain itu ada juga yang menjadikannya sebagai burung peliharaan dirumah saja. Sebelum merawat burung kicau yaitu pleci, sebaiknya kalian mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu seperti sangkar, dan juga lain-lainnya serta mengetahui cara membuat burung pleci gacor keras.

Merawat burung pleci dengan cara membuat pleci ngotot tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun sudah dirawat sejak kecil hingga dewasa, terkadang burung pleci tidak bisa menunjukkan kemampuannya dalam berkicau. Bukannya berkicau dengan merdu dan ngeplong, kebanyakan justru ngriwik dan tidak mau berkicau.

Banyak sekali masalah yang dihadapi burung oleh kicau mania pleci, apalagi kicau mania yang masih pemula. Pastinya bingung bagaimana cara membuatnya menjadi ngeplong dan keluar isian. Padahal jika kalian mengetahui tanda tanda pleci mau buka paruh, cara membuat pleci konslet sangat mudah sekali.

Baca Juga: Buah yang Bagus Untuk Pleci Agar Buka Paruh

Kalian harus benar-benar mengetahui pola perawatan dan pemberian makanannya, jadi semua itu tidak boleh asal-asalan ya. Jika kalian melakukannya dengan asal-asalan, bisa saja ngeplong tapi membutuhkan waktu yang lama. Bedalagi jika melakukan perawatan dengan benar, pasti burung plecinya bisa ngeplong dan juga ngeroll ya.

Cara Perawatan Pleci Agar Buka Paruh

Untuk melakukan perawatan agar pleci rajin bunyi, kali ini saya akan membagikan tips perawatan harian di pagi hari. Perawatan di pagi hari biasanya diawali dengan pengembunan yang dilakukan dialam terbuka dan biasanya pengembunan ini baiknya dilakukan sebelum matahari terbit atau setelah shubuh.

Pengembunan ini harus dilakukan karena sifatnya wajib, jadi jangan sampai terlewatkan. Untuk itu, kalian harus menyediakan alarm supaya tidak terlambat. Alarm ini agar kalian tidak bangun kesiangan. Apakah pengembunan dilakukan setiap hari? Tentu saja iya, pengembunan sebaiknya dilakukan setiap hari karena dapat membuat burung pleci menjadi lebih fresh dan bugar.

Dengan pengembunan, burung pleci akan jadi lebih aktif untuk mengeluarkan bunyinya. Serta dapat menstabilkan birahi burung pleci juga. Jadi, sudah tahu kan bahwa pengembunan itu penting. Setelah pengembunan beres, bisa anda lanjut ke proses pemandian burung pleci. Pemandian ini bisa dibarengi dengan membersihkan sangkarnya agar kebersihan selalu terjaga.

Memandikan burung pleci bisa menggunakan dua metode yaitu keramba atau semprot. Metode semprot ini bisa anda lakukan dengan menyemprotkannya pelan-pelan hingga burung basah kuyup. Menjaga kebersihan sangkar memang wajib dilakukan, oleh sebab itu kalian harus melakukannya secara rutin.

Kebersihan sangkar juga berpengaruh pada mental burung pleci, sangkar yang terlalu kotor membuat pleci tidak nyaman dan bisa stres. Jadi jangan malas menjaga kebersihan sangkar ya. Apabila burung pleci sudah dimandikan dan sangkar sudah dicuci dengan bersih, saatnya burung pleci dijemur.

Saat menjemur burung pleci, semua minuman yang ada dalam cepuk sangkar harus dikosongkan. Biarkan burung pleci fokus penjemuran terlebih dahulu. Jika kalian ingin burung pleci peliharaan cepat ngeplong, maka jemurlah bersama dengan burung pleci lainnya. Sebisa mungkin kalian harus memelihara burung pleci lebih dari satu ekor.

Karena itu bisa membantu satu sama lain agar pleci bustomi ngeriwik bisa cepat ngeplong. Setelah rangkaian perawatan diatas, kalian juga bisa memberikan ramuan racikan yang biasanya untuk minuman tambahan burung pleci.

Ramuan yang biasanya digunakan oleh kicau mania yaitu ramuan dari bawang putih, larutan penyegar dan juga multimineral yang semua itu sudah saya bahas resepnya diartikel sebelumnya. Dengan memberikan tambahan minuman, dijamin burung pleci akan semakin gacor dan lantang saat berkicau nantinya.

Jangan lupa untuk memberikan ekstra fooding seperti jangkrik, kroto, dan ulat. Banyak juga manfaat yang didapatkan dari ekstra fooding serangga. Selain itu kalian juga bisa memberikan vitamin dan setingan pleci biar gacor dan ngerol.

Akhir Kata

Jadi itulah pembahasan mengenai cara membuat pleci ngriwik jadi ngeplong. Setiap perawatan burung kicau pasti sama semua, namun kalian harus benar-benar memahami setiap perawatan yang dilakukan agar tidak asal-asalan. Pentingnya mencari informasi untuk menambah wawasan kalian dalam merawat burung kicau, khususnya bagi pemula.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga