Cara Mengatasi Burung Kacer Miyik dan Mbagong

CARA MENGATASI KACER MIYIK DAN MBAGONG

Cara Mengatasi Kacer Miyik dan Mbagong - Burung kacer dikenal memiliki sifat petarung yang hebat. Naluri fighternya memang sudah ada sejak masih trotolan. Apalagi yang berjenis kelamin jantan, pasti memiliki jiwa fighter yang sangat ganas dan lincah. Mengapa burung kacer dikenal sebagai burung fighter yang handal?

Sebab burung kacer tersebut bergaya sangat energik  saat bertarung dengan lawan. Jiwa fighter kacer akan mudah terpancing jika mendengar suara burung kicau sejenis. Merawat burung kacer memang tidak berjalan mulus, pasti ada saja masalah dan kendala yang harus dihadapi pemiliknya. Hal ini memang sering terjadi pada semua jenis burung kicau.

Namun banyak juga para kicau mania yangt mengeluhkan kendala-kendala tersebut seperti kacer miyik dan mbagong. Ketika di alam bebas, burung kacer mempunyai sifat yang agresif dan tidak mempunyai toleransi terhadap adanya burung kacer sejenis. Meski dikenal garang dan fighter, burung kacer juga sering bersikap manja.

Baca Juga: Cara Merawat Kacer Tanpa Doping

Kebanyakan burung kacer yang sudah dipelihara dalam kandang akan berubah menjadi jinak, kolokan dan manja. Namun, bukan berarti bisa terjadi secara mendadak. Penyebab burung kacer miyik kebanyakan terjadi karena kesalahan dalam perawatan. Sehingga burung kacer menjadi kehilangan sifat fighternya, sebagai burung yang agresif.

Biasanya burung kacer yang miyik dipelihara secara trotolan. Burung kacer tersebut pasti sering dimanja atau digoda, sehingga menjadi miyik. Namun tidak hanya miyik saja, burung kaer juga kerap kali mbagong atau nyiblek dan memiliki kelebihan kacer mbagong.

Maksud dari nyiblek adalah burung kacer tidak bisa buka ekor. Oleh karena itulah hal tersebut harus segera diatasi dan cara perawatan kacer anti mbagong akan saya jelaskan dibawah ini, berikut penyebab kacer mbagong.

Cara Mengatasi Burung Kacer Miyik Dengan Benar

1. Ubah perawatan sehari-hari

Jika anda ingin mengembalikan sifat fighter dalam diri burung kacer, ubalah perilaku anda terhadapnya. Karena penyebab burung kacer menjadi miyik adalah kesalahan anda sendiri yang sering menggoda atau dimanja.

Burung kacer cukup diberikan perawatan seperti biasanya, jangan terlalu dimanja atau di goda saat memberikan pakan terutama. Berikanlah perawatan sewajarnya seperti mandi keramba, penjemuran dan pemberian ekstra fooding  jangan langsung melalui tangan. Taruh saja ekstra fooding ke cepuk pakan burung kacer.

2. Perbaiki gizi

Untuk memperbaiki gizi burung kacer, cobalah memberinya jangkrik sekenyang-kenyangnya burung kacer anda. Pemberian jangkrik setiap hari mampu memperbaiki kandungan gizi yang dibutuhkan burung kacer. Selain itu, dengan memberikan jangkrik juga dapat memulihkan stamina burung kacer yang sudah lama mengalami kekurangan gizi.

3. Meningkatkan emosi kacer

Meningkatkan emosi burung kacer memang sangat mudah, cukup lakukan penjemuran secara rutin dengan durasi yang sesuai hingga burung kacer mangap dan gelisah. Setelah melakukan penjemuran di bawah sinar matahari, anda bisa melanjutnya dengan jemur sauna. Dengan metode burung kering, kerodong kering. Hal ini mampu mendongkrak emosinya dan membuat nafasnya lebih panjang.

4. Mengembalikan sifat liar kacer

Jika ingin burung kacer kembali agresif, sebaiknya buatlah kacer menjadi semi giras. Karena jika burung kacer terlalu jinak akan rawan sekali mbagong. Untuk membuat burung kacer yang jinak menjadi giras caranya sangat mudah sekali.

Cukup lakukan pengumbaran seminggu 2-3 kali, supaya naluri liarnya dapat kembali lagi dan kacer mbagong jalan. Selain untuk menjadikan kacer lebih giras, pengumbaran dapat melatih stamina kacer agar lebih kuat dan nafasnya lebih panjang.

5. Gantang kacer ditempat sepi

Tempatkan burung kacer di lokasi yang lumayan sepi. Cara ini seperti mengasingkan burung kacer, karena untuk membatasi interaksi kacer dengan burung lain atau manusia. Lingkungan sekitar berpotensi menyebabkan burung kacer jadi manja. Setiap hari burung kacer harus dikerodong secara full. Supaya burung kacer dapat beristirahat secara total dan emosinya menjadi lebih stabil.

Cara Ampuh Atasi Kacer Mbagong

1. Memberikan pakan ekstra

Apakah kacer mbagong bisa disembuhkan? Bisa, yaitu dengan memberikan pakan tambahan. Burung kacer ternyata juga mempunyai makanan kesukaan seperti serangga. Serangga memang sering dipilih untuk dijadikan pakan tambahan. Pakan serangga yang selalu disukai burung kacer yaitu jangkrik.

Pemberiannya harus diatur dengan pola teratur dan secara rutin. Hal tersebut dapat membantu burung kacer lebih ngriwik dan ngeplong. Berikanlah jangkrik di wadah pakan secara penuh. Apabila tidak habis, porsinya bisa dikurangi.

2. Rutin memandikan kacer

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi burung kacer nyiblek atau mbagong yaitu dengan memandikannya. Anda bisa memandikan burung kacer secara rutin dan teratur untuk menjaga stamina dan membuatnya semakin fresh. Mandikanlah burung kacer kurang lebih seminggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menekan birahi dan menjaga emosi burung kacer menjadi lebih stabil.

3. Lakukan penjemuran yang lama

Jika burung kacer anda sedang nyiblek atau mbagong, langkah yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya yaitu dengan penjemuran. Burung kacer yang selalu mondar-mandir dan tidak membuka ekor akan cepat teratasi.

Penjemuran dibawah sinar matahari dipercaya dapat memperkuat ketahanan tubuh burung kacer. Jemurlah burung kacer pada jam 7 sampai 10 siang. Jemurlah burung kacer secara rutin kurang lebih 2 sampai 3 jam setiap harinya, serta jangan lupa untuk memberikan vitamin agar tidak terjadi kacer mbagong di awal.

4. Mengatur porsi kroto

Sebenarnya burung kacer dapat memperoleh sumber protein dari kroto. Namun, jika diberikan secara berlebihan burung kacer dapat mengalami over birahi. Jika sampai terjadi burung kacer akan kesulitan membuka ekornya. Burung kacer jadi tidak emosi dan hanya turun tangkringan saja.

5. Rutin melakukan pengumbaran

Melakukan metode pengumbaran sambil diberikan burung untulan juga sangat tepat. Berikanlah burung kecil untuk memancing keganasan burung kacer anda. Bisa juga anda berikan cicak, katak keci, kadal kecil untuk diburu kacer.

Burung kacer memang sudah sering nyiblek, tapi jika keterusan maka metode perawatannya wajib dirubah. Pola pemberian pakan dan setingan juga dapat mempengaruhinya. Oleh sebab itu segera atasi permasalahan burung kacer anda.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini tentang cara mengatasi kacer miyik dan mbagong. Kasus burung kacer miyik dan mbagong memang kerap terjadi di kalangan kicau mania. Banyak yang tidak menyadari bahwa semua itu terjadi akibat kesalahan pemiliknya, jadi memang harus berhati-hati lagi untuk memberikan perawatan burung kacer.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url