Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji Dengan Tepat

CARA MENGATASI KACER NGERUJI

Cara Mengatasi Kacer Ngeruji - Halo sobat kicau! Kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi kacer ngeruji. Burung kacer memang tidak dapat ditebak, sikapnya gampang sekali berubah-ubah tidak menentu. Hal inilah yang sering dikeluhkan pemiliknya. Salah satu sikap burung kacer yang paling dibenci pemiliknya yaitu saat ngeruji.

Sikap ngeruji yang dialami burung kacer sangatlah buruk, mereka dapat melakukan hal yang dapat merusak penampilannya. Ngeruji adalah suatu istilah atau penyebutan untuk burung kicau yang memiliki perilaku seperti menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar.

Tidak hanya terjadi pada burung kacer saja, bahkan burung kicau lainnya seperti lovebird, kenari, dan serindit juga sering mengalami ngeruji. Masalah seperti ini memang sangat mengkhawatirkan pemiliknya, hal ini dikarenakan jika terjadi pada burung kacer lomba tampilannya di lapangan kurang maksimal.

Burung kacer merupakan salah satu burung kicau yang masih menjadi favorit kicau mania seluruh indonesia. Selain mempunyai suara yang nyaring dan bervariasi, burung kacer juga mampu menampilkan gaya yang elegan terutama saat bergaya ngobra. Meskipun memiliki deretan kelebihan dan keistimewaan pada burung kacer, terkadang ada juga masalah yang menghampirinya.

Seperti sifat ngeruji tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan ngeruji pada burung kacer. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena over birahi. Hal ini terjadi akibat terlalu berlebihan mengonsumsi pakan yang terlalu tinggi protein.

Baca Juga: Tangkringan Kacer yang Benar Agar Nagen

Atau mungkin ada hal lain yang diterapkan pada perawatan lainnya. Jika kacer anda sedang mengalami ngeruji, segera untuk ditangani. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa tips untuk mengatasi ngeruji.

Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeruji Dengan Baik dan Benar

1. Mengurangi pakan tambahan

Jangan terlalu berlebihan ketika memberikan pakan tambahan untuk burung kacer anda. Apalagi pakan yang memiliki kandungan protein tinggi contohnya seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Hal ini dapat menyebabkan birahi dan emosi burung kacer menjadi tidak stabil.

Selain itu sifat agresifnya juga bisa meningkat yang dapat memicu perilaku ngeruji. Untuk mencegah ngeruji agar tidak terulang kembali, maka berikanlah ekstra fooding sesuai batasan porsinya. Supaya birahi dan emosi kacer tetap stabil.

2. Memberikan pakan alternatif

Memberikan pakan tambahan alternatif dapat membantu burung kacer untuk pulih dengan cepat dari ngeruji. Pakan alternatifnya bisa berupa buah-buahan seperti pisang, pepaya, jeruk dan sebagainya. Sayuran juga boleh diberikan untuk burung kacer.

Tujuan pemberian pakan tambahan tersebut berguna untuk burung kacer agar bosan dengan makanan utamanya. Jadi pemberian pakan tambahan ini bisa dijadikan referensi untuk makanan selingan burung kacer anda.

3. Sering mandikan burung kacer

Untuk menurunkan birahi atau emosi burung kacer menjadi lebih stabil yaitu dengan melakukan pemandian secara rutin. Dengan mandi dapat dipercaya menurunkan birahi burung kacer dengan cepat dan pastinya aman.

Burung kacer yang selalu ngeruji, bisa anda mandikan setiap pagi hari dan rutin. Bahkan jika diperlukan anda boleh saja memandikan burung kacer saat malam hari. Terapi mandi malam berguna untuk membangkitkan stamina burung kacer dan membuat emosinya tetap stabil.

4. Mengurangi penjemuran burung kacer

Saat burung kacer sedang mengalami over birahi dan tingkat emosi yang sudah tidak stabil, sebaiknya burung kacer harus mengurangi tingkat penjemurannya. Penjemuran yang terlalu lama dapat menyebabkan birahi naik. Bahkan jika boleh, penjemuran pada saat ngeruji sebaiknya jangan dilakukan.

Tapi jika masih ingin melakukan penjemurannya, baiknya dilakukan saat pagi-pagi saja. Ketika matahari baru mulai terbit, lakukan sekitar 20 sampai 30 menitan saja setiap harinya. Selain itu, jangan menggantang sangkar terlalu dekat dengan burung kicauan peliharaan dirumah.

5. Memasang tali ties

Siapa yang tidak tahu tali ties? Semua orang pasti tahu tali tersebut yang biasanya digunakan untuk mengikat kabel supaya lebih rapi. Namun ternyata tali ties juga dapat digunakan untuk burung kacer yang sedang mengalami ngeruji. Cara penggunaannya juga sangat mudah, cukup membutuhkan beberapa buah tali ties dan diikatkan pada bagian depan.

Selanjutnya jangan lupa pada bagian belakang jeruji sangkarnya, tali tersebut diikatkan pada masing-masing jeruji sangkar dengan posisi ujung tali ties mengarah ke tenggeran. Dengan cara tersebut burung kacer akan kapok dan melupakan tingkah nakalnya. Bahkan cara tersebut juga dapat membuat burung kacer menjadi lebih nagen di tenggerannya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan cara mengatasi kacer ngeruji. Sekarang sudah mengerti kan apa yang dimaksud ngeruji pada burung kacer dan bagaimnaa cara mengatasinya. Jika sudah mengetahui caranya, tunggu apalagi segeralah berikan penanganan agar burung kacer dapat kembali normal dan berkicau seperti biasanya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url