Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Akibat Pindah Sangkar

CARA MENGATASI KACER STRES AKIBAT PINDAH SANGKAR

Cara Mengatasi Kacer Stres Akibat Pindah Sangkar - Burung kacer memang mudah sekali mengalami stres. Karena itulah banyak pemilik yang selalu berhati-hati dalam memberikanj perawatan untuk burung kacer. Burung kacer dikenal memiliki suara kicauan yang indah dan merdu. Selain itu burung kacer juga mampu menirukan suara kicauan burung lainnya, sehingga suara kicauannya menjadi lebih bervariasi dan tidak monoton.

Hal itulah yang disukai para kicau mania untuk melakukan terapi kacer stres. Bahkan burung kacer mampu menirukan suara kicauan burung lain dengan irama dan cengkok khasnya. Merawat burung kacer memang tidak selalu berjalan dengan mulus. Banyak kendala yang harus dihadapi para pemilik ketika memberikan perawatan, namun semua itu bukanlah hal yang perlu ditakuti.

Meskipun banyak kendala atau masalah yang harus dihadapi, sebagai kicau mania yang sejati sebaiknya tetap melakukan perawatan dan latihan untuk kacer dengan semangat. Tidak hanya merawat burung kacer, tapi perawatan burung kicau lainnya juga dapat mengalami kendala seperti mengatasi kacer stres macet bunyi.

Jadi tidak perlu takut lagi untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk burung kacer. Apalagi mengatasi burung kacer yang sedang stres. Karena memang ada beberapa jenis unggas yang mudah sekali stres, dan hal tersebut terjadi oleh penyebab tertentu. Banyak sekali faktor yang menyebabkan burung kacer stres.

Salah satunya adalah karena pindah sangkar. Terkadang pemilik tidak menyadari hal itu, mereka merasa sangkar burung kacer sudah lama dan terlihat kusam. Atau bisa jadi sudah rusak karena ciri ciri kacer stres, oleh sebab itu pemilik berinisiatif untuk mengganti sangkar tersebut dengan yang baru.

Namun ada juga pemilik yang mengganti sangkar karena menyukai model lain. Sebenarnya tidak masalah mengganti sangkar burung kacer. Tapi, jika tidak dilakukan dengan cara yang benar proses pemindahan kacer ke sangkar yang baru dapat membuatnya menjadi stres dan macet bunyi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kacer Stres dan Giras

Karena proses pergantian sangkar juga akan mengubah suasana, apalagi jika tidak dilakukan dengan benar maka kacer menjadi tidak aktif lagi untuk bunyi. Untuk cara mengatasi burung kacer stres akibat jatuh sangat mudah sekali yaitu simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Mengganti Sangkar Kacer Agar Tidak Stres

1. Lakukan dengan sabar dan tidak terburu-buru

Memindahkan burung kacer dari sangkar yang lama ke sangkar baru memang membutuhkan kesabaran. Anda tidak perlu melakukannya dengan terburu-buru, karena hal ini akan menyebabkan burung kacer akan ketakutan dan menjadi stres.

Apalagi sambil melakukan sodokan dengan tongkat atau batang lidi. Hindari juga memindah burung dengan menangkapnya. Jika burung kacer ditangkap, mereka akan merasa ketakutan. Sehingga dapat beresiko merusak bulu dan melukai paruh serta kakinya.

Cara tersebut juga dapat menyebabkan burung kacer rentan stres dan dapat membuatnya mogok bunyi hingga berhari-hari. Namun jika terpaksa harus memegang saat memindahkannya, sebaiknya kacer disemprot hingga basah kuyup. Setelah itu baru kacer ditangkap dan dipindahkan, akan lebih baik lagi dilakukan saat malam ketika penglihatannya sedikit berkurang.

2. Pilih sangkar yang tidak berbau

Ketika anda berencana untuk memindahkan kacer di sangkar yang baru, sebaiknya jangan memilih sangkar yang berbau atau beraroma. Karena aroma sangkar yang menyengat didapatkan dari zat kimia pada cat yang digunakan.

Jika burung kacer dipaksa dalam sangkar yang beraroma menyengat, maka burung kacer dapat menjadi sakit dan stres. Namun ada cara untuk menghilangkan aromanya, yaitu dengan menggunakan air bersih. Basahi sangkar burung kacer hingga basah kuyup, kemudian di jemur sampai kering dan bau cat sedikit berkurang.

3. Memindahkan burung dari pintu ke pintu sangkar

Saat akan memindahkan burung kacer ke sangkar yang baru, bisa anda menggunakan pintu kedua sangkar dengan posisi saling berhadapan satu sama lain. Bukalah sangkar yang lama secara perlahan, kemudian lempar atau dorong burung kacer masuk dalam sangkar yang baru tersebut.

Cara mengatasi kacer stres dan giras ini memang dijamin sangat efektif, tanpa melakukan penyentuhan atau penyemprotan pada burung kacer. Selain itu vitamin kacer stres, kacer juga tidak akan merasa bahwa sudah pindah sangkar.

4. Mengkerodong burung saat memindahnya

Untuk menghindari terjadinya stres pada burung kacer, pemindahan bisa anda lakukan dengan menggunakan kain kerodong. Anda bisa menutupi sangkar barunya menggunakan kain kerodong dan bagian depannya biarkan tetap terbuka.

Pindahkan burung kacer melalui kedua pintu yang sudah terbuka lebar. Jika burung kacer sudah masuk ke sangkar baru, kain kerodong hárus ditutup. Kemudian burung digantang di lokasi yang tenang, hal ini bertujuan agar kacer dapat beradaptasi dengan sangkarnya yang baru.

5. Menggunakan tangkringan dan wadah cepuk pakan yang lama

Agar burung kacer tidak menjadi stres setelah proses pemindahan, maka gunakanlah tangkringan atau wadah cepuk pakan di sangkar yang lama. Setelah burung sudah menempati sangkarnya selama beberapa hari, barulah tangkringan dan cepuk pakan diganti dengan yang baru. Jika memang anda menginginkannya, tetapi jika masih layak pakai dalam jangka yang lama sebaiknya tidak perlu diganti.

Akhir Kata

Jadi itulah pembahasan mengenai cara mengatasi kacer stres akibat pindah sangkar. Beberapa penjelasan diatas mungkin bisa anda terapkan agar burung kacer tidak stres saat pindah sangkar. Dengan begitu anda tidak perlu cemas lagi saat mengganti sangkar burung kacer dengan yang baru dengan cara mengatasi kacer stres akibat sangkar jatuh.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url