Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Nembak

CARA MERAWAT PLECI AGAR CEPAT NEMBAK

Cara Merawat Pleci Agar Cepat Nembak - Memberikan perawatan pada burung pleci memang sama dengan perawatan burung kicau lainnya. Untuk menciptakan burung pleci yang gacor dan lantang, memang membutuhkan waktu dan harus konsisten dalam perawatannya. Memberikan perawatan terbaik dapat berdampak baik pula pada burung pleci.

Burung pleci jika sudah gacor dan buka paruh, suaranya juga sangat merdu. Oleh sebab itu, pemilik sangat senang apabila burung pleci peliharaanya bisa buka paruh dan cepat nembak. Burung pleci yang hanya gacor dirumah memang sudah biasa, tetapi untuk membuat burung pleci gacor di perlombaan memang membutuhkan perawatan khusus dan rutin.

Apalagi untuk mengeluarkan suara isiannya, pasti membutuhkan waktu untuk latihan. Untuk menciptakan burung pleci seperti diatas, kalian harus memberikan pelatihan dan juga perawatan tambahan. Jadi tidak hanya sekedar perawatan harian seperti pemandian, makan dan menjermu saja. Pemberian perawatan lainnya juga harus diterapkan agar burung pleci bisa buka paruh dengan maksimal.

Berbagai perawatan harus dilakukan secara rutin dan totalitas dengan cara agar pleci gacor siang malam. Mungkin bagi kalian yang saat ini sedang sibuk bekerja, sepertinya akan cukup sulit untuk melakukan perawatan tambahan. Karena burung pleci lomba harus melakukan pelatihan setiap harinya, pelatihannya harus dilakukan secara full selama seminggu.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Buka Paruh

Selain itu kegiatanya full dari pagi hingga malam hari, maka dari itu dibutuhkan orang yang mau melatih dengan konsisten dan merawatnya hingga gacor saat lomba. Dibawah ini akan saya jelaskan, bagaimana cara perawatan pleci agar bisa cepat nembak atau mengeluarkan isiannya di perlombaan. Jadi, simak terus penjelasannya hingga selesai ya.

Cara Merawat Pleci Agar Mengeluarkan Isiannya

1. Lakukan pemasteran

Supaya burung pleci bisa mengeluarkan isian layaknya suara kicauan burung lain, maka harus diperluka perawatan pemasteran untuk burung pleci. Pemasteran itu apa sih? Metode pemasteran atau memasteri burung kicau dengan berbagai suara kicauan dari jenis burung kicau lainnya.

Cara membuat pleci buka paruh dalam waktu singkat disertai pemasteran seperti ini harus dilakukan sesering mungkin dan rutin, agar isian cepat masuk dan selalu diingat burung pleci. Suara pemasteran yang digunakan juga harus berbeda-beda agar suaranya dapat bervariasi dan tidak monoton.

Pelatihan pemasteran biasanya dilakukan 3 kali dalam sehari yaitu pagi, siang dan sore hari. Namun, alangkah baiknya jika dilakukan pada saat siang dan malam hari saja karena pada saat itu burung pleci sedang beristirahat. Jadi bisa lebih fokus dan berkonsentrasi, jangan lupa dikerodong dulu ya.

2. Menggantung pleci ditempat tinggi

Dengan menggantung burung pleci ditempat yang tinggi, ternyata banyak manfaatnya. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah dapat mengeluarkan isiannya. Selain itu burung pleci bisa ngalas dan juga ngeplong. Burung pleci juga akan mempunyai mental yang baik saat dirumah ataupun saat diperlombaan.

Menggantungnya di ketinggian dengan cara merawat pleci 2 ekor, burung pleci akan menikmati keindahan alam disekitarnya sehingga bisa menghilangkan stress. Gantunglah burung pleci diketinggian 8 meter dan yang paling rendah 5 meter.

Jika kalian tidak memiliki gantungan, bisa juga mengandalkan kerekan milik perkutut. Namun dengan cara perawatan pleci agar buka paruh, jika disekitar rumah kalian tidak ada yang memelihara perkutut bisa juga kalian gantung di lantai dua atau tiga rumah kalian.

3. Melatihnya di kandang umbaran

Burung pleci yang memiliki stamina baik dan bagus akan mengeluarkan suara isiannya. Melatihnya dikandang umbaran dan memberikan ramuan agar pleci bersuara keras dapat mengatur nafas burung pleci agar bisa berkicau lebih keras dan juga lantang serta durasinya panjang.

Pelatihan umbaran baiknya dilakukan pada pagi hari yaitu pukul 08.00 hingga 09.00 wib. Usahakan jangan melebihi waktu tersebut, karena selebihnya matahari sudah sangat panas. Jangan lupa juga saat pengumbaran putar lagu isian burung pleci ya dan setelah diumbar berikan minuman harian pleci biar cepat buka paruh.

4. Mengistirahatkan burung pleci

Pelatihan dan perawatan memang sangat diperlukan, namun jangan sampai lupa istirahat. Burung pleci juga harus istirahat karena seharian sudah melakukan banyak rangkaian pelatihan dan juga pemasteran. Mengistirahatkan burung pleci biasanya dilakukan pada malam hari. Pada saat istirahat, burung pleci harus dikerodong full pada sangkarnya supaya bisa beristirahat dengan maksimal.

Dengan dikerodong dan diberikan perawatan pleci rumahan, burung pleci juga tidak akan merasa kedinginan karena saat istirahat pelci harus diistirahatkan dengan total. Jika sembari dimaster, sebaiknya gunakan volume pelan agar bisa mengalun-alun.

5. Mengajak burung pleci jalan-jalan

Untuk menyenangkan burung pleci, kalian bisa mengajaknya berjalan-jalan sebagai bentuk refreshing otak dan juga penyegaran lingkungan. Tempat jalan-jalan yang kalian pilih harusnya berkualitas yang dapat mengedukasi burung pleci juga. Contohnya seperti pasar burung, persawahan yang hijau, rumah teman yang memiliki koloni pleci, tempat gantangan pleci dan kios burung.

Memang tujuannya untuk resfreshing, tapi sekaligus melatih mental burung pleci saat bertemu dengan lawannya sejenis atau beda jenis burung kicau. Dengan begitu, mentalnya akan lebih tertata dan bisa berani melawan pleci lainnya saat dilapangan.

Akhir Kata

Jadi itulah beberapa cara perawatan pleci agar cepat nembak isian. Memang diperlukan waktu yang lama serta perawatan yang panjang dan rutin agar bisa menciptakan pleci yang buka isian dengan berbagai suara isiannya. Latihan ini tidak hanya untuk beberapa hari, tapi bisa memakan waktu selama berbulan-bulan.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama