Berapa Lama Burung Pleci Hidup? Simak Ulasannya

Berapa Lama Pleci Hidup

Berapa Lama Pleci Hidup - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pertanyaan tentang berapa lama pleci hidup? Simak ulasannya.  Untuk mengetahui berapa lama burung pleci hidup, sebaiknya kalian semua harus mengetahui umur burung pleci terlebih dahulu. Burung pleci memang sangat populer untuk saat ini, apalagi sudah banyak penggemarnya yang bernama pleman artinya pleci mania.

Karena burung ini dapat berkicau dengan indah dan merdu, maka burung pleci sangat cocok dijadikan burung gacoan di perlombaan nanti. Selain itu, harga jualnya dipasaran juga terbilang cukup terjangkau. Burung pleci merupakan salah satu spesies unggas yang paling terkenal. Tentunya kalian sendiri sudah tidak merasa asing dengan burung tersebut.

Burung pleci atau bisa disebut dengan burung kacamata dengan tanda pleci mau buka paruh, sekarang ini masing menjadi incaran para kicau mania untuk menambah deretan gacoan diperlombaan. Apalagi harganya masih murah, jadi masih menjadi buruan orang.

Mengapa saya sering menyapa kicau mania, jadi kicau mania itu sebutan untuk orang yang menyukai dunia kicau atau bisa dikenal sebagai pecinta burung ini sebagai informasi saja ya. Para kicau mania ini biasanya menyukai burung kicau karena sudah menjadi hobinya. Tetapi pleci masih bereng, bagaimana jika hobi tersebut bisa menjadi sumber penghasilan?

Baca Juga: Cara Merawat Pleci Agar Cepat Nembak

Karena banyaknya permintaan burung kicau tetapi stok burung kosong. Ada kicau mania yang berinisiatif untuk menangkarnya agar bisa berkembang biak lebih banyak. Melakukan bisnis penangkar burung pleci bisa kalian lakukan juga, ini bisa menjadi peluang besar untuk kalian.

Namun sebelum melakukan penangkaran alangkah baiknya jika kalian mengetahui umur burung pleci dan pantangan burung pleci. Dengan begitu, kalian bisa menentukan burung pleci mana yang siap lepas dan belum siap lepas berdasarkan berapa lama penjemuran pleci apabila pleci jantan dan betina jika disatukan.

Cara Mengetahui Umur Burung Pleci

1. Melihat dari warna bulu

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui umur burung pleci adalah dengan melihat warna bulunya. Apabila warna bulu burung pleci terlihat masih cerah dan terang, dapat dipastikan burung pleci tersebut berumur masih muda. Bahkan ciri ini berlaku sebaliknya, apabila bulu pleci berwarna pudar maka burung pleci memiliki umur yang tua.

2. Melihat dari postur tubuh

Jika dilihat dari postur tubuh burung pleci, kalian bisa mengetahui berapa usia burung pleci tersebut. Apabila kalian melihat burung pleci tidak sakit atau normal, berat badan ideal, badan terlihat lebih langsing dapat disimpulkan bahwa burung pleci tersebut kemungkinan masih berusia muda. Tetapi jika burung pleci tersebut kurus namun tidak sakit, berarti dapat dipastikan burung pleci tersebut sudah berumur.

3. Dilihat dari paruhnya

Cara untuk mengetahui umur burung pleci selanjutnya yaitu dengan melihat struktur paruhnya. Paruh tidak hanya sebagai tanda untuk mengetahui gacor tidaknya tetapi sebagai alternatif untuk mengetahui umurnya juga. Jika burung pleci tersebut berusia muda, pasti menunjukkan semburat putih dibagian bawah paruhnya. Sedangkan pleci tua memiliki warna paruh coklat tua.

4. Melihat dari fase mabung

Semua burung kicau pasti mengalami masa mabung termasuk burung pleci. Namun, setiap burung akan mengalami masa mabung yang berbeda dan semua itu tergantung dari pola makan burung tersebut serta tingkat stress yang dialaminya.

Pada umumnya burung kicau akan melepaskan masa mabungnya setiap 3 atau 4 bulan sekali. Jika burung pleci sudah mengalami masa mabung sekitar 4 atau 3 kali, maka dapat disimpulkan burung tersebut berusia 16 bulan atau hampir 2 tahun.

5. Melihat dari kakinya

Burung pleci yang masih mudah memiliki kaki yang masih basah atau terlihat mengkilap. Berbeda halnya dengan burung pleci yang sudah tua, yakni memiliki kaki dengan sisik dan berwarna kusam seperti hitam keabuan.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk menentukan umur burung pleci dengan mudah. Cara diatas seharusnya benar-benar dilakukan dengan teliti agar tidak salah untuk menentukan umurnya. Burung pleci jantan dan betina pasti memiliki perbedaannya masing-masing dan sebagai pleci mania, kalian harus mengetahui hal tersebut.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama