Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Buka Paruh

CARA MERAWAT PLECI AGAR CEPAT GACOR DAN BUKA PARUH

Cara Merawat Pleci Agar Cepat Gacor dan Buka Paruh - Halo Pleci Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar burung pleci. Pembahasan kali ini adalah cara merawat burung pleci agar cepat gacor dan buka paruh. Membahas tentang perawatan burung pleci memang tidak akan habisnya.

Meskipun sudah dibahas pada artikel sebelumnya, kali ini saya masih tertarik membahasnya kembali. Karena sebegitu pentingnya metode perawatan harian ini untuk burung pleci. Apalagi anda menginginkan burung pleci yang cepat gacor dan buka paruh.

Membuat burung pleci gacor dan buka paruh memang tidak mudah, oleh sebab itu sangat diperlukan untuk melakukan pelatihan dan juga perawatan yang tepat. Memberikan perawatan yang tepat pada burung pleci memang tidak bisa disepelakan.

Akan ada banyak rangkaian yang harus dilakukan setiap harinya. Sebenarnya untuk membuat burung pleci buka paruh sangat mudah, hanya membutuhkan kesabaran dan ketekunan saja. Perawatan burung pleci agar cepat buka paruh membutuhkan waktu yang lama, biasanya membutuhkan satu tahun perawatan.

Baca Juga: Minuman Harian Pleci Biar Cepat Buka Paruh

Karena pada dasarnya burung pleci memang sudah gacor hanya membutuhkan polesan sedikit saja untuk bisa buka paruh dengan isian. Burung pleci memang salah satu burung kicau yang sangat pintar, karena pandai berkicau menggunakan berbagai suara kicauan burung lain dan bervariasi tentunya.

Jika anda tertarik untuk memiliki burung pleci yang berkualitas. Sebaiknya simak pembahasan dibawah ini, karena akan saya jelaskan beberapa perawatan untuk burung pleci.

Perawatan Burung Pleci Agar Gacor dan Buka Paruh

1. Melakukan Pengembunan

Perawatan pengembunan ini harus dilakukan karena sudah termasuk dalam rangkaian perawatan wajib burung pleci dan juga burung kicau lainnya. Jadi, karena sudah diklaim wajib artinya tidak boleh ditinggalkan begitu saja.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan apabila selalu rutin melakukan pengembunan pada burung pleci. Apalagi jika anda memiliki banyak burung pleci dirumah. Sebaiknya lakukan pengembunan secara bersamaan dan digantung dengan jarak agak jauh.

Pada saat muncul sinar matahari, maka burung pleci akan berkicau dengan sahut-sahutan serta dengan suara yang lantang. Cara ini dijamin ampuh untuk burung menggacorkan burung pleci. Untuk melakukan pengembunan ini biasanya dilakukan pada jam 04.00 atau jam 05.00 shubuh. Dan akan dihentikan pada jam 07.00.

2. Melakukan Pemandian

Setelah melakukan pengembunan, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemandian pada burung pleci. Pemandian ini juga termasuk rangkaian perawatan wajib untuk burung pleci. Sebab, dengan dimandikan burung pleci akan semakin semangat, bugar dan staminanya kembali full. Jadi pemandian ini tidak boleh dilewatkan juga karena dapat memberikan manfaat yang baik untuk burung pleci.

Dalam melakukan pemandian ini, biasanya menggunakan 2 metode. Metode pertama yaitu memandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer. Penyemprotan dilakukan secara perlahan agar burung pleci tidak kesakitan.

Proses pemandian menggunakan metode semprot cukup dilakukan hingga burung pleci basah kuyup. Selanjutnya metode pemandian keramba, cara ini yang paling sering digunakan kicau mania karena dapat memuaskan burung pleci.

Memandikan dengan keramba dapat membuat buurng pleci merasa puas dengan tubuhnya yang basah dan rasa air yang dingin. Metode pemandian ini dilakukan pada siang hari dan malam hari. Untuk malam hari baiknya dilakukan pada jam 07.00 hingga 09.00 malam.

Usahakan jangan terlalu malam agar tidak kedinginan. Mandi malam menggunakan metode semprot. Manfaat memandikan burung pleci yaitu dapat menurunkan birahinya dan melatih ototnya.

3. Melakukan Penjemuran

Apabila burung pleci sudah dimandikan, lanjut diperawatan penjemuran. Penjemuran pada burung pleci harus dilakukan pada jam 07.00 hingga jam 09.00. Jangan terlalu siang karena matahari sudah sangat panas dan burung bisa kepanasan.

Ketika melakukan penjemuran pada burung pleci, usahakan untuk mengosongkan semua minuman dan makanan yang ada dalam sangkar. Hal ini bertujuan untuk melatih pernafasannya supaya dapat berkicau lebih panjang.

4. Gantang di Tempat Sejuk

Selesai melakukan penjemuran burung pleci harus diangin-anginkan terlebih dahulu. Proses mengangin-anginkannya harus ditempat yang sejuk dan teduh. Gantung sangkar burung pleci di tempat yang sejuk seperti teras rumah atau bawah pohon rindang.

Sambil diangin-anginkan burung pleci diberi ekstra fooding seperti jangkrik, kroto, ulat kandang dan lain sebagainya. Setelah itu, carikan tempat yang sepi dan nyaman untuk burung pleci beristirahat.

5. Melakukan Pemasteran

Agar burung pleci dapat buka paruh, sebaiknya sering-sering melakukan pemasteran dengan suara isian yang banyak dan berbeda-beda. Pemasteran pada burung pleci sebaiknya dilakukan pada saat burung pleci beristirahat. Hal ini bertujuan agar burung pleci bisa berkonsentrasi dengan suara masteran yang diberikan.

Dengan begitu pemasteran dapat berjalan lancar dan sesuai rencana anda. Sebelum melakukan pemasteran sebaiknya burung pleci dikerodong terlebih dahulu supaya tidak banyak bergerak. Waktu terbaik untuk pemasteran burung cendet di malam hari yaitu pada jam 10 siang hingga jam 3 sore.

Sedangkan untuk malam harinya jam 19.00 hingga jam 21.00. Suara masteran yang digunakan bisa anda download di google dan bisa mencarinya di youtube. Atau bisa juga menggunakan suara burung asli.

Penutup

Demikian itulah penjelasan tentang cara merawat burung pleci agar cepat gacor dan buka paruh. Setiap perawatan burung kicau memang hampir sama, yang membedakan adalah porsi makanan dan juga durasi setiap perawatannya. Hal ini disebabkan setiap burung memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamakan persis dengan burung pleci lainnya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url