Cara Mengatasi Burung Pleci Kalah Mental Agar Pulih Kembali

CARA MENGATASI PLECI KALAH MENTAL

Cara Mengatasi Pleci Kalah Mental - Halo sobat kicau mania! Burung pleci memang kerap dipilih untuk burung gacoan di perlombaan. Burung pleci dipilih sebab mempunyai potensi suara kicauan yang unggul dan juga berkualitas. Maka, tidak heran jika burung kicau yang satu ini selalu di incar para kicau mania. Banyaknya permintaan burung pleci di pasaran, terkadang membuat para supplier merasa kebingungan untuk memenuhi kebutuhannya.

Mungkin saja hal tersebut terjadi karena terbatasnya stok yang ada. Sehingga pengiriman di toko menjadi telat. Selain memiliki kemampuan yang banyak, harga burung pleci di pasaran juga sangat lah terjangkau. Sudah berkualitas dan siap lomba mempunyai harga yang murah pula, siapa juga yang tidak mau. Pasti semua kicau mania merasa senang melihat burung kicau yang prospek dan dijual dengan harga terjangkau. Cocok sekali untuk pemula yang baru saja memulai memelihara pleci.

Meskipun yang dijual murah adalah pleci ombyokan, bukan berarti mempunyai kualitas buruk. Justru, dengan harga yang murah kalian bisa memilih burung pleci yang prospek sesuai dengan keinginan kalian. Dengan begitu kalian dapat menentukan sendiri burung pleci mana yang cocok untuk bahan lomba. Burung pleci memiliki mental yang kuat dan juga fisik yang cantik.

Sehingga mereka mempunyai keberanian untuk bertanding dengan burung kicau lainnya. Pleci yang mempunyai suara kicauan merdu ini, pandai sekali menirukan suara kicauan burung lain dengan sangat apik. Ketrampilannya dalam memainkan nada saat berkicau, membuat kicauan tersebut terdengar unik dan juga indah. Apalagi suara kicauan yang dikeluarkan sangat bervariasi. Tentunya membuat pendengar menjadi senang dan tidak merasa bosan karena monoton.

Saat memilih burung pleci di pasaran, jangan lupa untuk memastikan kualitas burung pleci tersebut. Karena dalam hal ini sering sekali terjadi kesalahan dan juga keteledoran kicau mania yang menjadikan salah pilih. Harusnya pleci lomba itu yang proses, sehingga mentalnya sudah siap untuk dilombakan nanti. Tinggal memberikan rawatan dan latihan yang tepat.

Baca Juga : Ciri-Ciri Pleci Dakun Jantan

Apa jadinya jika burung pleci menjadi kalah mental, pasti akan membuatnya stres dan tidak mau berbunyi. Ini sangatlah mengkhawatirkan pemiliknya, oleh sebab itu pilihlah burung pleci yang sudah siap di latih dan prospek. Lantas, bagaimana cara melatih mental burung pleci dengan baik? Simak pembahasannya dibawah ini.

Cara Melatih Mental Burung Pleci Dengan Baik

Banyak sekali kicau mania yang memang sengaja membeli burung pleci bakalan untuk menemani pleci miliknya yang dianggap sudah mempunyai penampilan bagus. Tapi, selain itu ada beberapa juga yang sengaja membeli burung pleci lantaran harganya yang terjangkau, kemudian dirawat sampai burung pleci jadi dan siap lomba.

Cara melatih mental dan karakter burung pleci agar dapat tampil secara maksimal. Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika memelihara burung pleci bakalan. Hal itu apabila dilakukan secara rutin dapat menumbuhkan karakter dan mentalnya. Serta dapat membantu kondisi top form atau tampil dengan lebih maksimal. Dalam melatih mental dan karakter burung pleci bakalan bisa dilakukan dengan cara-cara khusus, sebagai berikut :
  • Selalu menggantung sangkar burung pleci di tempat yang ramai.
  • Menciptakan burung pleci koloni dengan memelihara lebih dari satu ekor.
  • Sering melakukan latihan dengan pleci lain diluar koloninya setiap seminggu sekali.
Tapi selain perawatan khusus tersebut, ada juga perlakukan lain yang tidak kalah pentingnya dan juga sangat berkaitan erat dengan perilaku serta penampilan burung pleci yaitu :

1. Rutin memandikan burung pleci

Rawatan memandikan burung pleci merupakan hal penting yang tidak dapat dilewatkan begitu saja. Sebab, burung pleci harus dimandikan setiap hari ketika masih dalam kondisi bakalan. Mandikanlah burung pleci setiap pagi, siang dan sore hari supaya mereka dapat merasa lebih bugar dan segar sehingga dapat merangsang lebih cepat berbunyi. Tapi yang paling penting adalah melatih burung pleci agar dapat mandi di dalam keramba mandinya dan jangan membiasakan mandi dengan cara di semprot.

2. Merawat burung pleci

Penampilan memang menjadi nomer satu yang harus diperhatikan oleh burung pleci. Terlebih saat ingin bergabung dengan kelompok lainnya, hal yang membuat burung pleci bisa diterima yaitu harus mempunyai bulu yang cantik. Jika bulunya terlihat jelek dan kusam, mereka akan cenderung ditinggalkan dan di abaikan oleh koloninya.

Bahkan juga dapat menyulitkan pleci untuk mencari pasangan. Sedangkan burung pleci yang mempunyai bulu cantik dan berkilau dapat mempercepat tampil dengan maksimal. Perawatan bulu pleci dapat kalian lakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut :
  • Setiap seminggu sekali burung pleci dapat dimandikan dengan air cucian beras.
  • Mengenali ciri-ciri burung pleci yang akan mabung sehingga dapat memberikan perawatan yang tepat. Agar proses mabung dapat berjalan lancar dan sempurna.

3. Memberikan pakan yang tepat

Supaya burung pleci dapat berkicau dengan aktif dan rajin, cobalah untuk memberikan perawatan yang tepat karena hal itu menjadi perhatian utama. Burung pleci sebaiknya diberikan pakan yang bervariasi, seperti voer, buah, serangga dan lainnya. Hal ini bertujuan agar burung pleci tidak merasa bosan dengan pakan yang diberikan. Apalagi banyak kicau mania yang sering memberikan pakan racikan.

Pakan racikan juga sangat di percaya kulitas dan nutrisinya, sebab pakan racikan ini bahan utamanya adalah voer. Voer tersebut dicampurkan dengan bahan lainnya seperti bubur bayi atau tepung jangkrik. Yang sangat diyakini dapat membuat pleci semakin berkarakter dan juga dapat mempercepat kondisi ngeplongnya atau buka paruh.

Akhir Kata

Demikian pembahasan artikel tentang cara mengatasi pleci kalah mental. Sebenarnya untuk menciptakan burung pleci yang kuat mental dan kicauannya merdu sangatlah mudah. Hanya memerlukan perawatan yang tepat dan juga latihan yang maksimal, sehingga mental dan karakternya akan terbentuk. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan pakan yang dikonsumsi, karena pakan juga penting untuk menunjang kesehatannya.




Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama