Pengikut

Cara Membuat Filter Sendiri di Instagram Story, Biar Makin Terkenal

Cara Membuat Filter di Instagram Story

Cara Membuat Filter di Instagram Story - Sudahkah Anda tahu bahwa Filter Instagram pertama kali muncul pada tahun 2017? Pada awalnya, hanya tim Instagram yang memiliki kemampuan untuk membuat filter tersebut. Namun, kini, setiap pengguna memiliki kebebasan untuk menciptakan filter karya pribadi dan membagikannya ke Instagram atau Facebook.

Filter Instagram sendiri memiliki tujuan untuk memperindah tampilan foto atau video, menjadikannya lebih estetis dan menarik untuk dibagikan. Semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Bagaimana Anda bisa menciptakannya? Mudah saja, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Spark AR Studio melalui komputer Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat berbagai filter di Instagram Stories sesuai dengan selera dan kreativitas Anda.

Cara Membuat Filter Instagram dengan Spark AR Studio

Bagaimana langkah-langkahnya? Mari kita simak bersama agar Anda dapat menghasilkan filter Instagram yang unik dan menarik:

1. Download Aplikasi Spark AR Studio di PlayStore

Pertama-tama, unduh aplikasi Spark AR Studio secara gratis melalui internet. Setelah diunduh, instal aplikasi ini pada komputer atau laptop Anda. Pastikan sistem operasi komputer Anda minimal Windows 10 atau macOS Mojave 10.14 atau yang lebih tinggi.

2. Log In Aplikasi Spark AR

Setelah aplikasi terpasang, lakukan login ke Spark AR Studio dengan menggunakan akun Facebook yang terhubung dengan akun Instagram di ponsel Anda.

3. Siapkan Objek

Objek yang dimaksud di sini adalah foto dengan latar belakang transparan. Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi pembuat foto transparan seperti Photoshop, Corel Draw, atau aplikasi sejenisnya. Pastikan foto yang Anda pilih tidak memiliki latar belakang atau transparan.

Format foto transparan biasanya berbentuk PNG. Jadi, pastikan untuk mengedit foto dengan menghilangkan latar belakang dan mengekspornya dalam format PNG. Jika tidak ingin mengedit foto, Anda dapat mendownload foto PNG dari situs web penyedia gambar gratis.

4. Buka Aplikasi dan Buat Proyek Baru

Setelah aplikasi terbuka, klik tombol "Create Project". Tombol Create Project ini berfungsi untuk membuat halaman kerja baru untuk proses pengeditan filter yang akan Anda buat.

5. Masukkan Objek ke dalam Filter

Proses memasukkan objek cukup mudah. Klik pada bagian "faceMesh0" yang muncul di bagian "Scene", lalu beralihlah ke bagian "Inspector" di sebelah kanan layar. Langkah selanjutnya klik kanan pada objek baru yang Anda tambahkan, lalu pilih "Add" dan pilih "Face Mesh" untuk menambahkan model berupa 3D yang nantinya berguna untuk merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh Face Tracker.

6. Tambahkan Face Tracker

Face Tracker berfungsi agar filter yang Anda buat dapat digunakan oleh semua orang. Klik kanan di bagian manapun pada Panel Scene, lalu pilih "Add" dan pilih "Face Tracker". Klik kanan pada "faceTracker0", klik "Add", pilih "Plane", dan beri nama. Preview pada bidang kerja Anda akan terlihat dari sini.

7. Berikan Tekstur pada Plane

Untuk memberikan tekstur, klik Plane yang telah Anda buat. Selanjutnya, pergilah ke panel sebelah kanan dan ubah "Shader Type". Sesuaikan dengan preferensi Anda, misalnya Flat, Standard, Physically Based, Face Paint, atau Blended. Pada bagian "Texture", klik "Choose File" dan pilih gambar yang telah Anda siapkan.

8. Export Filter ke Instagram

Setelah memberikan tekstur, filter Anda selesai. Langkah selanjutnya adalah mengekspor filter yang telah Anda buat ke Instagram. Caranya, klik "File" lalu klik "Export". Pastikan untuk memberi tanda centang pada semua pilihan hingga semua centang berubah menjadi hijau. Klik "Export" dan pilih tempat penyimpanan serta berikan nama.

Langkah berikutnya, buka browser dan kunjungi www.facebook.com/sparkarhub. Pastikan Anda sudah login di aplikasi Spark AR Studio. Klik tombol "Upload Effect" lalu pilih Instagram dan beri nama pada filter Anda. Selanjutnya, klik "Next".

Pada "Effect Icon", masukkan gambar yang mewakili filter, kemudian centang "Legal Agreement". Terakhir, klik "Upload and Continue". Tunggu hingga prosesnya selesai. Filter Instagram terbaru Anda sudah jadi dan kini telah terunggah ke Instagram.

9. Publikasikan Filter Instagram Buatan Anda

Untuk mempublikasikan filter Anda, cukup klik "Next Steps" dari halaman preview. Selanjutnya, pilih kategori yang sesuai untuk menggambarkannya. Klik "Next" hingga halaman terakhir, lalu klik "Submit for Review". Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari Instagram. Proses persetujuan ini membutuhkan waktu sekitar 1 hari.

Cara Mencari dan Menggunakan Filter di Instagram

Anda dapat mencari filter di Instagram dengan beberapa langkah sederhana:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Instagram, lalu buka fitur kamera dan geser ke kiri melalui ikon di bagian bawah layar, selanjutnya ketuk kaca pembesar (Browse Effects).
  2. Ketuk salah satu filter yang Anda lihat atau geser melalui kategori di bagian atas aplikasi. Untuk mencari berdasarkan nama atau kata kunci, ketuk kaca pembesar.
  3. Ketika Anda mengetuk filter, Anda akan melihat pratinjau. Lalu ketuk "Coba" atau ketuk panah bawah untuk mengunduh filter instagram yang akan Anda gunakan di foto Anda.
  4. Ketuk "OK" untuk menyimpan filter. Setelah itu nanti Anda bisa kembali ke fitur kamera, selanjutnya geser ke kanan pada ikon di bagian bawah layar untuk menemukan filter instagram baru yang ingin Anda gunakan.

Dalam hal pembuatan filter instagram, Anda sebagai pengguna Instagram dapat membuat dan mengunggah filter yang sudah Anda buat sendiri untuk digunakan pengguna Instagram lain. Jadi apabila Anda ingin mengunduh filter dari kreator filter tertentu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah menggunakan filter orang lain di Instagram berikut:

  1. Langkah pertam yang perlu Anda lakukan sebelum menggunakan filter dari pengguna lain di Instagram adalah menemukan profil pembuatnya dan ketuk smiley di atas petaknya.
  2. Ketuk filter yang Anda inginkan, lalu ketuk "Cobalah" atau ketuk panah bawah untuk mengunduh filter.
  3. Selanjutnya lakukan foto atau rekam video dengan filter dari pengguna Instagram lain yang sudah Anda gunakan tadi, jika sudah Anda bisa membagikan konten menggunakan filter baru tersebut dengan teman Anda.

Akhir Kata

Sekarang, Anda telah mengetahui cara membuat filter Instagram yang kreatif menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Meskipun prosesnya terlihat panjang, sebenarnya cara ini cukup sederhana untuk menciptakan filter Instagram yang menarik. Selamat mencoba, dan tunjukkan kreativitas Anda melalui filter Instagram yang unik!

Kata Kunci Terkait Cara Membuat Filter di Instagram Story
  • spark ar studio
  • cara membuat filter instagram sendiri di hp
  • cara membuat filter ig di hp tanpa aplikasi
  • cara membuat filter instagram wedding
  • cara membuat filter frame instagram
  • cara membuat filter ig di hp android
  • aplikasi membuat filter ig
  • cara membuat filter ig di canva
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga