Cara Merawat Burung Prenjak Bersuara Serak Agar Bisa Normal Kembali

 


Cara Merawat Burung Prenjak Bersuara Serak Agar Bisa Normal Kembali - Halo Pejuang Ngalun Indonesia! Dalam artikel kali ini saya akan membagikan tips mengenai cara merawat dan mengatasi burung prenjak yang berkicau dengan suara serak agar bisa normal kembali dengan mengeluarkan suara yang lantang kembali.

Pada umumnya suara pada burung kicuan anda termasuk burung prenjak yang serak, tentunya akan menjadi masalah pada burung tersebut. Apabila burung mengalami suara serak, anda sebagai pemiliknya harus langsung mengatasinya agar tidak tidak semakin parah.

Sebab apabila burung prenjak yang bersuara serak tidak diatasi dan dirawat dengan rawatan yang baik, maka burung prenjak tersebut akan kehilangan suaranya atau bisa macet bunyi. Burung yang awalnya gacor menjadi macet bunti, pastinya anda sebagai pemilik tidak menginginkan hal tersebut terjadi


Faktor Penyebab Burung Prenjak Bersuara Serak

Pada dasarnya faktor penyebab burung kicau serak umumnya karena adanya lendir atau peradangan yang terdapat pada area tenggorokan burung prenjak. Lendir yang terdapat pada area tenggorokan tersebut yang menghalangi suara pada burung prenjak anda, sehingga burung tersebut berkicau dengan suara yang serak.

Adanya lendir atau peradangan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti salah dalam pemberian pakan, kualitas pakan yang kurang bersih atau buruk, bisa juga karena burung prenjak anda terlalu sering di trek hingga lelah. Lantas bagaimana cara untuk merawat dan mengatasi burung prenjak yang bersuara serak?, simak terus ulasan dibawah ini.

Tips Mengatasi Burung Prenjak Suara Serak

1. Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih

Siapa sangka jika air rebusan daun sirih dapat mengatasi burung kicau yang bersuara serak, untuk cara pembuatannya sebagai berikut:
  1. Siapkan 3 lembar daun sirih.
  2. Remas daun sirih tersebut dalam air 1 liter.
  3. Rebus daun sirih tersebut hingga air rebusannya berwarna coklat.
  4. Setelah itu saring airnya lalu dinginkan sejenak.
  5. Setelah dingin gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk minum dan mandi pada burung prenjak.

2. Menggunakan Air Larutan Penyegar

Seperti yang kita tahu, air larutan penyegar dapat mengatasi berbgagai masalah pada tenggorokan, dan cara ini sudah banyak dilakukan oleh para kicau mania untuk mengatasi burung kicaunya yang serak. Adapun cara untuk mengatasi burung prenjak yang serak dengan menggunakan air larutan penyegar yaitu, sebagau berikut:
  1. Gunakan larutan penyegar yang tidak ada rasanya atau original.
  2. Tuangkan kedalam cepuk minum burung, setengah cepuk saja.
  3. Lalu berikan untuk minum burung prenjak anda.

3. Menggunakan metode gurah

Dalam hal ini metode gurah bisa dipakai untuk membersihkan lendir dan juga kotoran pada tenggorokan, anda juga bisa memberikannya kepada burung prenjak untuk mengatasi suaranya yang serak. Cara menggunakannya yaitu, sebagai berikut:
  1. Siapkan 6 helai daun lanteng putih.
  2. Lalu remas daun tersebut hingga keluar air.
  3. Selanjutnya teteskan pada bagian mata burung prenjak sebanyak 3-4 tetes saja.
  4. Biarkan burung mengeluarkan lendir dengan sendirinya.
Nah seperti itulah beberapa cara untuk mengatasi burung prenjak yang bersuara serak, cara-cara tersebut juga bisa anda lakukan untuk burung lainnya, seperti burung murai batu, kenari, cucak ijo, dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada sobat kicau semua, saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini. Semoga cara-cara tersebut dapat membantu untuk mengatasi burung peliharaan anda yang bersuara serak.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url