Cara Melatih Mental Burung Prenjak Agar Menjadi Petarung



Cara Melatih Mental Burung Prenjak Agar Menjadi Petarung - Halo Sobat Prenjak Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips berupa cara melatih mental pada burung prenjak agar menjadi petarung. Nah dalam artikel ini saya akan memberikan cara-cara yang cukup mudah, tetapi ampuh untuk melatih mental burung prenjak.

Pada dasarnya mempunyai burung prenjak yang gacor dan rajin berbunyi belum bisa dikatakan bahwa burung tersebut memiliki mental petarung. Karena akan kurang lengkap apabila memiliki burung prenjak yang gacor, tetapi tidak memiliki mental petarung.

Sebenarnya cara melatih mental pada burung prenjak tidaklah sulit, semua itu juga tidak terlepas dari perawatan. Saya sudah menyampaikan kepada sobat semua di beberapa artikel sebelumnya, bahwa apabila ingin burung prenjak kalian bagus maka kalian harus merawat burung prenjak tersebut dengan konsisten.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang perawatan pada burung prenjak, sobat semua bisa mengecek cara perawatan pada burung prenjak di artikel saya sebelumnya. Langsung saja, berikut beberapa cara yang bisa sobat lakukan untuk melatih mental pada burung prenjak.


Cara Melatih Mental Burung Prenjak

Untuk melatih mental pada burung prenjak agar menjadi petarung, saya menyarankan kepada sobat semua untuk memperhatikan catatan berikut:
  • Pastikan burung prenjak milik kalian sudah berumur, setidaknya minimal 1 tahun.
  • Pilihlah burung prenjak yang berwarna klawu dan pekat pada bagian dadanya.
  • Perhatikan karakter burung kalian, burung yang memiliki mental petarung umumnya tidak takut dengan orang-orang di sekelilingnya dan tidak takut untuk berbunyi.
Nah, setelah sobat semua memperhatikan hal-hal tersebut. Berikut cara untuk melatih mental burung prenjak kepala merah agar memiliki mental petarung, antara lain:
  1. Jemur burung prenjak setiap paginya selama 2 jam.
  2. Berikan Ekstra Fooding berupa ulat hongkong atau kroto.
  3. Gantang burung prenjak di tempat yang agak rendah dan banyak lalu lalang orang di sekitarnya.
  4. Seringkan membawa burung tersebut untuk berjalan-jalan, entah itu di gantangan ataupun dengan rekan kalian yang memiliki burung prenjak bermental petarung.
  5. Berikanlah cermin atau kaca dan tempelkan pada sangkar burung prenjak, hal ini agar burung prenjak tersebut merasa emosi dan terganggu apabila ada burung lain yang mendekati sangkarnya.
  6. Untuk pemasteran pada burung prenjak, berikan masteran burung prenjak betina dan krodong sangkar tersebut agar burung prenjak tetap terasa nyaman.
  7. Rawatlah burung prenjak dengan konsisten.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa cara untuk melatih mental pada burung prenjak jantan agar memiliki mental petarung. Sebenarnya kunci dalam meawat burung adalah sabar dan konsisten, karena kalian tidak bisa memaksa burung tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Semoga artikel tersebut dapat manambah wawasan dan bermanfaat bagi para pecinta burung prenjak Indonesia. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url