Berikut Perbedaan Dari Burung Prenjak Kepala Merah Jantan dengan Betina

 


Berikut Perbedaan Dari Burung Prenjak Kepala Merah Jantan dengan Betina - Hai Sobat Kicau Mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan mengulas seputar perbedaan dari burung prenjak kepala merah atau burung prenjak tamu yang berjenis kelamin jantan dan betina. Untuk itu sobat semua bisa menyimak ulasan dibawah ini, sebagai berikut.

Pada dasarnya burung prenjak adalah jenis burung yang memiliki postur tubuh kecil dan berasal dari Indonesia. Walaupun tidak tergolong dalam ke dalam jenis burung yang memiliki postur tubuh besar, namun sobat tidak bisa meremehkan burung yang satu ini. Karena burung prenjak memiliki suara yang lantang dan nyaring apabila didengarkan.

Nah dalam hal ini tentunya burung prenjak memiliki suara yang berbeda antara jenis kelamin jantan dan betinanya. Untuk burung prenjak kepala merah yang sering dipelihara oleh para kicau mania umumnya yang berjenis kelamin jantan, karena burung prenjak jantan memiliki suara yang bervariasi. Namun juga tidak sedikti yang merawat burung prenjak betina untuk masteran pada burung lain.

Tentunya bagi orang awam yang baru dalam merawat burung prenjak akan kesulitan untuk membedakan jenis kelamin pada burung prenjak kepala merah, apalagi jika burung tersebut masih sangat muda. Nah oleh karena itu saya akan memberikan ulasan tentang perbedaan dari burung prenjak jantan dengan burung prenjak betina, sebagai berikut.


Cara Membedakan Burung Prenjak Jantan dan Betina

1. Bentuk Kepala

Cara pertama untuk membedakan burung prenjak jantan atau betina yaitu dengan melihat bentuk kepalanya. Dalam hal ini burung prenjak berjenis kelamin jantan mempunyai bentuk kepala yang lebih ceper, sedangkan pada burung prenjak betina mempunyai bentuk kepala yang cenderung lebih melengkung.

2. Bentuk Mata

Cara untuk membedakan burung prenjak kepala merah berikutnya yaitu dengan melihat bentuk matanya. Umumnya untuk burung prenjak yang berjenis kelamin jantan memiliki bentuk mata yang menonjol dan melotot, sedangkan pada burung prenjak betina memiliki bentuk mata yang ceper dan terlihat sayu.

3. Warna Paruh

Dengan melihat warna paruh pada burung prenjak, ternyata juga dapat dijadikan sebagai patokan dalam membedakan jenis kelamin pada burung prenjak tersebut. Dalam hal ini burung prenjak berjenis kelamin jantan umumnya mempunyai warna paruh yang lebih hitam dibandingkan dengan burung prenjak yang betina, karena burung prenjak betina memiliki warna paruh yang lebih terang atau putih.

4. Postur Tubuh

Dengan memperhatikan postur tubuh pada burung prenjak jantan dan betina, sobat kicau mania juga akan bisa membedakan jenis kelamin burung prenjak yang jantan danjuga betina. Dalam hal ini pada umumnya burung prenjak berjenis kelamin jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar dan panjang, berbeda halnya dengan burung prenjak betina yang mempunyai postur tubuh kecil dan pendek.

5. Warna Dada

Sobat semua juga bisa membedakan jenis kelamin pada burung prenjak dengan melihat warna dada pada masing-masing burung prenjak jantan dan betina. Untuk burung prenjak yang berjenis kelamin jantan memiliki warna dada yang lebih pekat dan gelap, berbeda dengan burung prenjak betina yang memiliki warna dada yang lebih terang.

Penutup

Seperti itulah cara untuk membedakan jenis kelamin pada burung prenjak jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Semoga artikel ini dapat membantu sobat kicau semua untuk membedakan jenis kelamin pada burung prenjak, serta saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi artikel ini. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url