Tips Mengatasi Burung Prenjak yang Gembung Akibat Tubuh Kurang Sehat

 


Tips Mengatasi Burung Prenjak yang Gembung Akibat Tubuh Kurang Sehat - Halo sobat Kicau Mania Indonesia! Pada ada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips berupa cara mengatasi atau merawat burung prenjak yang gembung akibat tubuh kurang sehat. Mungkin sobat semua pernah mengalami hal ini pada burung prenjak kesayangan anda, nah supaya sobat tahu cara untuk mengatasinya simak terus ulasan pada artikel ini.

Burung prenjak yang gembung atau menggembungkan bulunya, pada dasarnya terjadi karena tubuh burung yang kurang sehat akibat kesalahan dalam perawatan harian. Entah itu kesalahan pada penjemuran, pakan, dan lain sebagainya yang membuat burung prenjak anda menjadi gembung.

Sebenarnya untuk merawat dan mengatasi burung prenjak yang gembung merupakan hal yang cukup mudah, asalkan sobat semua tahu perawatan seperti apa yang di inginkan burung prenjak tersebut. Tetapi, tentunya sebagian orang awam akan merasa bingung untuk mengatasinya. Nah pada artikel ini saya akan mengupas tuntas tentang mengatasi burung prenjak yang gembung.


Faktor Penyebab Burung Prenjak Gembung

Menurut dari banyaknya informasi yang saya kumpulkan, burung prenjak yang mengalami gembung atau mengembangkan bulunya disebabkan oleh perawatan yang tidak sesuai dengan karakter dan keinginan si burung. Oleh karena itu saya sarankan untuk sobat semua untuk memahami terlebih dahulu karakter dasar pada burung prenjak anda, apabila perawatan sudah pas jangan sekali-sekali untuk merubah rawatan hariannya.

Nah untuk memahami karakter burung yang anda miliki, anda bisa memberikan perawatan yang membuat burung tersebut nyaman. Misalkan berikan pakan yang paling disukai, dan berikan perawatan secara rutin seperti pemandian dan penjemuran yang cukup agar burung tetap fit.


Cara Mengatasi Burung Prenjak Gembung

Untuk merawat dan mengatasi burung prenjak yang gembung atau mengembangkan bulunya, tentu cara dalam perawatannya tidak boleh asal-asalan. Karena apabila anda salah dalam merawatnya, kondisi burung prenjak anda akan lebih parah bahkan bisa sampai mati sekalipun.

Dengan beberapa cara perawatan yang benar dan dilakukan secara rutin, pasti akan membuat burung prenjak anda kembali sehat dan pulih. Adapun berikut cara mengatasi burung prenjak yang gembung, yakni:
  1. Lakukan penjemuran di pagi hari, dan jangan melakukan pengembunan pada burung telebih dahulu.
  2. Jangan memandikan burung prenjak selama beberapa hari sampai burung benar-benar fit.
  3. Berikan pakan ulat kandang atau kroto yang cukup, jangan diberikan voer terlebih dahulu.
  4. Berikan vitamin ebod vit dengan cara menteteskannya didalam cepuk air minum, lakukan cara ini selama burung prenjak kepala merah masih gembung.
  5. Krodong sangkar burung tersebut, hal ini bertujuan agar burung prenjak anda bisa istirahat dengan maksimal untuk memulihkan tubuhnya.
Nah cara-cara tersebut merupakan cara utama yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi burung prenjak yang gembung.

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada sobat semua, semoga dengan melakukan cara-cara dalam mengatasi burung prenjak yang gembung tersebut bisa berhasil memulihkan burung prenjak anda. Sekian artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat untuk sobat semuannya. Salam Kicau Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url