Cara Mengatasi Burung Kacer Gembung Akibat Kurang Sehat

Cara Mengatasi Burung Kacer Gembung Akibat Kurang Sehat - Hai Sobat Kacer Mania Semuanya! Seperti biasa saya akan mengulas artikel mengenai permasalah dan settingan pada burung kacer dan seputar burung berkicau lainnya. Namun pada artikel kali ini saya akan mengulas permasalahan dan cara menangani burung kacer yang gembung akibat burung kurang sehat. Ingat! Saya bukan memberikan cara mengatasi burung kacer mbagong ya.

Burung kacer yang kurang sehat bisa anda amati gejalanya, seperti burung terlihat lemas, jarang bunyi, tidak nafsu makan, bahkan jarang atau malas untuk gerak. Jika burung kacer sudah seperti itu, jangan sampai anda membiarkannya begitu saja, segeralah melakukan langkah untuk mengatasi burung kacer tersebut agar staminanya kembali meningkat.

Apalagi anda sering melombakan burung kacer tersebut dan sering koncer, tentu anda sebagai pemilik harus mengerti tingkat kekuatan burung kacer tersebut. Apabila burung kacer sudah lemas dan kehabisan stamina, maka burung kacer yang awalnya gacor ngotot akan menjadi ngeriwik. Selain itu hal buruk yang bisa terjadi yaitu burung kacer akan mengalami macet bunyi, tentunya anda tidak menginginkan hal itu terjadi pada gacoan anda. (Baca juga: Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi)


Gejala Permasalahan Burung Kacer Gembung

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, permasalahan burung kacer yang gembung bisa saja terjadi karena burung kacer tidak sehat atau drop stamina. Namun tidak hanya itu, banyak gejala lainnya seperti:
  • Burung kurang nafsu makan
  • Burung sering ngriwik hingga macet bunyi
  • Burung jarang mandi
  • Burung lebih banyak tidur dan hanya terdiam
  • Burung sering nebok
  • Burung terlihat lemas dan lesu
Adapun burung kacer yang mengalami hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor dan penyebab, contoh penyebabnya yakni:
  • Burung mengalami stres
  • Burung over train
  • Burung keracunan karena salah makan
  • Burung terinfeksi bakteri atau parasit
  • Burung terinfeksi cacingan
  • Burung sedang sakit
  • Sangkar burung terlalu kotor dan tidak nyaman
  • Kurangnya nutrisi
  • Burung terlalu lama dijemur
  • Pengumbaran yang berlebihan

Cara Menangani Burung Kacer Kurang Sehat

1. Berikan pakan yang bernutrisi

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan memberikan pakan bernutrisi pada burung kacer. Untuk mengetahuinya anda bisa melihat tabel nutrisi yang ada dibalik kemasan voer, dalam hal ini setiap voer tentu memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda.

Selain itu anda juga perlu memastikan bahwa voer tersebut masih segar atau tidak dalam keadaan kadaluarsa. Belilah voer yang memiliki tanggal expired masih lama agar kesegaran voer tersebut masih terjaga.

2. Tingkatkan pemberian ekstra fooding

Dalam hal ini ekstra fooding terpercaya dapat meningkatkan stamina burung kacer secara alami. Agar burung kacer cepat sehat dan gacor kembali, berikan tambahan ekstra fooding berdasarkan porsi hariannya. Jika anda biasa memberikan ekstra fooding jangkrik 8 ekor setiap harinya, anda bisa menambahkan menjadi 12 ekor setiap hari.

3. Berikan obat cacing

Pada umumnya burung kacer yang gembung akibat kurang sehat terjadi karena burung mengalami cacingan. Cara mudah untuk mengetahui burung kacer yang mengalami cacingan yaitu dengan meilhat kotorannya, jika kotorannya encer kemungkinan besar kacer anda terkena cacingan.

4. Rajin dalam membersihkan sangkar

Dengan membersihkan sangkar secara rutin, maka akan membuat burung merasa nyaman didalam sangkar. Selain itu dengan rutin membersihkan sangkar akan membuat burung kacer sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

5. Berikan tambahan multivitamin dan multimineral

Multivitamin dan multimineral dipercaya dapat meningkatkan dan mengembalikan stamina burung kacer. Anda bisa memberikan secara rutin setiap harinya setelah burung kacer dijemur, jika sudah istirahatkan burung kacer agar tidak berkicau yang menyebabkan terkurasnya tenaga si burung.

Akhir Kata

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada anda semua, mengenai cara mengatasi burung kacer yang kurang sehat. Lakukan cara tersebut dengan rutin agar burung kacer gacoan anda cepat pulih dan gacor seperti sedia kala. Salam Kicau Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url