Dijamin Jinak! Berikut Cara Cepat Menjinakkan Burung Prenjak

Dijamin Jinak! Berikut Cara Cepat Menjinakkan Burung Prenjak - Hallo sobat ngalun mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara cepat menjinakkan burung prenjak. Burung prenjak merupakan burung kicau yang banyak disukai para pecinta burung juga loh. Karena burung prenjak juga termasuk burung kicau dengan suara yang merdu dan bervariasi. Burung prenjak biasanya terdapat di persawahan, kebun, ataupun di semak-semak belukar. Burung prenjak juga sering dijumpai berada diatas ranting-ranting pohon, jadi sangat mudah untuk menemukan burung prenjak.

Biasanya para pecinta burung mendapatkan burung prenjak dari hasil tangkapan di alam liar. Karena saat ini masih belum banyak orang yang membudidayakan burung prenjak. Karena burung prenjak merupakan burung yang penakut, apalagi jika burung prenjak tersebut didapatkan dari hasil tangakapan liar. Sudah bisa dipastikan bahwa burung masih takut, sehingga saat didekati burung prenjak klabakan.

Tentunya dengan melihat kondisinya yang seperti itu, bisa membuat burung prenjak macet bunyi. Kalaupun masih bisa berbunyi, pasti hanya dalam keadaan tertentu atau suasana yang sepi. Nah, jika sampai seperti itu tentunya tidaklah asyik. Kita memelihara burung namun tidak bisa menikmati suara kicauannya.

Oleh karena itu, hal tersebut bisa anda atasi dengan menjinakkan burung prenjak tersebut. Karena jika buurng prenjak sudah jinak, mereka tidak akan malu-malu untuk terus-terusan berkicau. Lalu, bagaimana caranya menjinakkan burung prenjak tersebut? Untuk itu anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.


Berikut Tips Menjinakkan Burung Prenjak Dengan Mudah dan Cepat


1. Memandikan Burung Prenjak

Jika kita mendapatkan burung prenjak dari hasil tangkapan liar, haruslah sering-sering dimandikan. Banyak manfaatnya ketika memandikan burung prenjak, yaitu menurunkan tingkat birahi pada burung prenjak dan membuatnya cepat jinak. Untuk memandikan burung prenjak menggunakan metode semprot dengan sprayer, usahakan saat menyemprot burung harus sampai basah kuyup.

Cara memandikan tersebut bisa dilakukan pada jam 06.30 WIB. Jika proses memandikan sudah selesai, Langkah selanjutnya yaitu menjemur burung prenjak dibawah sinar matahari selama 2-3 jam. Jika dilihat matahari sudah mulai terik, sebaiknya pindahkan burung prenjak di tempat yang lebih teduh.

2. Mengkrodong Burung Prenjak

Biasanya burung prenjak yang baru ditangkap dari hasil tangkapan liar, burung akan mudah kaget dan klabakan. Cara mengatasi hal tersebut, kita bisa melakukan pengkorodongan pada sangkar burung prenjak. Dengan cara tersebut dapat membuat burung prenjak bisa merasa lebih aman dan nyaman.

Pada awal pertama penangkapan, burung prenjak harus dikrodong full seharian. Tetapi anda juga perlu memastikan makanan serta minumannya sudah tersedia. Sedangkan untuk hari berikutnya, krodongnya bisa dibuka dan gantunglah burung prenjak di tempat yang nyaman dan juga sepi. Pada malam harinya, jangan lupa untuk mengkrodongnya kembali.

3. Gantang Ditempat yang Rendah

Tips untuk menjinakkan burung prenjak berikutnya yaitu dengan menempatkan burung prenjak ditempat yang rendah. Jika serasa burung tidak gampang stres dan tidak terlalu klabakan, anda bisa mencoba tips ini. Gantang burung prenjak ditempat rendah dan banyak dilewati banyak orang, agar burung terbiasa dan tidak takut dengan manusia.

4. Lakukan Terapi Lapar

Jika burung prenjak mau memakan voer, anda bisa melakukan cara yang satu ini untuk menjinakkan burung prenjak. Cara melakukan terapi lapar yang tepat yaitu jangan berikan makanan pada burung prenjak semalaman saat dia beristirahat, pada pagi harinya sekitar jam 7 pagi barulah diberikan pakan berupa ulat atau kroto dengan porsi yang sedikit.

Jika sudah habis berikan voer saja, hingga nanti jam 12 siang berikan pakan lagi. Namun untuk melakukan cara ini, anda tidak boleh abai sedikitpun. Karena apabila anda sampai terlambat memberikan pakan pada burung prenjak, akan membuat burung menjadi lemas hingga mati sekalipun.

5. Berikan Sangkar yang Kecil

Dalam hal ini umumnya burung prenjak yang belum jinak akan melakukan banyak tingkah. Oleh karena itu untuk membatasi tingkah pada burung prenjak tersebut, anda bisa memberikan sangkat yang kecil pada burung prenjak anda. Apabila sudah terasa agak jinak, anda bisa memindah burung prenjak di sangkar yang agak besar supaya dapat berkicau dengan nyaman.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara ampuh untuk menjinakkan burung prenjak dengan cepat dan aman. Jika anda memiliki pertanyaan ataupun saran, anda bisa tulis dikolom komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url