Rawatan Burung Kacer Agar Cepat Ngeplay dan Buka Ekor

Rawatan Burung Kacer Agar Cepat Ngeplay dan Buka Ekor - Hallo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini pastinya saya akan membagikan tips seputar rawatan burung kacer supaya cepat ngeplay dan buka ekor. Untuk membuat burung kacer ngeplay dan buka ekor sendiri, tentunya tidak mudah. Karena untuk mencapai tujuan tersebut akan membutuhkan kesabaran dan harus konsisten dalam perawatannya. 

Selain itu kamu harus benar-benar memahami karakter burung dan mengotak-atik settingan yang tepat untuk kacer gacoan kamu. Namun perlu kamu ketahui, bahwa ntuk melakukan cara ini pastikan burung kacer kamu sudah 3 kali ngurak atau ganti bulu. Tetapi apabila burung kacer kamu umurnya masih muda namun sudah menunjukkan sifat fighternya, tidak ada salahnya kok jika kamu ingin menerapkannya. 

Namun jika kamu ingin memliki burung kacer untuk dilombakan, kamu perlu memilih burung kacer untuk lomba. Tetapi saya tekankan sekali lagi, jika kamu melakukannya secara teliti dan konsisten. Saya yakin pasti akan berhasil. Baiklah. tidak perlu lama-lama lagi langsung saja ke topik utama yaitu rawatan burung kacer agar cepat ngeplay dan buka ekor.


Berikut Rawatan Burung Kacer Supaya Ngeplay dan Buka Ekor

A. Cara membuat burung kacer ngeplay

1. Pemandian

Cara burung kacer agar cepat ngeplay dan fighter yang pertama yaitu proses pemandiannya. Pemandian burung kacer bisa kamu lakukan setiap 2x dalam seminggu saja, lalu untuk proses pemandian bisa menggunakan keramba burung agar kacer lebih puas untuk mandi sendiri.

2. Penjemuran

Cara yang kedua yaitu penjemuran, kamu bisa melakukan penjemuran pada burung kacer setelah burung kacer mandi. Untuk penjemuran bisa kamu lakukan setiap jam 08.00 sampai dengan jam 10.00, jika burung sudah kepanasan sebaiknya jangan dijemur terlalu lama.

3. Ekstra Fooding

Dalam pemberian ekstra fooding pada burung kacer, kamu bisa memberikan jangkrik, ulat hongkong, dan juga kroto. Pemberian EF burung kacer yang baik yaitu pada saat burung akan mulai dijemur. Sedangkan untuk porsi EF yang diberikan, sesuasikan saja pada karakter burung tersebut.

B. Settingan Burung Kacer Agar Buka Ekor

1. Pemberian Jangkrik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar burung kacer bisa buka ekor yaitu mencari settingan harian gacoan, yakni dengan settingan yang diinginkan dimulai ketika pagi hari pemberian EF (jangkrik) sekenyangnya. Contohnya jika pagi hari sudah habis 10 ekor jangkrik dan sore hari habis 10 ekor, maka kamu bisa melakukan cara tersebut setiap hari.

Namun beberapa hari kedepan porsi harus diturunkan, karena pemberian EF yang berlebihan akan menyebabkan birahi burung tidak terkontrol. Untuk menguranginya usahakan harus bertahap, sambil memastikan kapan burung kacer tersebut mulai jenuh.

2. Pemberian Kroto

Untuk pemberian kroto bisa kamu berikan seperti pada umumnya yaitu seminggu 2x, misalnya pemberian kroto pada hari selasa dan jumat saja. Jika sudah terjadwal, lakukan pemberian kroto sesuai jadwal yang kamu atur, namun jika hasilnya kurang maksimal kamu bisa merubah jadwal tersebut menjadi 3x dalam seminggu atau sesuai kebutuhan burung kacer.

3. Pemberian Ulat Hongkong

Dalam memberikan ulat hongkong pada burung kacer, cukup diberikan sesuai kebutuhan saja. Caranya yaitu dengan melihat kondisi kacer, apakah kurang birahi, over birahi, ataupun emosi berlebihan. Jika birahi dan emosi pada burung kacer kurang, maka pemberian ef ulat hongkong sangat diwajibkan. 

Namun jika sudah terlalu berlebihan atau over sebaiknya di stop terlebih dahulu, agar birahi tidak meningkat. (Baca juga: Cara mengatasi burung kacer over birahi).

4. Pengkerodongan

Selanjutnya yaitu pengkerodongan, pengkerodongan bisa kamu lakukan ketika burung kacer sudah selesai dimandikan dan harus dilakukan setiap hari. Jika semua tahapan diatas sudah dilakukan dan kamu ingin melihat apakah proses selama 2 minggu mampu membuat burung kacer ngeplay dan buka ekor, kamu bisa test dengan cara berikut.

  • Pada pagi hari ketika burung kacer sedang dalam proses penjemuran, bisa kamu berikan jangkrik seperti yang saya sebutkan tadi.
  • Selanjutnya jika jangkrik sudah dilahap habis, kamu bisa menggantung sangkar burung di penjemuran sampai panas dan paruh burung kacer terlihat celangap.
  • Lalu jika dirasa sudah cukup, kamu bisa memberikan ulat hongkong setengah mangkok saja dan lanjut dijemur kembali.
  • Setelah itu tunggu saja sampai burung kacer kamu memakan sebagian ulat hongkong tersebut.
  • Kemudian jika semua tahapan sudah kamu lakukan, langkah selanjutnya yaitu memperdengarkan suara memancing kacer supaya ngeplay dengan memperdengarkan pada burung kacer.
  • Jika burung kacer sudah mulai merespon suara tersebut, volume suara boleh ditambah lalu lihatlah reaksi burung kacer kamu sudah ngeplay ataupun belum.
  • Jika burung kacer kamu cuma ngeplong saja, maka burung kacer bisa digebah dengan cara dikerodong.
  • Namun apabila kacer kamu masih diam dan belum mau ngeplay, lakukan lagi cara diatas selama 2 minggu dan lihat lagi perubahannya.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa rawatan burung kacer supaya ngeplay dan cepat buka ekor, kamu harus melakukan tahapan diatas dengan konsisten dan sabar supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ada yang ingin kamu tanyakan seputar burung kacer, bisa langsung tulis dikolom komentar. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk sobat semua. Terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url