Burung Kacer Nyiblek? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Burung Kacer Nyiblek? Berikut Cara Mudah Mengatasinya - Halo sobat kacer mania! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung nyiblek dengan mudah. Pasti anda semua sudah tahu bahwa dalam merawat burung berkicau memang tidak mudah, pasti ada saja kendala yang terjadi. Sama halnya dalam merawat burung kacer, pasti membutuhkan kesabaran dan rawatan yang konsisten. Karena pasti ada banyak hal yang akan di alami oleh burung kacer peliharaan anda, masalah apapun bisa saja terjadi.

Masalah umum yang sering terjadi pada burung kacer adalah mbagong, mabung, ngeruji, nyiblek dan masih banyak lagi. Lalu, apa sih yang dimaksud burung nyiblek? Burung nyiblek pada kacer yaitu burung kacer yang tidak bisa buka ekor, dan harus diatasi segera mungkin. Sebenarnya untuk mengatasi burung kacer yang nyiblek sangatlah mudah yaitu dengan cara mengubah pola perawatannya.

Nyiblek yang terjadi pada kacer, bisa terjadi karena burung sedang merasa tidak nyaman. Hal itu biasanya terjadi karena ada yang menganggu burung kacer, nemun selain itu nyiblek juga sering terjadi pada burung kacer yang jinak. (Baca juga: Cara Mengatasi Burung Kacer Terlalu Jinak)

Namun masalah nyiblek yang terjadi pada burung kacer, biasanya juga tidak bisa dikenali tanda-tandanya pada kesehariannya di rumah. Tapi ketika burung kacer sedang dilombakan lalu nyiblek, pasti akan terlihat apa permasalahan pada burung tersebut. Masalah tersebut pasti ada penyebabnya, bisa saja burung kacer mengalami mabung, sakit, kurang mapan, dan biasanya kurangnya makanan tambahan.

Jika burung kacer kesayangan anda sedang dalam masalah tersebut, anda harus mengatasinya dengan segera mungkin. Karena jika pada saat lomba burung kacer anda nyiblek bisa mengurangi nilai saat lomba. Baiklah, anda jangan khawatir karena kali ini saya akan memberi tips mengenai cara mengatasi burung kacer nyiblek melalui perawatan hariannya.


Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Nyiblek

1. Memberikan pakan tambahan

Untuk mengatasi nyiblek pada burung kacer cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu memberikan makanan tambahan. Seperti yang kita ketahui bahwa burung kacer sangat menyukai jangkrik, bahkan sudah menjadi makanan favorit. Oleh karena itu berikanlah makanan tambahan untuk burung kacer, dengan mengatur pola makan secara teratur.

Hal tersebut dapat membuat kacer tidak ngriwik saja tapi juga ngeplong, anda bisa memberikan jangkrik lalu taruh di dalam wadah. Anda bisa memberikan jangkrik hingga wadah penuh, tapi jangan lupa dilihat apakah burung bisa menghabiskan jangkrik tersebut. Jika tidak, anda bisa mengurangi porsi pemberian jangkrik.

2. Memandikan Burung Kacer

Cara kedua yang paling ampuh untuk mengatasi burung kacer nyiblek yaitu dengan memandikannya. Anda harus memandikannya secara rutin dengan minimal setiap seminggu sekali. Anda bisa menggunakan spray lalu disemprotkan ke tubuh burung sampai basah, namun bisa juga menggunakan keramba. Memandikan burung kacer bertujuan untuk menekan birahi dan menjaga emosinya supaya tetap stabil.

3. Penjemuran

Proses penjemuran ini sangatlah penting untuk burung kacer yang nyiblek. Burung kacer yang biasanya mondar-mandir dan tidak buka ekor atau nyiblek pasti bisa diatasi dengan memberikan penjemuran. Dengan menjemur burung kacer dapat memperkuat stamina burung kacer, jemurlah burung kacer pada jam 7 sampai jam 10.

Penjemuran harus dilakukan setiap 2-3 jam secara rutin dan harus setiap hari. Selanjutnya anda juga bisa memberikannya vitamin khusus untuk burung kicau, vitamin tersebut di campurkan dengan minumannya dan jika sudah selesai burung kacer bisa di kerodong kembali.

4. Berikan Kroto

Sebenarnya kroto dapat menambah protein untuk burung kacer. Namun anda harus bisa memperhatikan porsinya, jangan sampai berlebihan karena jika terlalu berlebihan birahinya akan meningkat dan akan menyebabkan kacer over birahi. Jika terjadi hal seperti itu, burung kacer akan susah untuk membuka ekornya. Sehingga burung kacer tidak akan emosi dan hanya naik turun tangkringan saja sambil nyiblek.

5. Pengumbaran

Cara terakhir yaitu anda bisa mengumbarnya lalu memberikan untulan untuk kacer. Anda bisa memberikannya untulan yaitu burung kecil untuk mengembalikan sifat keganasannya. Jika anda tidak memiliki burung kecil untuk pancingan, anda juga bisa menggunakan cicak, kadal kecil atau bisa juga dengan katak kecil.


Akhir Kata

Memang tidak heran jika burung kacer sering mengalami nyiblek. Tapi anda juga harus intropeksi diri, bisa jadi burung kacer anda nyiblek karena salah dalam perawatannya juga. Selain itu pola settingan pada burung kacer juga dapat mempengaruhinya. Oleh karena itu jangan sampai anda mengabaikan perawawatan dan settinga untuk burung kacer gacoan anda.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url