Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Manja Terlalu Jinak

Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Manja Terlalu Jinak - Halo sobat kicau mania nusantara! Jumpa lagi dengan saya, bagaimana kabarnya? Sehat dong pastinya, tetap jaga kesehatan ya kawan dan patuhi protokol kesehatan. Oke, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung kacer yang manja dan terlalu jinak. Seperti yang kawan ketahui, bahwa burung kacer memang burung liar yang hidup di alam bebas.

Burung kacer adalah burung petarung yang memiliki sikap agresif dan burung ini tidak memiliki sikap toleransi terhadap burung kacer lain yang berada di wilayah teritorialnya. Jika sampai ada kacer lain yang berada di wilayahnya, burung kacer akan langsung mengusirnya dengan suara kicauannya dan gaya ngobranya untuk meneror lawannya sebelum mereka beradu fisik. Maka hal tersebut, menjadi naluri alami yang dimiliki burung kacer dan tetap melekat mekipun sudah dipelihara di dalam kandang.

Tapi meskipun begitu ada juga burung kacer yang hilang jiwa fighternya karena sudah terlalu lama terpelihara di dalam kandang atau sangkar. Sehingga burung kacer sudah berubah menjadi terlalu jinak, manja dan juga kolokan. Biasanya burung seperti ini merupakan burung kacer anakan yang sudah dirawat lama. Tanpa di sadari perubahan tersebut terjadi karena kesalahan dalam perawatan dan perlakuan setiap harinya.

Akibat kesalahan itulah burung kacer kehilangan jati dirinya sebagai burung petarung yang agresif. Kawan semua harus tahu, burung kacer yang jinak dan manja biasanya burung yang dipelihara dari hasil lolohan, burung tersebut terlalu di manja dan sering digoda. Namun selain hal tersebut ada juga penyebab lainnya yaitu kurangnya pemberian EF.


Penyebab Burung Kacer Manja Terlalu Jinak

Burung kacer ini memang jenis burung yang harus memiliki stamina prima untuk menunjang karakter fighternya. Karena saat burung melakukan pertarungan, burung kacer sangat memerlukan energi yang besar. Energi yang besar tersebut bisa di dapatkan dari asupan protein yang cukup. Oleh karena itu, dalam pemberian ekstra fooding untuk burung kacer harus diperhatikan porsinya pastikan kacer cukup kenyang.

Perlu diperhatikan, kawan-kawan jangan hanya mengandalkan voer saja. Karena voer tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada kacer. Saat burung kacer kekurangan ekstra fooding, mereka akan selalu merasa lapar sehingga akan merengek manja dengan orang yang berada disekitarnya. Jika kejadian tersebut terus terjadi bertahun-tahun, jiwa fighter burung kacer akan hilang.

Sehingga akan membuat burung kacer menjadi semakin manja dan kolokan, karena kebiasaan buruk yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun. Apalagi jika kacer sering sekali digoda, maka sikap manjanya akan terus bertambah parah. Jika sudah seperti itu, burung kacer sudah tidak bisa kawan harapakan untuk tampil maksimal di perlombaan.

Nah, untuk mengembalikan jiwa fighternya. Burung kacer harus diberikan terapi khusus, dengan tujuan untuk mengembalikan naluri petarungnya. Meskipun perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuat kacer bisa garang dan agresif lagi.


Cara Cepat Mengembalikan Jiwa Fighter Burung Kacer Yang Manja

1. Perbaiki Rawatan Harian

Cara pertama yang harus kawan lakukan yaitu berikanlah perawatan yang biasa atau sewajarnya saja. Hentikan untuk menggoda burung kacer lagi, cukup dirawat dengan memandikannya di keramba, penjemuran teratur, dan pemberian ekstra fooding yang cukup ditaruh di cepuk tempat makannya saja.

2. Pemberian Gizi

Untuk memenuhi kebutuhan gizinya dan memulihkan stamina burung kacer. Bisa kawan berikan jangkrik setiap hari sampai kacer merasa kenyang, karena jangkrik dapat memberikan gizi yang baik dan mengembalikan stamina burung.

3. Menaikkan Emosinya

Jika ingin menaikkan emosi burung kacer, kawan harus menjemurnya dengan durasi yang cukup. Penjemuran harus dilakukan setiap hari sampai burung kacer mangap. Jika burung kacer sudah dijemur kuat dan cukup lama, kawan bisa melanjutkan dengan jemur sauna yaitu (Burung kering kerodong kering). Karena hal tersebut bertujuan untuk mendongkrak emosi burung dan membuat nafasnya menjadi lebih panjang. (Baca juga: Cara Meningkatkan Emosi Burung Kacer)

4. Buat Burung Menjadi Semi

Jika kawan ingin mengembalikan sifat asli burung kacer dan membuatnya jadi agresif, yang perlu kawan lakukan adalah membuat burung kacer menjadi semi giras. Kenapa begitu? Karena kalau terlalu jinak bisa membuat kacer jadi mbagong. Untuk membuatnya menjadi giras, burung kacer bisa diumbar setiap seminggu 2-3 kali supaya naluri liarnya bisa kembali lagi.

Proses pengumbaran tidak hanya membuat burung kacer menjadi giras, namun juga bermanfaat untuk stamina kacer lebih kuat dan nafasnya menjadi panjang. Jika burung sudah mulai semi jinak, kawan bisa memberikan umbaran pada kacer setiap 2 minggu sekali saja.

5. Penempatan Burung Kacer

Tips penempatan burung kacer yang baik yaitu di tempat yang sepi atau diasingkan. Pengasingan tersebut bertujuan untuk membatasi kontak fisik burung kacer dengan orang, hewan, dan lingkungan sekitarnya yang membuat kacer menjadi manja. Kawan juga bisa melakukan pengrodongan pada burung kacer, agar burung kacer bisa beristirahat dengan total dan emosinya tetap stabil.

Penutup

Demikian itulah sedikit cara untuk mengembalikan sifat asli burung kacer. Jika perawatan diatas dilakukan secara konsisten, burung kacer tidak akan kolokan lagi dan sifat aslinya kembali sebagai burung petarung yang garang.Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url