Berikut Cara Merawat Burung Kacer Anakan yang Masih Tahap Meloloh

 


Berikut Cara Merawat Burung Kacer Anakan yang Masih Tahap Meloloh - Halo Sobat Kacer Mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar cara perawatan burung kacer anakan yang masih dalam tahap meloloh. Jika anda ingin sukses dalam ternak kacer, berarti anda harus merawat anakan kacer dengan teratur.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam perawatan anakan kacer yaitu dengan pemberian pakan lolohan. Bagaimana cara kita memberi makan anakan kacer sedangkan kita tahu bahwa anak kacer belum bisa makan sendiri.

Maka dari itu, caranya adalah dengan melolohkan makanannya. Anakan burung kacer harus dipisah dari induknya sekitar 6 sampai 10 hari. Dengan tujuan agar anakan kacer bisa cepat jinak.


Beberapa Tips Cara Perawatan Anakan Kacer

1. Memberikan Makan Anakan Kacer 30 Menit Sekali

Setelah anakan kacer dipisahkan dari induknya pastikan harus diberikan makanan dengan waktu 30 menit sekali. Dikarenakan pada fase tersebut anakan kacer mengalami pertumbuhan dengan cepat sehingga membutuhkan pakan yang bergizi dan berprotein B.


2. Penakaran Pakan Kacer

Pakan lolohan untuk membuat takaran adonan pakan kacer dapat disesuaikan sendiri. Namun saya menyarankan agar anak kacer dapat diberikan pakan dengan campuran kroto 70% dan voer 30%. Jika kroto sulit didapatkan bisa diganti dengan ulat kecil atau ulat kandang.

Perlunya pengenalan dengan voer sangatlah penting. Jadi, apabila anak kacer sudah menginjak usia 15 hari ,takaran pakannya diganti 50 % kroto , 50 % voer. Selanjutnya ,jika sudah menginjak usia 20 hari,  kroto diganti dengan jangkrik, tetapi hanya perutnya saja. Kemudian jika usia sudah 30 harian, kacer bisa dipindahkan dalam sangkar gantung.

Di usia ini burung pastinya sudah memiliki naluri untuk terbang. Maka dari itu harus di masukkan sangkar agar tidak terbang.


3. Menjaga Kebersihan Sangkar

Sangkar harus dibersihkan setelah memberikan lolohan pada burung kacer, karena pasti akan mengeluarkan kotoran. Coba bayangkan jika ada 3 sampai 4 burung di dalam satu sarang lalu tidak dibersihkan.

Kemudian kotoran akan menumpuk di sekitar sarang dan akan menempel di sekitar perut kacer tentunya hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatannya.Lalu apabila tidak dibersihkan akan menimbulkan banyak bakteri yang menumpuk dan menyebabkan anakan kacer rentan terhadap penyakit hingga menyebabkan kematian.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk selalu rutin membersihkan sangkar/sarang. Sebaiknya diberishkan setiap pagi dan sore setelah diberi lolohan, karena itu akan membuat burung merasa nyaman saat beristirahat.


Akhir Kata

Demikian itulah tahapan dalam merawat anakan burung kacer dengan baik dan benar. Jika dilakukan dengan rutin akan memberikan hasil maksimal. Karena pada dasarnya burung kacer adalah burung petarung, jadi jangan dimanja agar nanti tidak hilang sifat fighter yang dimilikinya. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam Kicau Mania!



Sumber : https://www.bangparid.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url