Dijamin Ngeplong! Berikut Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeriwik


Dijamin Ngeplong! Berikut Cara Mengatasi Burung Kacer Ngeriwik - Sudah melakukan berbagai cara tapi burung kacer tidak kunjung ngeplong? Kacer yang ngeriwik sebenarnya bukan permasalahan yang tidak bisa ditangani, sebab burung kacer ngeriwik tentu disebabkan karena kurangnya pakan tambahan atau rawatan yang biasa-biasa saja.

Namun selain hal itu, burung kacer yang sering ngeriwik juga bisa disebabkan oleh karakter kacer itu sendiri. Seperti yang kita semua tahu, burung kacer memiliki 2 tipe karakter yaitu kacer tipe panas dan tipe dingin. Pada umumnya burung kacer yang sering ngeriwik memiliki karakter tipe dingin, yang artinya burung tersebut membutuhkan perawatan yang ekstra dan diberikan pakan tambahan yang cukup.

Jika Anda memiliki permasalahan dengan burung kacer Anda yang hanya ngeriwik dan tidak kunjung ngeplong, Anda tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkannya, karena saya akan membagikan tips tentang cara menangani burung kacer yang ngeriwik agar cepat ngeplong. Namun sebelum itu Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab burung kacer ngeriwik, sebagai berikut.


Penyebab Burung Kacer Ngeriwik dan Tidak Cepat Ngeplong

Setiap permasalahan pada burung berkicau seperti burung kacer ini, tentu memiliki faktor atau penyebab burung tersebut seperti itu. Seperti permasalahan pada burung kacer yang ngeriwik dan tidak kunjung ngeplong, jika Anda tidak segera mengatasi hal tersebut maka burung kacer akan nyaman berkicau dengan nada yang rendah atau ngeriwik saja. Agar Anda mengetahui penyebab kacer ngeriwik, anda bisa menyimak beberapa penyebab kacer ngeriwik antara lain:
  • Kurang sehat
  • Stress
  • Kurang birahi
  • Over birahi
  • Mulai masuk masa mabung
  • Setelah masa mabung
  • Kurangnya nutrisi
  • Pemberian EF tidak konsisten
  • Masalah pernapasan
  • Suara serak
  • Masih giras
  • Terganggu dengan burung lain
  • Drop mental
Penyebab kacer nggeriwik diatas adalah penyebab umum yang dialami para kacer mania ketika burung kacernya tidak kunjung ngeplong. Lalu, bagaiamana untuk mengatasi hal tersebut? Untuk mengatasi kacer yang ngeriwik, Anda bisa melihat caranya dibawah ini.

Cara Mengatasi Kacer Ngeriwik Agar Langsung Ngeplong

1. Terapi mandi hujan

Cara paling efektif untuk mengatasi burung kacer yang sering ngeriwik yaitu dengan melakukan terapi mandi hujan pada burung kacer. Cara melakukan terapi ini yaitu Anda bisa memandikan burung kacer ketika hujan gerimis atau sedang, masukkan kacer ke dalam keramba lalu hujan-hujankan. Namun jangan sekalipun Anda melakukan terapi ini ketika hujan derasa atau saat burung kacer mabung, karena akan berdampak burung pada kacer Anda.

2. Pengembunan secara rutin

Dari dulu hingga sekarang, pengembunan merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk mengatasi burung yang jarang bunyi atau hanya ngeriwik. Anda bisa menerapkan pengembunan secara rutin pada burung kacer Anda. Untuk memulai pengembunan bisa dilakukan dari jam 4.30 sampai jam 5.30 pagi hari.

3. Rutin memberikan EF dan multivitamin

Ekstra fooding merupakan pakan untuk menambah asupan nutrisi pada burung kacer, oleh karena itu ekstra fooding sangat penting diberikan setiap harinya. Anda bisa memberikan ekstra fooding berupa jangkrik secukupnya dan juga kroto, lakukan secara rutin dan tunggu perubahannya selama 1 sampai 2 minggu.

4. Penjemuran secara bertahap

Penjemuran juga penting untuk burung kacer, apalagi burung kacer yang sering ngeriwik. Biasanya burung kacer ngeriwik disebabkan kacer kacer kurang birahi, oleh karena itu Anda bisa meningkatkan birahinya dengan cara memberikan penjemuran secara bertahap.

Kenapa saya bilang bertahap? Karena burung kacer tidak akan kuat apabila dijemur langsung terlalu lama, oleh karena itu Anda bisa melakukan penjemuran setiap hari dengan menambah durasi penjemuran setiap hatinya sampai burung kacer kuat dijemur dari jam 07.00 hingga 10.00.


5. Pancing dengan suara betina

Cara yang terakhir agar kacer cepat ngeplong yaitu dengan memancing burung kacer dengan suara kacer betina. Hal itu dikarenakan jika burung kacer jantan dipancing dengan suara kacer betina, maka naluri kacer tersebut akan memanggil dan membuat burung kacer langsung ngeplong. Anda bisa menggunakan pancingan mp3 suara pancingan kacer betina atau lebih baik lagi memiliki kacer betina yang sudah rajin bunyi.

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada Anda semua, mengenai cara mengatasi kacer yang ngeriwik. Anda bisa langsung mempraktikkan cara diatas agar burung kacer Anda cepat ngeplong dan rajin ngeplong, jangan lupa untuk melakukan cara tersebut dengan konsisten ya. Salam Kacer Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url