Manfaat & Efek Samping Jangkrik Untuk Burung Kacer

 

Manfaat & Efek Samping Jangkrik Untuk Burung Kacer - Halo sobat kacer mania semuanya! Pada kesempatan kali ini saya mengulas artikel mengenai manfaat dan efek samping dari pemberian jangkrik untuk burung kacer. Bagi kalian yang sudah lama memelihara burung kacer atau burung berkicau lainnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan pakan tambahan atau ekstra fooding yang satu ini. Bahkan jangkrik bisa dikatakan pakan harian yang wajib diberikan untuk burung kacer agar tetap rajin bunyi.

Hal itu dikarenakan jangkrik merupakan ekstra fooding yang sangat bermanfaat untuk burung kacer apabila diberikan dengan porsi yang pas. Nah, apabila pemberian jangkrik tidak pas atau berlebihan. Malah akan menimbulkan permasalahan pada burung kacer tersebut, biasanya birahi burung kacer akan berlebihan dan menyebabkan burung kacer mbagong.

Namun bukan berarti kalian menghentikan pemberian ekstra fooding, karena ekstra fooding sangat penting untuk burung kacer. Sebab kadar protein yang terkandung pada voer sangatlah rendah, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan protein burung kacer di setiap harinya. Dengan pakan tambahan berupa jangkrik, akan memenuhi protein harian burung kacer dan burung akan lebih rajin berkicau setiap harinya.

Tidak hanya untuk burung kacer saja, jangkrik juga bagus diberikan untuk burung berkicau lainnya. Khususnya untuk burung pemakan serangga, karena berfungsi untuk memenuhi kebutuhan protein burung agar performa burung tersebut menjadi maksimal. Lalu, apa sih manfaat dari pemberian jangkrik pada burung berkicau? Simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Jangkrik Untuk Burung Kacer

1. Kacer lebih sehat dan aktif

Ekstra fooding berupa jangkrik juga dapat membuat tubuh burung kacer lebih sehat dan lebih aktif. Jika burung kacer diberikan jangkrik dengan rutin setiap harinya, maka burung tersebut akan lebih kebal terhadap penyakit. Selain itu dengan memberikan jangkrik sesuai takaran pemberian harian, dapat membuat burung kacer lebih aktif bergerak dan bunyi.

2. Meningkatkan birahi kacer

Pemberian ekstra fooding berupa jangkrik, juga dipercayai oleh para kicau mania dapat menaikkan birahi burung kacer. Bagi kalian yang memiliki burung kacer kurang birahi, kalian bisa memberikan jangkrik dengan jumlah yang pas agar birahinya bisa stabil.


3. Membuat kacer cepat ngeplong

Jika kalian memiliki burung kacer yang ngeriwik dan tidak kunjung ngeplong, kalian bisa memberikan jangkrik untuk mengatasinya. Dalam hal ini kalian harus memberikan jangkrik secara rutin setiap harinya, semisal pagi 5 ekor dan sore 5 ekor di setiap harinya. Jika sudah seminggu atau lebih , kalian bisa memperhatikan perubahan pada kacer tersebut.

4. Membuat bulu kacer sehat dan rapi

Manfaat berikutnya dari pemberian jangkrik untuk burung kacer yaitu dapat membuat bulu kacer menjadi sehat dan rapi. Memang benar, dengan memberikan pakan tambahan seperti jangkrik pada burung kacer secara rutin. Tentu akan membuat bulu kacer menjadi sehat dan lebih kuat, selain itu bulu burung kacer juga akan terlihat lebih rapi.

Efek Samping Pemberian Jangkrik Berlebihan Pada Burung Kacer

1. Birahi yang berlebihan

Jika kalian memberikan jangkrik dengan porsi yang berlebihan, maka akan menyebabkan burung kacer kalian over birahi atau birahi yang berlebihan. Jika burung kacer sudah over birahi, biasanya akan datang permasalahan-permasalahan pada burung kacer. Oleh karena itu kalian harus benar-benar memperhatikan takaran pemberian jangkrik pada kacer.

2. Membuat kacer mbagong

Bagi kalian yang sudah lama memelihara burung kacer, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah mbagong atau mbedes pada burung kacer. Mbagong atau mebedes yang terjadi pada kacer ini juga bisa disebabkan karena pemberian jangkrik yang berlebihan. Jika kacer kalian sudah seperti mengalami permasalahan ini, kalian harus segera mengatasinya.

3. Sering ngeruji

Burung kacer yang over pemberian jangkrik, biasanya akan sering ngeruji saat di trek atau di lombakan. Hal ini dikarenakan dengan pemberian jangkrik yang berlebihan, dapat menyebabkan birahi burung kacer akan meningkat dan melebihi batasannya. Sehingga burung merasa kurang nyaman dengan kondisi tubuhnya dan menyebabkan burung sering ngeruji.

Penutup

Seperti itulah beberapa manfaat dan efek samping dari pemberian jangkrik untuk burung kacer. Memang jangkrik memiliki manfaat yang sangat baik untuk burung kacer dan burung berkicau lainnya, namun semua itu tidak akan baik apabila diberikan secara berlebihan. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini, semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk para kicau mania.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url