Tips Memilih Bakalan Burung Kacer Calon Jawara

 

Tips Memilih Bakalan Burung Kacer Calon Jawara - Hallo sobat kicau mania Indonesia! Bagimana kabarnya? Sehat kan. Meskipun di bulan januari masih musim penghujan, tetap semangat ya dalam menjalankan aktivitas. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara memilih bakalan burung kacer calon jawara. Kacer adalah burung lomba yang memiliki jiwa fighter yang kuat dan suara kicauan yang indah. Sehingga burung kacer tersebut menjadi primadona di kalangan pecinta burung.
Dalam memilih bahan kacer harus benar-benar di perhatikan, jangan sampai kamu memilih burung kacer yang cacat atau sakit. Kacer ombyokan sendiri saat ini sudah sangat banyak dijual secara online melalui media sosial dan juga marketplace. Pilihlah burung kacer yang sehat dan memiliki bulu yang rapi serta alis tidak botak.
Hal ini dikarenakan burung kacer yang memiliki bulu mulus dan terlihat mengkilap, menandakan bahwa kacer tersebut sudah mapan dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu burung kacer yang memiliki bulu yang mulus, proses mabung pada kacer akan lebih cepat. Jika kamu adalah pemula dan ingin membeli burung kacer anakan, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Supaya bisa mendapatkan burung kacer yang berkualitas unggul.
Ketika sedang memilih bakalan burung kacer yang bagus, kamu bisa melihatnya dari beberapa cara ini, yaitu fisik burug kacer yang prospek dan sudah terdapat isian alam yang komplit. Jika kacer kamu sudah memiliki ciri seperti itu, kamu tinggal merawatnya supaya cepat gacor saat lomba. Sebelum masuk ke tips nya, kamu perlu mengetahui kriteria kacer bakalan yang berkualitas.

Kriteria Burung Kacer Kacer Bakalan Prospek

Sebelum melanjutkan ke inti yaitu tips memilih burung kacer bakalan yang bagus, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kriteria burung kacer yang prospek sebagai berikut:
  • Memiliki mental baja.
  • Memiliki volume suara yang bagus.
  • Materi bagus.
  • Memiliki gaya tarung yang menarik
Perlu kamu ingat, bahwa burung yang mahal belum tentu memiliki potensi yang bagus. Karena semuanya tergantung dari pemilik burung tersebut merawatnya setiap hari. Tapi untuk permulaan yang baik, kamu harus memilih kacer bakalan yang berkualitas agar menjadi jawara di perlombaan nanti.


Cara Memilih Burung Kacer Bakalan Calon Jawara

1. Memilih jenis kelamin kacer

Dalam memilih bahan kacer untuk lomba, kamu wajib memilih burung kacer yang berjenis kelamin jantan. Lantas, kenapa harus yang jantan? Karena burung kacer jantan memiliki suara yang cenderung lebih keras dan bervariasi daripada kacer betina.

Jika kamu adalah pemula yang ingin merawat burung kacer, cara membedakan jenis kelamin kacer jantan dan betina cukup melihat bulu di bagian dadanya. Kacer jantan memiliki bulu dada yang hitam mengkilap sedangkan betina memiliki bulu abu-abu yang kusam.

2. Bentuk paruh kacer

Ketika kamu sedang memilih kacer bakalan untuk lomba, jangan lupa perhatikan bentuk paruhnya. Kenapa memperhatikan bentuk paruh? Karena bentuk paruh sangatlah berpengaruh pada kualitas suara burung kacer itu sendiri.

Kacer yang memiliki bentuk paruh panjang dan tebal, biasanya kualitas suaranya akan sangat bagus. Selain itu juga, kamu harus benar-benar memperhatikan bahwa paruh pada kacer tidak boleh bengkok atau panjang sebelah. Karena hal itu juga dapat mempengaruhi nyaring tidaknya suara kicauan yang dikeluarkan burung kacer.

3. Bentuk mata kacer

Selain bentuk paruh dan jenis kelamin, jangan lupa untuk mengamati bentuk matanya. Jika kamu menemukan kacer yang memiliki bentuk mata bulat, besar, dan melotot, bisa dipastikan bahwa burung kacer tersebut memiliki mental fighter yang kuat. Karena jika kamu memilih kacer yang memiliki mata kecil, bisa dipastikan bahwa kacer tersebut kurang mental fighter.

4. Bulu warna putih pada sayapnya

Hal ini banyak diyakini oleh para kacer mania di Indonesia, bahwa burung kacer yang prospek untuk dijadikan lomba yaitu burung kacer yang memiliki bulu warna putih lebar di bagian sayap kanan dan kirinya. Burung kacer yang seperti itu, umumnya memiliki mental fighter yang tinggi dan ngotot saat berkicau.

5. Berhidung besar dan tembus

Untuk memilih burung kacer yang prospek dan calon jawara, kamu bisa memilih burung kacer yang memiliki hidung besar . Jika ingin menentukan kualitasnya, kamu bisa juga melihat melalui lubang hidungnya. Pilihlah burung kacer yang memiliki hidung besar tembus dan yang sangat dekat dengan mata. Cara mengamatinya, bisa kamu bandingkan dengan kacer lainnya.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips memilih burung kacer bakalan calon jawara. Jika kamu ada pertanyaan tentang artikel ini boleh tulis di kolom komentar ya. Sekian artikel pada hari ini, semoga bermanfaat dan tetap semangat untuk merawat burung kacer dengan konsisten Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di tips dan informasi tentang perawatan burung kacer lainnya. Salam Kacer Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url