Pasti Koncer! Berikut Rahasia Settingan Burung Kacer Untuk Lomba

Pasti Koncer! Berikut Rahasia Settingan Burung Kacer Untuk Lomba - Bingung dengan burung kacer yang tidak pernah koncer saat dilombakan? Bagi anda yang pernah mengalami hal itu, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi. Karena kali ini saya akan membongkar rahasia setinggan burung kacer agar juara saat diperlombaan. Saya membuat artikel ini karena banyak banget para sobat kicau mania yang mengeluh. Umumnya masalah yang terjadi yaitu burung saat dirumah gacornya gak karuan, namun ketika diperlombaan burung cenderung lebih diam dan melempem.

Tetapi kali ini anda tidak perlu khawatir sobat, saya akan membagikan pada sobat semua rahasia settingan terbaik untuk kacer lomba. Namun sebelum itu perlu anda ketahui, burung kacer pastinya juga memiliki kebiasaan yang buruk. Kebiasaan buruk tersebut seperti menggembungkan bulunya seperti kuda laut atau bisa disebut dengan burung kacer mbagong. Apalagi jika hal tersebut dilakukan burung kacer pada saat perlombaan, maka sobat harus segera mengurus burung tersebut dengan baik.

Ketika mencari setelan untuk burung kacer lomba, tidak semudah seperti yang anda bayangkan. Jika sobat mengharapkan burung tersebut memberikan hasil yang menyenangkan dan bermental juara, pastinya juga membutuhkan proses yang panjang. Ketika sobat melihat ada burung kacer yang memiliki suara yang merdu dan juga gacor dan juga selalu juara ketika perlombaan, pastinya pemilik burung kacer tersebut sudah merawatnya dengan baik dan konsisten.

Nah, bagi anda yang penasaran bagimana sih caranya agar burung kacer bisa koncer atau juara disperlombaan? Langsung saja simak ulasan berikut ini.


Rahasia Settingan Burung Kacer Lomba Agar Juara

1. Pemberian Pakan yang Tepat

Dalam memberikan pakan untuk burung kacer aduan, anda harus benar-benar mencermati pakan yang sobat berikan. Usahakan untuk selalu memberikan makanan yang pas bagi kacer yang ingin dilombakan. Sobat bisa membiasakan burung kacer mengonsumsi ekstra fooding atau EF dengan standar yang pas bagi burung kacer. 

Contohnhya sobat bisa memberikannya ekstra fooding seperti jangkrik, pemberian makanan dengan porsi besar seperti 3 ekor pada pagi hari dan 2 ekor saat malam hari. Untuk kroto, sobat cukup memberikannya sekali dalam seminggu dan harus bisa menyesuaikan porsi yang tepat sesuai kondisi kacer tersebut.

Jika burung kacer sobat akan segera mengikuti lomba, contohnya perlombaan tersebut dilaksanakan pada hari sabtu. Pada h-3 perlombaan sobat bisa menambahkan porsi dalam memberikan ekstra fooding, sehingga yang tadinya 3 menjadi 4 ekor dipagi hari dan yang tadinya 2 menjadi 3 dimalam hari. Untuk h-2 perlombaan sobat bisa tambahkan lagi menjadi 5 di pagi hari dan 3 di malam hari, selanjutnya pada h-1 sobat bisa menambahkan menjadi 6 di pagi hari dan 4 ekor di malam hari. 

Jika sudah di hari H nya yaitu sabtu tadi, sobat bisa mengurangi pemberian ekstra fooding tersebut seperti di awal yaitu 3 di pagi hari dan 2 di malam hari. Lakukan cara tersebut dengan tepat dan pas agar burung kacer anda terlihat perubahannya. (Baca juga: Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer).

2. Penjemuran dan Pemandian

Untuk proses settingan agar burung kacer gacor, sobat bisa memandikan burung kacer secara rutin di apgi hari atau di sore hari. Lalu jangan lupa juga untuk menjemurnya, waktu yang baik untuk penjemuran burung kacer yaitu sekitar jam 08.00 sampai jam 10.00 WIB pada pagi hari. Penjemuran tersebut bisa dilakukan dengan cara memasukkan burung kacer dalam sangkar, lalu bisa anda gantang di tempat yang bisa terkena sinar matahari secara langsung dan juga aman dari gangguan hewan lain.

Jika burung kacer tersebut akan mengikuti lomba dalam waktu dekat, sebaiknya perawatan tersebut harus dilakukan secara maksimal dan konsisten. Supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Namun saat burung kacer akan mengikuti perlombaan, cara terbaiknya jangan mandikan burung di h-3 perlombaan. Mandikanlah pada saat burung akan berangkat ke arena perlombaan saja.

3. Melatih Fisik dan Stamina Burung Kacer

Burung kacer yang selalu dilatih fiisknya, pasti akan mempunyai power dan juga energi yang berbeda. Karena burung kacer ketika berada di habitat aslinya justru lebih aktif dibandingkan ketika di dalam sangkar, lebih diam dan jarang terbang mengepakkan sayapnya. Untuk melatih burung kacer supaya bisa bergerak aktif, sobat bisa melakukannya di kandang umbaran.

Namun pastinya ukuran kandang tersebut lebih lebar dari kandang kacer pada umumnya. Proses pengumbaran dilakukan dengan durasi sekitar 15 hingga 35 menit atau bisa juga dengan durasi yang lebih lama. Tapi jangan melakukan pengumbaran setiap hari, cukup sobat lakukan setiap seminggu sekali saja.

Cara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan birahi pada burung kacer dan juga melatih pernafasan pada burung serta ototnya agar tidak kaku, sehingga burung kacer selalu dalam keadaan prima.

4. Pengkrodongan dan Pemasteran

Sebagai pemilik burung kacer untuk dilombakan, sebaiknya tidak melakukan pengkrodongan secara terus menerus pada burung kacer. Memang pengkrodongan sangat penting bagi burung kacer, karena bisa menjaga emosi burung kacer tetap terjaga dan birahinya stabil. Tidak lupa juga, kenyamanan dan keamanan dalam pengkrodongan sangat diperlukan, untuk setelan dirumah atau di arena perlombaan.

Kemudian untuk pemasterannya sobat bisa menggunakan mp3 audio suara burung kicau atau bisa juga dengan menggunakan isian asli agar burung lebih fasih dan maksimal. Tahap pemasteran harus dilakukan secara rutin pada malam hari (Wajib Malam Hari).

Usahakan ketika proses pemasteran dilakukan di tempat yang tertutup dan tidak ada gangguan dari hewan lain, supaya burung lebih fokus dengan suara masteran. (Baca juga: Cara Ampuh Memasteri Burung Kacer).

5. Melatih Mental Burung Kacer

Pelatihan mental untuk burung kacer sangat diperlukan dan penting untuk dilakukan, karena jika burung kacer sobat sangat gacor ketika dirumah belum pasti saat diperlombaan burung tersebut bisa tetap gacor. Maka dari itu sobat harus sering mengikuti latber ataupun latihan bersama, atau sobat bisa mengetes mental kacer dengan cara ditrek dengan burung kacer lain.

Latihan tersebut bisa sobat lakukan setiap satu minggu sekali, dengan cara ini juga sobat bisa mengetahui apakah latihan yang sobat lakukan berhasil atau tidak. Namun agar mental burung kacer lebih masksimal lagi, anda bisa mengikuti cara melatih mental burung kacer.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara menyetting burung kacer supaya menjadi juara di arena perlombaan. Dengan cara tersebut sobat bisa melakukannya dengan mudah dirumah secara konsisten. Bagi anda yang memiliki pertanyaan atau ingin request artikel seputar burung berkicau, anda bisa tulis di kolom komentar. Salam Kacer Mania Indonesia!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url