Tips Merawat Burung Kacer Trotol Agar Cepat Ganti Bulu Dan Gacor

Tips Merawat Burung Kacer Trotol Agar Cepat Ganti Bulu Dan Gacor - Jika kalian memiliki burung kacer trotol yang gagal mabung atau lama ganti bulu, dengan membaca dan mempraktikkan tips pada artikel ini burung kacer trotol kalian akan cepat copot bulu dan semakin gacor. Memang kondisi mabung atau bergantinya bulu lama ke bulu baru biasa terjadi pada burung, termasuk burung kacer. Namun pada dasarnya tidak semua burung kacer dapat melewati proses mabungnya dengan lancar.

Mabung yang gagal pada burung kacer memang sudah biasa dialami oleh pecinta kacer mania. Umumnya gagal mabung dialami oleh burung kacer yang sudah dewasa, namun tidak sedikit burung kacer trotol yang mengalami gagal mabung. Jika burung kacer trotol kalian susah merontokkan bulunya, kalian harus segera menangani hal tersebut.

Dikarenakan jika burung yang gagal mabung tidak segera diatasi, bisa menjadikan penyebab bulu burung kacer tidak rapi bahkan bisa sampai rusak sekalipun. Tentunya kalian tidak menginginkan hal itu terjadi, sebab burung kacer yang memiliki bulu rapi, cerah, megkilap akan lebih enak untuk dipandang.


Cara Mengatasi Burung Kacer Trotol Gagal Mabung

1. Terapi Sauna

Cara pertama yang sudah dipercaya ampuh mengatasi kacer trotol gagal mabung yaitu dengan melakukan terapi sauna. Cara ini aman dilakukan karena tidak menggunakan bahan bantuan apa pun. Cara melakukan terapi sauna yaitu dengan menkerodong sangkar burung kacer yang sedang ganti bulu. Saya menyarankan kalian untuk menggunakan kerodong berwarna hitam atau gelap yang cukup tebal.

Setelah dikerodong, semprot kerodong tersebut dengan air spray agar nantinya si kacer dapat beradaptasi dengan panas di dalam sangkarnya. Jika sudah, jemur burung kacer tersebut dalam keadaan dikerodong tadi, nantinya suhu di dalam sangkar akar panas dan membuat pori-pori pada kacer membesar. Hal itulah yang bisa membantu kacer trotol cepat rontok bulu.

2. Mengasingkan Burung Kacer

Selain melakukan terapi sauna, anda juga bisa mengasingkan burung kacer trotol yang mabung ke tempat yang agak lembab. Tetapi kalian juga perlu memastikan bahwa burung kacer tersebut jauh dari jenis burung fighter lainnya.

Kenapa demikian? Karena hal tersebut tentunya akan membuat burung kacer emosi dan menguras banyak energi, sehingga dapat membuat kacer mengalami stres. Dalam melakukan proses ini, kalian tidak perlu menkerodong sangkar burung kacer. Biarkan saja kacer menikmati masa mabungnya dengan tenang.

3. Jangan Dimandikan

Hal yang perlu di hindari pada saat kacer mengalami mabung yaitu jangan memandikan kacer. Hal itu dikarenakan jika burung kacer dimandikan, maka akan membuat burung kacer kedinginan dan dapat menyebabkan pori-porinya menciut sehingga bulu kacer menjadi sulit untuk rontok.

4. Berikan Kroto Dicampur Susu Bubuk

Cara ini merupakan cara yang terbukti ampuh dalam mengatasi kacer yang sedang mabung, yaitu dengan mencampur susu bubuk dan kroto. Jika kalian ingin mencoba cara ini, kalian bisa menggunakan susu bubuk rasa vanila atau original saja. Pemberian pakan seperti ini bisa kalian lakukan selama seminggu agar hasilnya maksimal.

5. Jangan Dijemur

Pada saat burung kacer mengalami mabung, hentikan penjemuran pada burung kacer. Hal ini agar menghindari bulu baru yang tumbuh supaya tidak keriting atau rusak. Namun jika burung kacer kalian merasa kurang sehat apabila tidak dijemur, kalian bisa memberikan penjemuran sebentar saja hanya untuk menghangatkan tubuh kacer.

Akhir Kata

Beberapa cara diatas merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi kacer trotol agar cepat ganti bulu atau mabung dengan cepat, asalkan kalian melakukannya dengan tepat dan selalu konsisten. Baiklah, sekian dulu tips kali ini. Selalu nantikan tips dan cara penanganan semua permasalahan pada burung kacer hanya di sini. Salam Kacer Mania Nusantara!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url