Cara Jitu Mengatasi Bulu Burung Kacer Tidak Rapi Atau Rusak

Cara Jitu Mengatasi Bulu Burung Kacer Tidak Rapi Atau Rusak - Halo sobat kacer mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara ampuh mengatasi bulu burung kacer yang nyerit, tidak rapi, bahkan sampai rusak. Nah, di artikel kali ini saya akan membahas tuntas bagaimana cara untuk mengatasi burung kacer yang mengalami permasalahan tersebut. Penasaran ya bagaimana caranya? Simak terus setiap ulasan di artikel ini ya.

Burung kacer merupakan burung yang unik dan banyak digemari para pecinta burung berkicau. Selain memiliki gaya tarung yang keren dan kicauan bervariasi, burung kacer juga memiliki bulu yang indah dan mengkilap. Namun bulu yang mengkilap pada kacer tidak bisa didapatkan hanya dengan merawat burung kacer secara cuma-cuma.

Jika burung kacer dirawat dengan ala kadarnya, bulu pada burung kacer akan terlihat kusam, rusuh, nyerit, bahkan sampai rusak. Namun biasanya burung yang mengalami masalah tersebut, terjadi ketika burung kacer sedang mabung. Dengan perawatan yang kurang maksimal, tentu burung akan mengalami stres sampai mencabut bulunya sendiri. (Baca juga: Cara Mengatasi Burung Kacer Stres)

Tidak hanya itu, bulu burung kacer yang rusak juga bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak penyebab bulu burung kacer rusak dibawah ini.

Penyebab Bulu Kacer Mengalami Kerusakan

Bulu Rusak Akibat Kurangnya Nutrisi

Bulu kacer yang rusak bisa disebabkan karena kurangnya nutrisi pada tubuh kacer, karena dengan pemberian nutrisi yang tinggi dan berkualitas tentu akan menjadi syarat penting untuk pertumbuhan bulu si kacer. Dalam hal ini burung kacer yang kekurangan nutrisi, tidak akan mampu untuk memperbaiki bulunya. Oleh karena itu anda harus memberikan nutrisi yang cukup kepada burung kacer anda.

Bulu Rusak Akibat Kondisi Burung

Bulu kacer yang rusak juga bisa disebabkan karena kondisi burung itu sendiri, misalnya seperti ketika kacer memasuki masa mabung. Jika anda memberikan perawawatan yang tidak tepat pada saat kacer mengalami mabung, maka akan menjadi salah satu penyebab burung kacer mengalami stres. Maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan perawatan burung kacer anda ketika mengalami mabung.

Bulu Rusak Akibat Salahnya Perawatan

Salahnya perawatan harian juga bisa menyebabkan bulu burung kacer mengalami kerusakan. misalnya, burung kacer yang setelah dimandikan langsung dijemur di bawah terik matahari. Dalam hal ini penjemuran pada saat bulu dalam keadaan basah akan menyebabkan minyak yang terdapat pada permukaan bulu kacer akan menguap.

Jika sudah seperti itu, bulu kacer akan menjadi tipis, rentan mengalami kerusakan, dan warnanya menjadi kusam. Oleh karena itu jangan menjemur burung kacer ketika bulunya dalam keadaan basah kuyup, angin-anginkan terlebih dahulu lalu baru lakukan penjemuran.

Bulu Rusak Akibat Kutu

Kerusakan bulu kacer juga bisa disebabkan karena terdapat kutu pada bulu burung tersebut, umumnya bulu yang tidak rapi pada burung kacer disebabkan karena adanya kutu. Jika burung kacer anda sudah terkena kuru, anda harus segera melakukan penanganan khusus agar kutu tersebut tidak tersebar ke burung peliharaan lainnya. (Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Pada Kacer)

Cara Menangani Bulu Kacer Mengalami Kerusakan

Jika anda ingin mengatasi bulu kacer anda yang rusak, anda harus memberikan nutrisi yang cukup pada burung kacer tersebut. Dalam hal ini nutrisi tersebut berasal dari pakan hariannya. Anda bisa memberikan voer dengan kandungan nutrisi, protein, lemak, karbohidrat, dan serat yang tinggi. Tidak lupa juga anda harus memberikan ekstra fooding pada burung kacer, seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong.

Agar bulu kacer menjadi cerah dan mengkilap, anda bisa memberikan minyak ikan. Teteskan dan oleskan minyak ikan ke EF agar EF tersebut dimakan oleh burung kacer. Selain itu anda juga haru memberikan vitamin dan mineral yang cukup. Untuk asupan vitamin, anda bisa memberikan BirdVit. Untuk asupan mineral, anda bisa memberikan BirdMineral.

Jika vitamin dan mineral burung kacer sudah terpenuhi, anda bisa membenahi rawatan harian yang biasa anda berikan. Salah satunya yaitu penjemuran, jemurlah burung kacer secara benar dengan suhu dan durasi yang pas. Karena tahap penjemuran merupakan salah satu kunci bulu burung kacer, jika terlalu lama akan membuat bulu kacer keriting dan rusak.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi bulu kacer yang mengalami kerusakan. Anda bisa mempraktikkan langsung pada burung kacer anda dengan konsisten agar bulu burung kacer bisa cepat rapi dan mengkilap kembali. Sekian tips yang bisa saya bagikan kepada anda semua, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url