Berikut Tips Jitu Memilih Bakalan Burung Cendet yang Bagus

Berikut Tips Jitu Memilih Bakalan Burung Cendet yang Bagus - Seperti yang kita ketahui, bahwa burung cendet merupakan sebangsa burung pemangsa seperti burung elang dan burung alap-alap. Tetapi bukan itu yang menjadi burung cendet menarik, burung cendet banyak disukai dan dikenal oleh pecinta burung karena memiliki kemampuan di atas rata-rata saat menirukan berbagai suara burung kicau jenis lain.

Burung cendet juga memiliki sifat petarung yang luar biasa. Maka tidaklah heran jika burung cendet ini sering di ikut sertakan dalam perlombaan burung berkicau. Jika kita membahas suatu hal yang berkaitan dengan lomba burung cendet, pastinya kita sangat perlu memperhatikan kualitas bakalan burung cendet tersebut.


Pentingnya Memilih Bakalan Burung Cendet yang Berkualitas

Jika menginginkan burung cendet yang berkualitas, kita harus memeliharanya sejak kecil. Namun tidak semua anakan cendet blangkon memiliki kualitas yang baik. Karena sebelum kita memulai memeliharanya, kita harus memilih bakalan burung cendet yang bagus. Bakalan cendet yang bagus sangatlah penting karena akan berpengaruh saat sudah dewasa nantinya.

Dalam memilih bakalan burung cendet yang bagus dan berkualitas sangatlah mudah. Tetapi bagi kamu yang masih pemula perlu membutuhkan ketelitian dan pengetahuan tentang burung cendet tersebut. Karena jika sampai kita salah memilih bakalan burung cendet, sangat di khawatirkan nantinya memiliki suara yang tidak bisa ngeplong, gacor, atau hanya bisa menghabiskan makanan saja.

Lalu, bagaimana cara memilih bakalan cendet yang bagus dan berkualitas? Tenang, kali ini saya akan membagikan tips cara memilih bakalan burung cendet yang berkualitas. Untuk itu, simak terus ulasannya dibawah ini.


Cara Akurat Memilih Bakalan Burung Cendet Berkualitas

1. Pastikan berjenis kelamin jantan

Ketika kamu memilih bakalan cendet yang berkualitas, yang kamu utamakan adalah memilih jenis kelamin jantan. Mengapa harus memilih burung cendet yang berjenis kelamin jantan? Karena burung cendet jantan memiliki suara kicau yang lebih ngeplong dan gacor daripada cendet betina. Selain itu cendet jantan memeiliki variasi lagu yang banyak sekaligus juga memiliki jiwa petarung yang kuat.

2. Perhatikan bentuk tubuh cendet

Bakalan burung cendet yang berkualitas, pasti memiliki ciri tubuh tertentu dan berbeda dengan cendet lainnya. Diantaranya yaitu memiliki kepala yang besar dan juga cepak. Memiliki mata yang terlihat melotot, memiliki pangkal paruh yang lebar dan besar, paruh yang bawah cenderung berbentuk lurus, dan paruh yang atas pipih membengkok ke bawah.


Selain itu burung cendet bakalan yang bagus memiliki postur tubuh yang panjang dan terlihat proposional dan memiliki warna bulu yang kontras.

3. Perhatikan saat bertengger

Anakan burung cendet jantan pastinya memiliki cara bertengger yang terlihat tegak dan gagah. Karena jika dibandingkan dengan burung cendet betina biasanya memiliki posisi yang berbeda dan terlihat ngebebek atau setengah duduk.

4. Pilih ekor yang menyatu dan rapi

Kamu juga bisa memilih burung cendet yang memiliki ekor yang menyatu dan rapi. Karena sebagian burung cendet ada yang memiliki karakter anteng atau nagen saat berada di tangkringan sambil berkicau dengan gacor, dan biasanya burung cendet yang seperti itu memiliki ekor yang lurus menyatu seperti angka satu.

5. Mata melotot dan lubang hidung tembus

Burung cendet bakalan yang bagus yaitu memiliki bola mata yang menonjol atau seperti melotot dengan tajam. Selain itu untuk lubang hidungnya, kamu bisa memilih yang tembus. Kenapa demikian? Karena burung cendet dengan lubang hidung tembus, dipercaya bisa berkicau dengan durasi yang lama tanpa jeda.

Penutup

Demikian itulah beberapa cara dalam memilih burung cendet bakalan yang berkualitas. Kamu bisa memilihnya dengan teliti supaya mendapatkan bakalan yang sempurna. Sekian dulu artikel pada hari ini, semoga bermanfaat untuk semuanya. Salam Kicau Mania Indonesia!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url