Kelebihan dan Keistimewaan Burung Cendet Blangkon Madura

Kelebihan dan Keistimewaan Burung Cendet Blangkon Madura - Halo sobat cendet nusantara! Siapa nih yang belum tau burung cendet blangkon Madura? Saya yakin pasti semuanya sudah mengenal burung cendet blangkon Madura. Bagi yang belum mengenal cendet blangkon atau biasa disebut dengan cendet gondrong dari Madura, simak artikel ini sampai selesai. Karena saya akan mengupas tuntas seputar burung cendet blangkon madura.

Burung cendet blangkon madura merupakan jenis burung yang banyak dipelihara pecinta burung dan keberadaannya sangat mudah dijumpai khususnya di Madura. Pada dasarnya cendet termasuk burung pemakan serangga, tidak hanya itu burung ini juga memiliki jiwa petarung. Di Indonesia banyak sekali jenis burung cendet yang pasti memiliki kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Tetapi jika dilihat semua jenis burung cendet hampir memiliki ciri yang sama.

Salah satu jenis burung cendet populer dan memiliki ciri berbeda yaitu cendet blangkon madura. Jika diperhatikan secara seksama, burung cendet memiliki ciri yang berbeda dari cendet yang ada di daerah lain. Perbedaan yang paling menonjol yaitu pada bagian dadanya, tengkuk dan juga dibagian ekor. Di bagian dada cendet blangkon Madura berwarna putih bersih seperti kapas dan dibagian tengkuk berwarna abu-abu.

Selain itu burung cendet gondrong juga memiliki ekor yang panjang. Namun, bagi pemula yang baru saja membeli burung ini pasti akan kesulitan untuk membedakan ciri fisiknya. Jika dilihat secara keseluruhan, ciri burung cendet anakan tersebut hampir sama. Dan bahkan, rata-rata ciri burung cendet blangkon Madura ini memiliki blangkon hitam seperti halnya burung cendet jawa.


Ciri-ciri Cendet Blangkon Madura

Pada dasarnya tidak semua burung cendet madura memiliki ciri yang sama seperti itu, oleh karena itu blangkon yang terdapat di kepala cendet Madura tidak dijadikan patokan sebagai ciri khas burung cendet blangkon madura. Namun untuk mengetahui ciri khasnya inilah cara yang termudah yaitu bulu yang ada di bagian dada berwarna putih dan tubuhnya terlihat lebih ramping.

Sedangkan pada bagian tengkuknya berwarna abu-abu dan memiliki ekor yang panjang. Postur tubuh burung cendet madura ini berukuran kecil, ramping sehingga terlihat agak panjang. Bulu halus pada bagian dada berwarna putih, sampai ada yang mengatakan bulu burung cendet tersebut mirip seperti kapas.


Ekor burung cendet Madura dikenal lebih panjang jika dibandingkan dengan cendet jenis lainnya. Warna bulu cendet Madura ini sangat kontras antara bulu dada dan bagian tubuh lain. Selain itu, burung ini juga memiliki mata yang tajam seperti terlihat melotot. Umumnya burung cendet Madura memiliki kepala yang berwarna hitam pekat sehingga mirip seperti blangkon. Warna bulu hitamnya menjalar sampai ke tengkuk, dan terlihatlah seperti gondrong.

Berikut Kelebihan dan Keistimewaan Cendet Blangkon Madura

Kelebihan Cendet Madura

  1. Mempunyai mental yang kuat.
  2. Termasuk burung yang cerdas.
  3. Proses pemasterannya cepat.
  4. Fasih menirukan suara masteran burung lain.
  5. Dapat membawakan lagu isian dengan irama yang baik.
  6. Memiliki body yang ramping dan memiliki ekor yang panjang.
  7. Bersuara keras dan lantang.

Keistimewaan Cendet Madura

  1. Memiliki gaya tarung yang unik, yakni berdiri tegak seperti angka satu.
  2. Burung tidak mudah stres.
  3. Terlihat lebih gagah dan garang.
  4. Warna sangat terang dan enak untuk dipandang.
  5. Memiliki jiwa petarung yang tinggi.

Akhir Kata

Demikian itulah kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki burung cendet blangkon Madura. Penjelasan diatas ditulis sesuai fakta dari para cendet mania Indonesia ya, jika ada saran atau pendapat yang ingin disampaikan silahkan tulis di kolom komentar. Sekian artikel hari ini, semoga penjelasan diatas berguna dan bermanfaat bagi kalian semua. Salam Cendet Nusantara!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url