Ketahui Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Mangap

 


Ketahui Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Mangap - Jika Anda gemar merawat burung berkicau, tentu tidak hanya kicauannya saja yang bisa Anda rasakan. Namun semua permasalahan pada burung tersebut pastinya juga akan Anda rasakan, seperti ngurak, macet bunyi, suara serak, dan masih banyak lagi. Namun kali ini saya akan membahas permasalahan dari salah satu burung berkicau yaitu burung kacer.

Adapun permasalahan yang akan saya bahas pada artikel kali ini yaitu masalah burung kacer yang sering mangap-mangap atau membuka mulutnya secara terus menerus. Mungkin masalah ini jarang terjadi pada burung kacer, namun tak sedikit juga burung kacer yang mengalami masalah ini. Oleh karena itu saya tertarik untuk membahas permasalahan pada burung kacer yang sering mangap.

Namun setiap permasalahan pada burung kacer, tentu memiliki penyebab. Untuk permasalahan burung kacer mangap sendiri ada banyak penyebabnya. Saya telah mengumpulkan informasi dari para kacer mania di Indonesia, ada beberapa faktor yang menjadikan burung kacer sering mangap. Agar Anda mengetahui penyebab burung kacer mangap beserta cara mengatasinya, simak ulasan berikut.

Penyebab dan Cara Menangani Burung Kacer Mangap

1. Kepanasan

Jika Anda merupakan pecinta kacer yang sering melombakan burung kacer, tentu pernah mengalami atau melihat burung kacer yang mangap akibat kepanasan. Apalagi untuk burung kacer lomba tentu juga akan kelelahan, hal itu juga bisa menjadi penyebab burung kacer mangap.

Cara Mengatasi

Jika Anda sedang berada di kawasan perlombaan burung berkicau, apabila burung kacer Anda mangap karena kepanasan dan kelelahan. Tempatkan burung kacer ditempat yang teduh dan semprot tangkringan burung dengan spray sedikit saja, hal itu bertujuan agar burung lebih rileks dan berhenti mangap.

2. Takaran dan jenis EF yang tidak tepat

Siapa sangka bahwa takaran makanan tambahan atau eksta fooding yang tidak tepat bisa menyebabkan burung kacer sering mangap. Selain itu untuk pemberian jenis EF yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab kacer mangap-mangap.

Cara Mengatasi

Untuk membenahi takaran EF supaya tepat, Anda bisa memberikan secukupnya jangan terlalu berlebihan apalagi kurang. Lalu untuk jenis EF yang kurang tepat, Anda bisa membenahi sesuai kondisi burung. Jika burung sudah terlihat birahi, jangan berikan kroto karena burung nantinya akan menjadi over birahi bahkan menimbulkan permasalahan baru.

3. Keracunan

Permasalahan burung kacer yang paling bahaya yaitu ketika sudah keracunan, biasanya burung yang keracunan juga bisa menjadi penyebab kacer mangap. Jika burung kacer keracunan dan mangap, Anda harus segera mengatasinya karena kalau tidak burung kacer akan mati.

Cara Mengatasi

Biasanya burung kacer yang keracunan disebabkan karena memakan serangga yang beracun seperti kaper. Apabila burung kacer memakan kaper, maka besar kemungkinan burung kacer Anda langsung mangap-mangap karena keracunan bahkan sampai mati.

Untuk mengatasi hal tersebut agar tidak terjadi, Anda bisa mengobatinya dengan meminumkan air kelapa hijau pada burung kacer. Sejauh ini air kelapa hijau dipercaya ampuh untuk menetralisir racun yang ada dalam tubuh, seperti tubuh burung kacer.

Penutup

Itulah beberapa penyebab burung kacer mangap beserta cara yang tepat untuk mengatasinya. Jika dirasa ada yang kurang jelas atau ada yang ingin Anda tanyakan seputar permasalahan pada burung kacer, Anda bisa menulisnya di kolom komentar. Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga ulasan tersebut bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda semua.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url