Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Stres Agar Mau Bunyi Kembali

Cara Jitu Mengatasi Burung Cendet Stres Agar Mau Bunyi Kembali - Halo para cendeter dimanapun anda berada! Hari ini masih seputar burung cendet ya, kali ini saya akan membagikan tips jitu cara mengatasi burung cendet stres agar mau bunyi lagi. Perlu anda ketahui, burung cendet yang baru saja mengalami stres pasti akan macet bunyi. Masalah ini membuat pemilik cendet menjadi kebingungan, karena burung peliharaannya tidak mau berkicau lagi.

Stres yang terjadi pada burung cendet memang membawa dampak buruk untuk mentalnya, oleh karena itu anda sebagai pemilik harus bisa mencegah burung cendet mengalami stres dengan menghindari penyebab burung cendet macet bunyi. Pastinya anda tahu, bahwa burung cendet merupakan salah satu burung yang paling disukai oleh cendet mania, karena memiliki berbagai variasi suara kicau yang bagus.

Selain itu suara kicau burung cendet ini juga sangat merdu dan burung cendet ini pun memiliki mental yang kuat. Jadi, tidaklah heran jika burung cendet ini menjadi primadona dikalangan para kicau mania. Burung cendet memiliki nama lain yaitu burung pentet, burung dengan tipikal petarung ini memang memiliki ciri khas kicauan sendiri jika dibandingkan dengan burung lain.

Bahkan jika burung cendet ini dirawat dan diberikan masteran dengan baik, maka burung cendet akan dapat menirukan suara masteran tersebut. Namun, permasalahan yang di alami burung cendet yaitu macet bunyi menjadi momok yang ditakuti oleh pemiliknya. Apalagi burung cendet baru saja mengalami stres, lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet stres? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.


Berikut Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Stres Dengan Mudah

1. Pengembunan rutin

Perawatan yang harus anda lakukan dalam mengatasi burung cendet macet bunyi akibat stres adalah dengan melakukan terapi pengembunan secara rutin. Terapi yang satu ini harus anda lakukan sebelum matahari muncul atau bisa dilakukan setelah sholat shubuh. Dengan melakukan terapi pengembunan dapat membuat burung cendet menjadi tenang dan fresh.

Terlebih jika dilakukan secara rutin setiap harinya, pasti sangat bagus untuk kesehatan mental burung cendet. Sehingga naluri berkicau burung cendet otomatis akan muncul dengan sendirinya dan burung cendet akan terpancing untuk bunyi hingga menjadi gacor kembali.

2. Memberikan jahe

Bagi anda para kicau mania, pengobatan pada burung menggunakan jahe mungkin sudah tidak asing lagi. Jahe memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan sakit tenggorokan. Sehingga, tidak hanya digunakan untuk mengobati manusia saja tapi hewan pun juga bisa. Jika saat ini burung cendet anda sedang mengalami sakit tenggorokan hingga menyebabkan stres dan macet bunyi, buatkan saja ramuan jahe ini.


Caranya cukup mudah, yakni geprek jahe dan rendam di air minum burung cendet. Jika burung cendet sudah meminum ramuan itu yang tadinya tenggorokannya serak atau macet bunyi akan menjadi lega. Namun untuk memberikannya tidak hanya sekali, berikanlah ramuan ini berkali-kali sampai burung cendet sembuh dan mau berkicau kembali.

3. Pentingnya memberikan pakan tambahan

Burung cendet memang membutuhkan asupan nutrisi yang banyak, sehingga burung cendet perlu diberikan pakan tambahan agar mau bunyi lagi. Karena jika burung cendet kekurangan nutrisi bisa menjadi penyebab burung cendet stres. Berikanlah ekstra fooding yang cukup untuk burung cendet, ekstra fooding mampu memenuhi asupan nutrisi pada burung selain itu juga mengandung vitamin yang sangat bagus untuk burung cendet yang mengalami stres.

4. Penempatan burung cendet yang tepat

Biasanya burung cendet yang mengalami stres mendadak itu disebabkan karena ketakutan, oleh karena itu pindahkan tempat burung cendet ditempat yang sepi dan nyaman. Tanpa anda sadari, burung cendet sangat tidak suka berada di keramaian. Apalagi burung yang baru saja dibeli atau ditangkap, pastinya membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungannya.

5. Terapi mandi malam

Terapi mandi malam ini merupakan salah satu terapi yang banyak dilakukan oleh cendet mania, karena sudah terbukti tingkat keberhasilannya tinggi daripada terapi yang lain. Anda bisa menggunakan terapi ini dengan cara memandikan burung cendet sekitar pukul 7-9 malam. Semprot burung cendet menggunakan spray sampai membahasi tubuhnya. Jika sudah, keringkan tubuh burung cendet dan berikanlah jangkrik secukupnya.

Penutup

Demikian itulah cara mudah mengatasi burung cendet stres. Terapkanlah cara diatas untuk memulihkan burung cendet yang mengalami stres, pasti anda akan berhasil. Setiap permasalahan pasti ada solusi, jangan menyerah dan tetap berusaha. Sekian artikel kali ini, terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa cendet mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url