Terbukti! Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cendet Dewasa

Terbukti! Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Cendet Dewasa - Burung cendet memiliki nama lain yaitu burung pentet. Burung cendet merupakan burung kicau yang memiliki suara merdu dan juga mampu menirukan berbagai suara kicau jenis burung lain. Sehingga, banyak sekali para pecinta burung kicau menyukainya. Tahukah kamu, dahulu burung cendet ini masih sepi peminatnya dan harganya masih terbilang murah.

Semenjak banyak yang tahu tentang keindahan dan keunikkan dari burung ini, banyak orang yang menyukainya, oleh karena itu harganya sekarang melambung tinggi. Saat ini semakin banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan burung cendet berkualitas dan berupaya untuk mendapatkan hasil terbaik.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam jenis burung cendet, namun yang paling populer yaitu burung cendet gondrong.  Habitat asli burung cendet ini berada dihutan dan hidup di pohon-pohon tinggi. Burung cendet ini memakan buah-buahan, biji-bijian dan serangga. Burung cendet ini bisa dijadikan hewan peliharaan, atau juga bisa diikutkan lomba.

Apabila pemilik burung cendet memiliki banyak burung dirumah, pasti semua akan terkalahkan dengan suara ngerol burung cendet yang mengalahkan semuanya. Namun semua itu tergantung dari pola pemasterannya, karena burung cendet bisa memiliki berbagai variasi lagu yang menjadi daya tarik tersendiri. Nah, jika kamu menyukai burung cendet maka wajib mengetahui cara membedakan jenis kelamin burung cendet dewasa.


Berikut Cara Membedakan Jenis kelamin Burung Cendet Betina dan Jantan Dewasa

1. Meraba bagian tulang pubis

Jika kamu sedang membedakan jenis kelamin burung cendet bisa dilihat dari tulang pubisnya dengan cara diraba. Karena perbedaan yang paling akurat adalah dengan meraba bagian tulang bagian pubis atau supit urang. Sayangnya, cara ini hanya dapat dilakukan saat burung cendet sudah berusia lebih dari 4 bulan. Karena saat usia burung cendet masih dibawah 4 bulan, tulang pubis dan supit belum begitu terasa walau diraba dengan jari.

2. Menggunakan cincin emas

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membedakan burung cendet jantan dan betina yang sudah dewasa yaitu menggunakan cincin emas. Mungkin kedengarannya cara ini tidak masuk akal, namun pecinta kicau mania sudah banyak yang membuktikannya. Jika kamu penasaran dengan cara ini begini cara melakukannya. Jadi, cincin emas tadi diberi tali yang panjangnya 15-20 cm.

Cara ini dipercaya mampu membedakan cendet jantan dan betina, caranya cicin emas diikat dengan tali tadi lalu digantungkan diatas kepala kepala burung cendet dengan jarak 3-5 cm. Kemudian, perhatikanlah gerakan cincin tersebut. Jika cicin bergerak maju mundur berarti burung cendet tersebut berjenis kelamin jantan.

Tetapi, jika burung cendet tersebut bergerak melingkar atau memutar berarti burung cendet berjenis kelamin betina. Namun, dalam membedakan jenis kelamin burung cendet menggunakan cincin emas tidak begitu akurat. Karena jika salah dalam pergerakan cincin sedikit saja, bisa mengubah hasil pengujian tersebut. Jika masih ingin lebih akurat, kamu bisa menggantung tali tersebut di tempat yang diam. Sehingga nantinya akan terlihat lebih jelas pergerakan cincin emas tersebut.


Cara tersebut memang belum jelas kepastiannya, dari pada bingung lebih baik kamu mempelajari ciri-ciri burung cendet jantan dan betina. Dengan mengetahui perbedaan fisik dari keduanya, maka akan sangat mudah dalam mengetahui jenis kelamin burung cendet tersebut. Berikut adalah cara membedakan jenis kelamin burung cendet dewasa berdasarkan ciri-cirinya.

Ciri-ciri Cendet Dewasa Jantan

  1. Memiliki motif bulu yang tidak beraturan dibagian tulang pubis dan supit urang.
  2. Tulang pubis dan supit urang lebih kecil dan panjang. Jika diraba dengan tangan terasa rapat, sempit, dan keras.
  3. Memiliki sorotan mata yang tajam.
  4. Burung cendet jantan terlihat lebih aktif dan agresif dibanding cendet betina.
  5. Paruh cendet jantan lebih tebal, terutama pada bagian ujung.
  6. Memiliki raut muka yang menyeramkan atau garang.
  7. Dibagian pipi pentet jantan juga berwarna hitam pekat.
  8. Bagian ujung dahi atau kepala sampai dengan tengkuk memiliki warna hitam pekat. Penyebutan dari kicau mania adalah cendet blangkon.
  9. Burung cendet memiliki kepala yang cepak dan datar dibagian atasnya.

Ciri-ciri Cendet Dewasa Betina

  1. Memiliki motif bulu yang bagus dan teratur seperti bunga dibagian tulang pubis.
  2. Bagian tulang pubis dan supit urang terlihat lebih lebar dan renggang. Ketika diraba dengan jari terasa lunak.
  3. Pada bagian ekor memiliki warna hitam dan terlihat samar.
  4. Perilaku burung cendet betina tidak seagresif dan seaktif burung cendet jantan.
  5. Memiliki tatapan mata atau sorotan mata yang sayu biasa saja.
  6. Memiliki raut muka juga biasa saja.
  7. Ujung paruh pada burung cendet betina terlihat lebih tipis dari burung cendet jantan. Tetapi hal tersebut belum pasti, karena sebagain burung cendet betina juga memiliki ujung paruh yang tebal.
  8. Dibagian pipi burung cendet memiliki warna bulu hitam yang sedikit memudar.
  9. Bulu yang berada dibagian kepala atau tengkuk berwarna hitam dan warnanya memudar.
  10. Kepala burung cendet betina berbentuk bulat dan menggelembung.
Demikian itulah cara membedakan jenis kelamin burung cendet. Lakukanlah cara diatas dan perhatikan ciri-cirinya kamu pasti berhasil membedakannya. Sekian dulu artikel kali ini jika ada pertanyaan atau request boleh tulis dikolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Sampai jumpa!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url