Cara Paling Mudah Merawat Burung Cendet Lomba

 

Cara Paling Mudah Merawat Burung Cendet Lomba

Perawat Cendet Lomba - Halo pecinta kicau mania indonesia! Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet lagi nih. Dimana pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara paling mudah merawat burung cendet lomba. Penasaran? Simak terus penjelasannya ya.

Bagi anda yang pemula, tentunya wajib nih untuk memahami dengan seksama penjelasan pada artikel ini. Karena sebagai pecinta burung kicau yang masih pemula pasti sangat awam dalam proses perawatan dan settingan yang baik untuk burung cendet. Perawatan burung cendet harian untuk lomba harus dilakukan setiap hari dan jangan lupa untuk meningkatkan intensitasnya sebelum perlombaan dilangsungkan.

Perawatan harian tersebut bertujuan untuk menjaga burung cendet terjaga kesehatan tubuhnya dan juga mentalnya. Sedangkan perawatan sebelum perlombaan bertujuan untuk melatih penampilan burung cendet. Untuk merawat burung cendet lomba tidak terlalu sulit jika anda benar-benar mau mempelajari dan memahaminya.

Baca Juga: Settingan Burung Cendet Lomba

Karena dalam hal ini yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dan konsisten di setiap prosesnya. Jika anda ingin membawa cendet untuk lomba dan ingin burung peliharaan menampilkan performa terbaik, berikut langkah perawatannya.


Perawatan Harian Burung Cendet Lomba

1. Metode pengembunan setiap hari

Pengembunan ini bisa anda lakukan saat waktu shubuh atau sebelum matahari terbit. Setiap shubuh pada pukul 4 atau 5 pagi, letakkanlah sangkar burung diluar rumah supaya mendapatkan embun di pagi hari. Anda bisa melakukan metode pengembunan ini dengan durasi 30 menit dan jangan sampai terlalu lama.

2. Metode pemandian

Anda bisa memandikan burung cendet setiap harinya, lakukanlah rutinitas tersebut setiap selesai di embunkan pada pukul 6 sampai 7 pagi. Jika burung cendet anda tidak suka di semprot maka mandikanlah dalam kandang keramba.

3. Berikan pakan yang bergizi

Jangan lupa untuk memberikan pakan yang bergizi dan mengandung protein yang cukup untuk cendet. Pakan yang anda berikan adalah pakan khusus burung supaya kesehatan cendet tetap terjaga. Selain itu anda juga boleh menambahkan pakan EF seperti kroto dan jangkrik dan juga penambahan vitamin sangat direkomendasikan.

4. Metode penjemuran

Metode penjemuran ini dilakukan setelah burung cendet selesai dimandikan dan di beri pakan berupa EF. Jemurlah burung cendet pada pukul 09.00 sampai 11.00, supaya burung cendet tidak terlalu kepanasan.

5. Metode umbaran

Jika sudah selesai penjemuran, masukkan burung cendet dalam kandang umbaran. Biarkan burung cendet merasa bebas untuk memberikan efek positif pada burung cendet. Dengan melakukan pengumbaran di kandang umbaran dapat menghindari burung cendet mengalami stres.


Perawatan Burung Cendet Sebelum Perlombaan

Jika menginginkan burung cendet anda menjadi juara dalam perlombaan, ada beberapa hal yang harus anda lakukan yaitu:

Meningkatkan Pemasteran

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu meningkatkan intensitas pemasteran pada burung cendet. Berikanlah waktu yang lebih banyak untuk burung cendet dalam sangkar dan jangan lupa untuk full kerodong dalam sangkar, sambil memperdengarkan mp3 suara burung masteran yang cocok untuk cendet.

Kurangi Durasi Penjemuran

Sebelum perlombaan berlangsung, pada h-3 perlombaan kurangilah durasi penjemuran pada burung cendet anda. Jika biasanya burung cendet dijemur sekitar 2 jam, maka dikurangi menjadi 1 jam saja.

Tambah Pemberian EF

Jika sudah hari H, berikanlah pakan tambahan ekstra fooding dengan porsi yang ditingkatkan. Apabila anda bisa memberikan EF 6 ekor jangkrik setiap harinya, maka saat hari H berikanlah 8 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong saat hendak menuju arena perlombaan.

Biarkan Adapatasi Dengan Lingkungan

Apabila sudah tiba di arena perlombaan, biarkan burung cendet beradaptasi dengan lingkungan sekitar perlombaan. Anda bisa memilih tempat yang tenang dan sejuk, supaya cendet bisa rileks dan tidak stres karena lingkungan yang panas dan ramai.

Penutup

Demikianlah penjelasan artikel tentang cara merawat burung cendet lomba dari cara perawatan hingga persiapan sebelum lomba. Lakukanlah perawatan di atas dengan sabar dan konsisten supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup pastikan jangan merawat burung cendet secara berlebihan jika sudah mendekati hari lomba.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url