Cara Ampuh Mengatasi Burung Cendet Ngetem Saat Lomba

Cara Mengatasi Cendet Ngetem Saat Lomba

Cara Mengatasi Cendet Ngetem Saat Lomba - Seperti yang sobat ketahui, bahwa dalam merawat burung cendet memanglah tidak mudah. Setiap permasalahan dan kendala selalu saja terjadi, bahkan sampai membuat pemilik menjadi khawatir dan kebingungan. Pada perlombaan burung cendet, sering ditemui burung cendet yang tampilnya tidak maksimal.

Hal tersebut tetunya dipengaruhi karena salahnya cara menyetting burung cendet. Contohnya burung seringkali ngetem dan hanya berdiam diri sehingga juri pun tidak melirik sama sekali. Lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet suka ngetem? Apa penyebab burung cendet ngetem? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mengatasi burung cendet ngetem ketika lomba.

Tapi sebelum itu, alangkah baiknya jika sobat mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab cendet ngetem saat lomba dan cara memancing suara cendet. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Cendet Sering Ngetem Saat Lomba

Salah satu hal penyebab burung cendet sering ngetem yungkin saja burung cendet tersebut belum memiliki pengalaman sama sekali di lapangan. Kasus burung cendet ngetem saat lomba kebanyakan di alami oleh burung cendet muda. Sehingga suasana ramai tersebut membuat burung cendet menjadi demam panggung, penyebab cendet ngetem lainnya antara lain:

Burung cendet tidak siap lomba

Terlalu memaksakan burung cendet untuk lomba, padahal burung cendet sendiri belum siap untuk mengikuti perlombaan juga menjadi penyebab burung cendet sering ngetem. Karena pada umumnya, burung cendet yang belum siap lomba akan merasa gugup ketika di gantang.

Sehingga hal ini bisa saja membuatnya semakin ngetam, karena burung cendet belum benar-benar siap untuk mengikuti lomba dan cendet+kurang+fighter. Sebaiknya hal ini jangan sampai dilakukan, karena dapat menganggu mental burung cendet nantinya.

Kurangnya pakan tambahan

Kurangnya pakan tambahan juga bisa menyebabkan burung cendet ngetem tiba-tiba atau burung menjadi tidak gacor. Dengan kurangnya pakan tambahan, level birahi pada burung cendet akan semakin berkurang dan hal ini membuat burung cendet tidak mau bunyi.


Itulah salah satu hal mengapa terkadang burung cendet ngetem mendadak. Sebelum membawa burung cendet ke gantangan, sebaiknya penambahan pakan untuk burung cendet perlu dilakukan.

Belum adaptasi dengan lingkungan sekitar

Biasanya burung cendet akan ngetem ketika dibawa digantangan. Gantangan adalah tempat perlombaan burung cendet dan burung berkicau lainnya. Bagi semua burung yang belum terbiasa di gantangan pasti akan mengalami demam panggung atau ngetem.

Karena digantangan terisi banyak burung dengan suara yang berbeda-beda. Jika burung cendet sobat sebelumnya belum pernah dilatih di gantangan pasti akan mengalami hal ini. Oleh karena itu sobat bisa mengatasinya dengan cara menambah durasi kerja cendet.

Burung sedang sakit

Biasanya jika burung cendet sedang sakit akan semakin malas berbunyi. Akhirnya burung cendet akan ngetem ketika dijejerkan dengan burung kicau lainnya. Jadi sebelum sobat berangkat ke tempat gantangan, sebaiknya ketahuilah kondisi burung cendet terlebih dahulu karena ini sangat penting.

Jangan sampai burung cendet diketahui sakit setelah sampai di tempat gantangan. Jika sampai terjadi, burung cendet akan merasa malu karena dilihat oleh burung sejenis lainnya. Supaya cendet lebih gacor, sobat bisa memberikan ramuan untuk cendet biar gacor.

Usia burung belum mapan

Karakter pemalu burung muda yang tertanam pada diri burung cendet, membuat burung cendet sering ngetem ketika dibawa ke gantangan. Karena burung muda cenderung malu ketika dibawa ke gantangan. Apalagi jika lawan mainnya banyak dan semua sudah berumur.

Burung cendet muda akan sering diam dan ngetem. Hal ini mungkin sangat wajar terjadi, namun burung cendet bisa dilatih supaya tidak sering ngetem. Cara melatihnya yaitu dengan memberikan burung emprit kepada burung cendet dan sobat perlu mengetahui manfaat burung emprit untuk cendet.

Nah, setelah sobat mengetahui dan memahami tentang apa saja penyebab burung cendet ngetem saat digantangan. Maka penting bagi sobat untuk segera mencari solusinya. Dibawah ini adalah cara mengatasi burung cendet ngetem saat dilombakan.

Cara Mengatasi Cendet Sering Ngetem Saat Lomba

1. Menyiapkan mental dan fisik

Sebelum mengikuti perlombaan, alangkah baiknya untuk menyiapkan terlebih dahulu fisik burung cendet. Tapi yang paling utama yaitu menyiapkan mental burung cendet supaya siap untuk mengikuti lomba. Untuk mengetahui ciri-ciri burung cendet yang siap lomba, bisa dilihat dari fisiknya.


Burung cendet yang siap lomba memiliki ekor yang rapat dan sayapnya menyilang. Jika burung cendet memiliki ciri-ciri seperti diatas, berarti burung cendet sobat sudah siap mengikuti lomba. Supaya burung cendet bisa lebih siap dari segi fisik, sobat bisa memberikan minuman agar cendet gacor.

2. Sering pindahkan sangkar cendet

Burung cendet yang sering ngetem saat di gantangan, perlu dilakukan latihan terlebih dahulu. Latihan ini bisa sobat lakukan saat burung cendet masih kecil. Caranya yaitu dengan melatihnya di area yang sempit dan area yang luas. Jika dilatih di area yang sempit, sobat bisa mengubah-ubah posisi sangkar burung cendet. Misalnya, jika hari ini didepan rumah besoknya diganti di belakang rumah atau samping rumah.

Namun jika ingin melatih di area yang besar dan luas, sobat bisa membawanya ke tempat gantangan. dengan begitu burung cendet akan beradaptasi dan dapat melatih mentalnya dengan baik. Solusi selanjutnya yaitu datanglah lebih awal ke area gantangan, kemudian carilah posisi yang pas untuk menempatkan burung cendet. Sobat bisa membuka kerodongnya hingga burung berbunyi lalu menutupnya kembali.

3. Memberikan EF dan pakan tambahan

Burung cendet akan senang berbunyi ketika diberikan pakan tambahan. Pakan tambahan ini seperti serangga, contohnya seperti jangkrik, kroto, ulat, dan belalang. Hal ini akan membuat burung cendet berkicau dengan maksimal. Sebagai pemilik burung cendet, sobat harus selalu memperhatikan pakan tambahan ini. Karena pakan tambahan tersebut sangat berpengaruh saat cendet di lombakan nanti.

4. Selalu mengasah mentalnya

Untuk menghilangkan demam panggung pada burung cendet yang sering ngetem bisa dilakukan dengan mengasah mentalnya. Caranya yaitu sering mengajak cendet ke gantangan, hal ini sangatlah penting karena di gantangan burung cendet akan bertemu banyak burung kicau lainnya. Meskipun memiliki usia yang berbeda, namun burung cendet semakin lama akan beradaptasi dengan lingkungan gantangan tersebut.

5. Memahami birahi cendet

Jika burung cendet memiliki birahi yang tinggi, maka saat perlombaan dimulai burung cendet akan sering ngetem dan banyak jedanya. Untuk mengetahui birahi terlalu tinggi atau tidak, sebelum memasuki area gantangan semprot kaki burung dan usahakan tangkringan atas dan bawah basah.

Cara mengatasi cendet birahi tersebut bertujuan untuk mengontrol birahi burung cendet supaya tetap stabil, sehingga ketika digantangkan kicauan burung cendet sama sekali tidak ada ngetemnya.

Akhir Kata

Demikian itulah beberapa penyebab burung cendet ngetem dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi burung cendet sebelum berangkat ke gantangan. Pada intinya agar burung cendet tidak sering ngetem saat lomba, sobat harus paham perawatan hariannya yang benar dan tepat.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url