Cara & Manfaat Terapi Sauna Untuk Burung Cendet

Cara Terapi Sauna Burung Cendet

Cara & Manfaat Terapi Sauna Cendet - Seperti biasa saya akan membahas seputar burung cendet, dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara dan manfaat terapi sauna untuk burung cendet. Akhir-akhir ini banyak sekali perbincangan mengenai terapi sauna untuk burung cendet. Sehingga perawatan terapi sauna tersebut menjadi sangat populer di kalangan sobat cendet mania.

Padahal sobat kicau sudah lama mengenal perawatan terapi sauna tersebut. Sebenarnya manfaat terapi sauna untuk burung memiliki banyak sekali manfaat untuk burung cendet, maka tidak heran jika banyak pemilik cendet yang mencoba menerapkannya. Namun untuk melakukan terapi sauna tersebut harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Baca Juga: Manfaat Sauna Mandi Untuk Kacer

Di bawah ini ada beberapa cara terapi sauna yang bisa kamu terapkan untuk burung cendet. Ingin tahu penjelasan lengkapnya, simak terus ya artikel ini sampai selesai karena akan ada penjelasan tentang manfaat terapi sauna juga loh.

Cara Terapi Sauna Burung Cendet

Cara melakukan terapi sauna untuk cendet sangatlah mudah, karena pada dasarnya burung cendet dijemur dalam kondisi di kerodong full. Meski begitu, burung cendet bisa melakukan terapi sauna namun sebelumnya dimandikan terlebih dahulu. Cara mandi sauna untuk burung mabung cukup mudah, proses pemandian ini bisa dilakukan dengan cara di semprot atau mandi menggunakan metode keramba.

Setelah burung cendet selesai di mandikan, langsung saja burung cendet dikerodong lalu dijemur dibawah terik matahari. Tetapi, ada juga sobat kicau yang tidak memandikan burung cendet terlebih dahulu, tetapi langsung menjemurnya. Cara terapi kerodong basah burung kering yaitu penjemuran terapi sauna harus dilakukan langsung dibawah sinar matahari supaya lebih efektif.

Untuk waktu terapi sauna burung sekitar jam 10.00 sampai jam 12.00 siang. Pastikan juga minuman burung cendet di dalam cepuk sudah tersedia dalam sangkar. Namun untuk voer boleh diambil dan jika tidak juga tak masalah. Tetapi saya sarankan sebaiknya voer harus dicabut dengan tujuan supaya voer tidak terkontaminasi oleh sinar matahari dan supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Sesekali semprotlah kerodong dengan stelan embun, tujuannya untuk memberikan kelembaban pada burung cendet. Dengan begitu, adalah salah satu hal cara mengatasi burung cendet tidak akan merasa sangat panas ketika sedang terapi sauna.

Namun ada juga yang tidak melakukan penyemprotan agar suhu panasnya semakin terasa. Saat awal-awal, sebaiknya kamu membuka resleting kerodong burung. Tujuannya supaya burung cendet tidak mati karena terlalu kepanasan. Tapi jika sudah terbiasa, kerodong bisa terus ditutup kembali.


Dengan begitu, burung cendet dalam kondisi full kerodong. Dan tidak hanya itu saja, durasi terapi mandi sauna tidak boleh terlalu lama namun bisa dilakukan secara bertahap. Kamu bisa melakukannya dalam waktu setengah jam terlebih dahulu selama dua hari, baru hari berikutnya di tambah satu jam.

Manfaat Terapi Sauna Burung Cendet

Proses terapi sauna adalah salah satu proses penjemuran pada burung cendet dalam keadaan di kerodong. Penjemuran sauna ini bisa dilakukan pada batas-bata waktu tertentu supaya tidak menimbulkan kematian pada burung. Namun ternyata terapi sauna banyak manfaatnya loh, berikut ini manfaat kerodong basah, burung basah:

1. Merangsang cendet lebih gacor

Jika kamu menerapkan terapi sauna secara rutin dan konsisten pada burung cendet gacoan atau bahan, maka burung cendet yang awalnya tidak gacor atau burung macet cendet macet bunyi akan menjadi gacor.

2. Membantu mengatasi cendet macet karena mabung

Terapi sauna juga bisa dijadikan untuk terapi burung cendet yang susah mabung atau macet mabung. Karena dengan melakukan terapi sauna dapat membuka pori-pori burung cendet dengan cara mandi sauna untuk burung mabung. Nantinya bulu burung cendet menjadi mudah rontok serta bisa memberikan rangsangan pertumbuhan bulu yang baru.

3. Membuat cendet stabil di gantangan

Dengan melakukan terapi sauna dapat membantu burung cendet lebih stabil di lapangan. Selain itu burung cendet juga bisa lebih nagen dan tidak banyak bergerak. Hal ini dikarenakan terapi sauna dapat menjadikan burung cendet sehat dan lebih maksimal ketika tampil.

4. Menambah durasi kicauan

Manfaat berikutnya dari terapi sauna untuk burung cendet yaitu burung dapat berkicau lebih panjang. Kenapa demikian? Karena kondisi fisik burung menjadi lebih sehat dan prima, sehingga burung akan memiliki power untuk berkicau.

5. Meningkatkan volume cendet

Dengan melakukan terapi sauna untuk burung cendet, dapat memberikan banyak manfaat seperti meningkatnya volume burung cendet. Sebab penjemuran terapi sauna ini sangat bermanfaat untuk melegakan tenggorokan burung. Sehingga volume burung lebih meningkat dan kicauannya lebih maksimal.

Demikian itulah beberapa cara dan manfaat terapi sauna untuk burung cendet. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa terapi sauna memiliki banyak manfaat, namun harus dilakukan dengan cara yang benar ya supaya tidak menyebabkan kematian pada burung cendet.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url